WAJIB DIBACA SEBELUM LANJUT KE NEXT CHAPTER

11.7K 313 19
                                    

1. Perubahan nama Raja Yeongjong (ayah dari Lee Shin)

Sebelumnya dalam FIP revisi 1 yg publish di wattpad sampai tangga 10 maret 2017, ayah dari Raja Lee Shin saya sebut dengan menggunakan nama anumertanya, yaitu Yeongjong. Tapi, karena berhubung nama anumerta raja biasanya diberikan ketika raja meninggal. Maka, saya mengubah pemanggilan dari raja yeongjong dalam cerita menjadi Raja Youngsoo. Dimana nama Youngsoo ini adalah nama kehormatan yang diberikan pada sang raja ketika naik tahta menjadi Putra Mahkota (silakan cek chapter 14 : untold story of Princess Kyunghee). Hal ini dikarenakan mengikuti aturan pemberian nama anumerta para raja joseon. Ketika raja joseon itu masih hidup, maka dia akan tetap menggunakan nama pangerannya, seperti Gwanghae, Yeonsan, Suyang (Raja Sejo), Yeoning (Yeonjo), dll. Barulah, ketika ia meninggal, ia akan mendapatkan sebuah nama anumerta yaitu seperti Taejo, Sejong,dll.

Revisi ini saya lakukan untuk mengikuti aturan baku yang berlaku di dinasti Joseon. Perlu saya ingatkan, dalam cerita ini raja dalam kondisi hidup, sehingga tidak akan dipanggil dengan nama anumertanya. Logikanya seperti itu saja.

2. Perubahan nama Raja Hyeongjo yang dipanggil dengan nama Raja Kwangsun

Alasannya sama seperti point ke satu, yaitu mengikuti aturan panggilan para raja joseon. Dimana, raja Joseon selama masa hidupnya akan disebut dengan nama kehormatan yang didapat ketika menjadi seorang pangeran. Dalam hal ini, raja Hyeongjo memiliki nama pangerannya yaitu Kwangsun, maka selama hidup ia akan dipanggil dengan nama raja Kwangsun. Revisi ini saya lakukan untuk mengikuti aturan baku yang berlaku di dinasti Joseon. Perlu saya ingatkan, dalam cerita ini raja dalam kondisi hidup, sehingga tidak akan dipanggil dengan nama anumertanya. Logikanya seperti itu saja.

3. Perubahan nama anumerta raja Hyeongjo menjadi Raja Hyeongjong

Meskipun nama ini tidak akan muncul dalam FIP, tapi nama ini kelak akan muncul di dalam ACH. Alasannya adalah saya salah menulis akhiran nama anumerta. Hal ini dikarenakan ada beberapa ketentuan dalam pemberian gelar anumerta pada raja-raja Joseon. Raja dengan gelar -jo menandakan bahwa dia bukan berasal dari keluarga raja, memiliki ibu seorang selir, ibunya berasal dari rakyat jelata, pernah dibuang keluar istana saat masih menjadi pangeran, dan sebagainya. Sedangkan, raja dengan gelar -jong menandakan bahwa dia adalah murni keturunan raja atau raja sebelumnya, dan biasanya adalah putra dari Ratu. Dia juga tidak pernah mengalami pengasingan (pengasingan beda dengan melarikan diri karena alasan politik).

Dalam kasus ini, raja kwangsun murni anak seorang Raja dari seorang ratu dan tidak pernah mengalami pengusira keluar istana. karena itu, akhiran dari nama anumerta miliknya seharusnya berakhiran 'jong' karena itu dalam ACH nanti namanya akan muncul dengan berakhiran 'Jong'

4. Gelar pertama Kim Myung Hee sebagai selir, bukan Gwi In tapi menjadi Suk Ui.

Oke masih cukup banyak kesalahan saya dalam menulis cerita ini. saya melakukan revisi juga untuk memperbaiki kesalahan saya. Jadi, gelar selir yang di dapatkan dari seorang putri bangsawan untuk pertama kali adalah Suk Ui. Untuk masalah Myung Hee yang mendapatkan gelar sebagai Hwabin itu murni karena keinginan Raja Kwangsun. ini disebabkan karena Myung Hee adalah wanita yang paling ia cintai. Egois sih tapi kan dia raja.

Ok sekian notes dari saya. Jadi, jangan bingung – bingung lagi ya. kalo ada lagi yang nanya tentang 4 point di atas nanti, saya nggak akan jawab. Author notes ada bukan tanpa alasan.

xoxo loey,

park__rizuki

Flower in the PalaceTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang