3 :: Cara Menulis Hangeul.

14.3K 1.1K 102
                                    

Annyeong Haseyo!Setelah bab 2 kemarin yaitu tentang Korsel dan Korut, kini kita telah sampai pada bab 3 yang akan membahas kepenulisan Hangeul

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Annyeong Haseyo!
Setelah bab 2 kemarin yaitu tentang Korsel dan Korut, kini kita telah sampai pada bab 3 yang akan membahas kepenulisan Hangeul.

Nggak terlalu susah sih asalkan kalian hapal Hangeul dan kemarin gue lupa ngasih tau kalo ada tanda 'ㅇ' atau ieung yang muncul mengawali vokal, namun ketika ㅇ hadir mengawali vokal huruf ini tidak dilafalkan. Contohnya itu: ㅇ+ㅏ➡ 아 (tetap dibaca 'a' bukan 'ang') berbeda halnya kalo tanda ini mengakhiri vokal, huruf tersebut turut dilafalkan, contoh: ㅇ+ㅏ+ㅇ ➡ 앙 baru dilafalkannya menjadi 'ang'

Kalo kalian hapal sama posisi ㅇ kedepannya akan lebih mudah buat kalian menulis. ㅇ itu adanya hanya di huruf vokal kok, inget ya vokal, baik itu vokal tunggal maupun rangkap. Dia selalu ada di sana.

Gue juga kemarin lupa kalo ㅇ ada di huruf vokal wkwkwk untung aja diingetin sama captious_girl9 ra, gue makasih banget lohhh udah diingetin! Muehehe😻💖

Okidoki, mari kita lanjutkan cara menulis Hangeulnya!

🇰🇷〰🇮🇩

Dalam bahasa Korea, kosakata dibentuk dari gabungan konsonan dan vokal. Prinsip dalam merangkainya ada dua, yaitu secara horizontal dan vertikal:
1⃣ Setiap konsonan yang mengawali vokal haruslah terletak di kiri atau atas vokal.
2⃣ Setiap konsonan yang mengakhiri vokal hanya dapat diletakkan di bawah vokal.

Selain itu, perhatikan pula aturan dalam menulis vokal, vokal ada yang terletak di kanan dan bawah konsonan. Sebagai pemudahnya gue akan memberitahu apa saja vokal yang ada di kanan dan bawah:
💨 Vokal yang terletak di kanan konsonan:
ㅏ, ㅛ,ㅕ,ㅔ, ㅖ, ㅐ,ㅒ.
💨 Vokal yang terletak di bawah konsonan:
ㅗ, ㅛ, ㅜ, ㅠ, ㅡ, ㅘ, ㅚ, ㅙ, ㅝ, ㅢ.

Sekarang kita akan belajar cara-cara merangkainya:
Konsonan di kiri vokal:

K+V

Contohnya: ㄱ+ㅏ= 가, ㅁ+ㅓ=머, ㅎ+ㅐ= 해.
Konsonan di atas vokal:

K
V

Contohnya: = 우, = 소.
                     ㅜ         ㅗ
Konsonan di kiri dan bawah vokal:

K+V
K

Contohnya: ㅇ+ㅏ = 안, ㄱ+ㅏ = 각.
                       ㄱ               ㄱ
Konsonan di atas dan bawah vokal:

K
V
K

Contohnya: = 옷, = 숲.
                             
                     ㅅ         ㅍ

🇰🇷〰🇮🇩

Yup, akhirnya selesai sudah untuk bab cara merangkai Hangeul ini.

Kalo di keyboard lebih mudah karena langsung di tata letaknya sama sistem. Tapi, kalo nulis manual lo harus teliti dan tau dimana huruf-huruf tersebut seharusnya berada. Jangan sampe ketuker ya!

Oke, untuk bab selanjutnya gue bakal bahas budaya, atau makanan? Entahlah gue belum tau pasti. Kalian kalo mau request bisa langsung komentar nanti akan gue pertimbangkan sebaiknya membahas apa.

Lalu, bab ke 5 nanti kita masuk ke pembahasan Jenis Kata!

Chaca Faza,
Xoxo~

Hallyu KoreanesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang