Gaya Penulis di Wattpad

3.2K 512 346
                                    

Pada malam minggu yang suram, temen internet gue nge-chat untuk, seperti biasa, meminta rekomendasi buku di Wattpad.

"Tapi, please, jangan yang aku-kau, ya. Gue gak suka baca yang kayak gitu. Kaku kayak beha baru."

Gue pribadi sih bebas, ya, baca yang mana aja. Sejauh jalan ceritanya menarik, gue tetep tancap gas.

Dan, setelah mengorek memori mengenai gaya-gaya author saat menulis, berikut gue bagi mereka ke dalam beberapa kelompok.

1. Gue-elo

Di sini itu gue-elo nya bukan cuma di percakapan, tapi penyampaian melalui sudut pandang orang pertamanya juga. Tetapi, gue-elo stand masih dibagi menjadi dua bagian, loh!

a. Gue-elo gaul

Gue tetep jalan walaupun dia masih nunggu jawaban dari gue. Enak aja! Cowok sejelek dia mau jadian sama gue yang... haduh, gak usah ditanya. Seluruh makhluk juga tau kalo gue pantesnya dipasangin sama Joe Taslim!

Bandingin sama;

b. Gue-elo konsisten

Gue tetap melangkah meskipun dia masih menunggu kepastian dari gue. Enak aja! Cowok sejelek dia mau jadian sama gue yang... haduh, gak usah ditanya. Seluruh makhluk juga tahu kalau gue pantasnya bersanding sama Joe Taslim!

Kalo author (khususnya fanfic) yang baru pertama kali nulis biasanya pakai yang gue-elo gaul karena kerap memasukkan bahasa sehari-hari yang seharusnya akan lebih enak dibaca kalau diubah sedikit. Tapi tergantung ceritanya juga, loh. Misalkan buku yang lagi dia tulis itu semacam diary, ya, penggunaan gue-elo tipe a menurut gue sah-sah aja.

Eits, ralat. Semuanya sah-sah aja. Tergantung kepercayaan masing-masing. Gue percaya kalau gue seksi, sedangkan kalian gak percaya. Padahal kenyataannya gue emang gak bohay sama sekali. Jadi, semua kembali ke diri masing-masing.

2. Aku-kau

Ini adalah gaya yang menemani gue pada zaman keberhalaan gue dulu. Fanfic-fanfic pertama gue semuanya memakai nomina aku-kau.

Aku-kau biasanya cocok dengan cerita yang mengambil latar di luar negeri. Tokoh utama biasanya menggunakan nama yang kebule-bulean (juga karakter ngambil dari real person). Aku-kau dipakai juga untuk novel-novel terjemahan.

Gue sampai sekarang masih nyaman banget baca cerita aku-kau :-)

Contoh:

"Kau tahu siapa yang lebih mencintaimu." Brad Pitt akhirnya mengendurkan cengkraman yang menahan langkah Jolie. Jika tidak, entah sejak kapan perempuan itu enyah dari hadapan Brad Pitt.

Jolie menyelipkan rambutnya ke belakang telinga. "Aku tahu siapa yang lebih mencintaiku. Dan itu bukan kau."

#KembalikanEmakBapakGue

3. Aku-kamu

To be honest, dua atau tiga cerita gue belakangan ini memakai hukum ini. Kayaknya lucu aja gitu aku-kamu hehehehe ya gak sih. Kalo makai aku-kamu tuh kayak dua karakter yang lagi berdialog ini deket aja gitu. Nyatu. Lebih intim.

Contoh:

"Kamu tau, kan, kalau persahabatan antara cewek dan cowok itu gak akan pernah berhasil?" Awan menoleh, membiarkan matanya menikmati keanggunan Lena saat angin dengan bebasnya memainkan rambut gadis itu.

"Ya, aku tau. Kalau gak kamu yang suka sama aku, aku yang suka sama kamu." Lena menjawab pertanyaan itu dengan lancar. "Kenapa? Kamu takut jatuh cinta?"

Awan memainkan jarinya pada rerumputan basah yang tengah mereka duduki. "Aku cuma takut kehilangan kamu."

4. Aku-kamu-elo-gue

To be honest lagiiiii, ini gue pakai untuk cerita gue yang bergenre komedi-receh (loh, emang ada, pon?). Karena kadang ada beberapa dialog yang harus gue ubah ke entah itu aku/gue/kamu/elo supaya humornya itu nyampe.

Contoh:

"Haduh, udah, deh, jangan ngurusin hidup gue!" Anggit memasang tampang bete ke arahku.

"Lah? Siapa yang ngurusin hidup lo?" Aku balik bertanya. Enak aja nyalah-nyalahin gue. Tau deh, lo mah suci, gue penuh soda!

5. Aku-kamu ft. English

Yap. Jadi kalau yang ini khusus dialognya pakai bahasa Inggris. Udah banyak, kok, cerita yang kayak gini! Jadi buat kalian yang mau mengasah atau menunjukkan kemampuan bahasa Inggris kalian, boleh loh diaplikasikan lewat cara di atas! Tapi, kalau merasa belum mahir banget jangan nekad yaaaa. Di Wattpad banyak grammar nazi, loh. Bisa aja dia bawa pasukannya untuk bully kalian (dengan cara spam gitu kayak:

RIP ENGLISH
Hafalin grammar dulu sanaa
Aduhhh grammar wkw)

Aku mengelus jari dingin dan kakumu seiring dengan detik-detik lambat yang berlalu tanpa suara.

"Stay alive for me." Bisikku lalu menciumi punggung tanganmu. Air mataku lolos begitu saja, membasahi kulitmu yang pucat sebagai tanda dari tidak adanya kehidupan.

*udah ah gitu aja*

WELL, itulah guys pemilihan gaya penulis menurut gue! Maaf juga kalau gue sangat late update karena kehidupan tidak seenak snapchat Awkerang.

PLUS, gue berterimakasih banget sama temen-temen yang udah mau ngikutin saran gue untuk mengapresiasi penulis-penulis di Wattpad. Alhamdulillah, kami dapat rezeki untuk menjadi guest stars alias bintang tamu di gathering 5 Years of Summer!

Buat kalian yang mau ketemu sama gue [calcutepie] (anjas apaan dah), rascalaf, bajigur, chhemical, danylum, -thatsawkward dan jembhood, bisa dilihat foto di bawah ini:

Buat kalian yang mau ketemu sama gue [calcutepie] (anjas apaan dah), rascalaf, bajigur, chhemical, danylum, -thatsawkward dan jembhood, bisa dilihat foto di bawah ini:

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

MAK ANAKMU MASUK TIPI

Bisa menghubungi kontak yang tercantum di sana, yaa

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Bisa menghubungi kontak yang tercantum di sana, yaa.

Akhir kata, terimakasih banyak. Gue yakin apa yang gue lakukan akan ada balasannya. Mungkin kalian pernah mikir, "Nih ipon ngapain sih repot-repot nyuruh gue ngehargain author?"

Dan, inilah hasil yang gue dapat :--) Jadi saran gue, jangan pamrih untuk berbuat baik.

So, see you guys tanggal 27 November 2016! Gue berharap banget kalian datang untuk ramai-ramai menertawakan dan mempermalukan gue di atas panggung.

Love,

Ivonne [calcutepie]

SusukuWhere stories live. Discover now