Awal Grass Media

3.4K 317 46
                                    

Selamat malam semua...

Adakah yang penasaran, bagaimana Grass Media bermula? Jika ada yang ingin tahu, maka Mimin yang baik hati dan tidak sombong akan bercerita.

Yuhu....... Jadi tuh ya, Grass Media didirikan oleh Kak Andri.

Menurut Kak Andri, mencetak sebuah Novel itu mudah, tinggal ke percetakan lalu cetak. Yang sulit itu, bagaimana menjual novel tersebut. Namun, banyak yang mengalami kerugian ketika mencoba Self-Publishing.

Sehingga, Kak Andri mencoba membentuk sebuah team marketing yang diberi nama Grass Marketing. Team yang akan membantu para penulis untuk menjual karya-nya. Buat para penulis yang tidak bisa mengakses ke para Toko Buku Online akan dibantu oleh Grass Marketing.

Usaha awal Grass Marketing berbuah manis, dibantu oleh Manager marketing, beliau mencoba me-lobby para TBO untuk membantu memasarkan novel yang diambil oleh GM. Kala itu, GM mencoba memasarkan Novel berjudul Aaric's Bride karya  benitobonita

Saat itu penjualan menembus angka 60 eksemplar. Sebuah pencapaian yang dirasa cukup bagus untuk novel pertama dengan beberapa TBO. Hanya dibantu oleh Olshop yang ada di Facebook dan IG.

Ketika jalan mulai tersibak, dan pintu terbuka perlahan, kami mencoba melangkah lebih jauh.

Satu nama yang dipilih kala itu  "Grass Media"

Nah, cara kerja di dalam Grass Media itu menggunakan sistem mayor.

Beberapa di antaranya :

1. Gratis.

Dalam Grass Media terdapat paket Platinum, yang mana penulis tidak mengeluarkan uang untuk buku yang diterbitkan. Semua ditanggung oleh pihak Grass Media.

2. Sistem Seleksi

Untuk novel yang diterbitkan oleh Grass Media memang wajib ikut seleksi. Dan semua naskah yang dipilih memang langsung oleh Kak Andri. Naskah terbitan Grass Media menggunakan editor, namun semua dalam pengawasan Owner.

Menurut penuturannya, "Apa jadinya Grass Media jika pemilik nya saja tidak tahu seperti apa novel yang akan diterbitkan?"

Jadi beliau selalu turun tangan terutama di bagian seleksi naskah. Jadi hanya ada dua orang yang menentukan naskah terbit di Grass Media, yaitu Owner dan Editor Grass Media.

3. Grass Media menggunakan kontrak resmi bermaterai.

Tidak ingin seperti kejadian beberapa penulis yang merasa tertipu dengan penerbit Indie. Tentang royalti yang tidak jelas dan hal lainnya. Sehingga, Grass Media membuat kontrak resmi bermaterai rangkap dua yang dikirim kepada penulis.

Semua itu bertujuan, agar pihak penulis tidak dirugikan jika terjadi hal di luar kesepakatan. Begitu pun sebaliknya.

4. Edisi TTD

Setiap buku cetakan Grass Media selalu menggunakan edisi TTD.

5. Sistem Promo

Sistem promo yang dibuat oleh Grass Media benar-benar power full. Dari promo video trailer, booktour/bookstagram, Give Away dan masih banyak lagi.

6. Komunikasi

Dalam Grass Media, penulis tidak kesulitan untuk berkomunikasi. Semua berjalan dua arah, dari Editor, Cover Maker dan Lay outing. Penulis memiliki peranan penting karena semua keputusan berdasarkan kesepakatan bersama. Tidak berat sebelah.

Dan, meskipun Grass Media masih terhitung baru. Namun, sudah banyak penulis yang telah tergabung dengan Grass Media. Kalian bisa lihat pada List Grass Platinum dan Coming Soon. Di sana ada beberapa novel yang akan segera di terbitkan oleh Grass Media.

So.... Tunggu apa lagi?

Jika kalian ingin menerbitkan di Grass Media, bisa cek di Work Grass Platinum untuk mengirimkan naskah kalian.

Segitu dulu dongeng malam ini dari Mimin, semoga kalian menikmati dan tergoda untuk menerbitkan naskah di Grass Media. Percayalah, sistem di Grass Media begitu mudah. Asal naskah kalian lolos seleksi, semua jalan akan terbuka.

Oke, good nite for all...

Salam literasi.

Grass Media.

Info Grass MediaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang