Depresi dan Menghargai Diri Sendiri

6.1K 734 1K
                                    

Biar gue ceritain beberapa hal untuk sekadar kalian ketahui.

Di suatu titik gue pernah merasa:

1. Bosen. Bosen sama kehidupan yang lagi gue jalanin, lama kelamaan jatuhnya jadi benci.

2.  Gampang marah. Suka nangis tanpa sebab. Tiap mau tidur, kalo gue lagi berusaha untuk memejamkan mata pasti gue nangis. Tiba-tiba perasaan gue campur aduk dan rasanya gue mau teriak saat itu juga. Bener-bener gak ngerti gue ini kenapa.

3. Suicidal. Apalagi waktu itu gue lagi ada masalah yang bisa dibilang cukup berat. Padahal biasanya gue yang selalu ngebangkitin semangat temen-temen walaupun gue ragu kalau saran gue sama sekali gak membantu, tapi syukurlah, mereka selalu dateng lagi untuk cerita. Dan gue sempet malu sama diri sendiri, "Kenapa gue bisa punya pemikiran untuk bunuh diri, ya? Padahal tiap temen lagi sedih dan pengen mati, gue berusaha yakinin dia kalo masih ada banyak banget orang yang sayang sama dia."

          Setelah gue pergi ke Mangga Dua untuk ngebuka password dan benerin engsel laptop, akhirnya gue ngetik lagi setelah sekian lama pisah ranjang sama Microsoft Word. Gue langsung download LINE dan ternyata akunnya gak bisa kebuka karena belom diverifikasi dari hape sedangkan hape gue udah rusak. Dengan berlapang dada, gue akhirnya memanfaatkan kesekaratan kuota modem hanya untuk ngecek notif Wattpad dan lebih memaksimalkan diri dengan membuat cerita-cerita baru.

 Dengan berlapang dada, gue akhirnya memanfaatkan kesekaratan kuota modem hanya untuk ngecek notif Wattpad dan lebih memaksimalkan diri dengan membuat cerita-cerita baru

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

        (nama folder gue, khusus cerita)

Setelah memberanikan diri, akhirnya gue memposting empat cerita ke Wattpad

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Setelah memberanikan diri, akhirnya gue memposting empat cerita ke Wattpad.

          Bukannya terlalu percaya diri, tapi tadinya gue udah yakin banget kalo cerita-cerita itu setidaknya bisa dapet beberapa ribu pembaca. Ternyata, dua dari empat cerita tidak seperti harapan gue.

          Kalian pernah gak sih nemuin satu cerita yang menurut kalian bagus banget tapi yang baca dikit?

          Sebenernya di part ini gue mau ngajak kalian untuk belajar menghargai diri sendiri—menghargai karya kalian. Bukan mau menyombongkan atau membanggakan diri, tapi jangan-jangan kegagalan kita itu disebabkan karena ketidakpercayaan kita sendiri. Pernah mikir gitu gak sih?

          Ini ada beberapa pertanyaan yang gue bikin sendiri dan sangat tidak ada hubungannya dengan psikologi, juga mungkin gak akan berdampak apa-apa bagi kalian. Tapi semoga dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kalian bisa lebih mengapresiasi diri kalian, mau mengakui bahwa kalian bisa lebih dari ini, kalian bisa seperti penulis-penulis di luar sana yang ceritanya selalu ditunggu orang lain.

1. Kamu suka menulis?

2. Apa kamu merasa kalau ceritamu itu layak dibaca orang banyak?

3. Kamu bangga gak dengan cerita-cerita yang sedang/sudah kamu buat?

4. Dari 1-10, angka berapa yang akan kamu beri untuk otak kreatifmu ketika sedang merangkai cerita?

5. Apa kamu sudah puas dengan cerita yang selama ini kamu buat?

          Kamu itu hebat. Semua orang bisa menulis, tetapi gak semua tulisan bisa kita nikmati. Kamu hebat kalau bisa menyelesaikan satu cerita tanpa beban walaupun yang baca amat sedikit. Kamu hebat ketika tetap semangat melanjutkan cerita walau yang baca orangnya ya itu-itu lagi. Kamu hebat ketika tetap punya banyak ide, kamu hebat ketika masih mau menulis, kamu hebat ketika masih mau membaca cerita orang lain yang jauh lebih terkenal dibandingkan ceritamu tanpa merasa iri.

          Sebenarnya iri itu hal yang bagus untuk membangkitkan semangat ASALKAN bersaingnya dengan cara yang sehat. Mungkin dengan iri itu kamu jadi punya target dan ceritamu akan terkenal seperti orang-orang itu.

          Oke, segitu aja cerita singkat dari gue dan... tetaplah menulis!

          Yang punya atau tau cerita bagus tapi viewersnya gak lebih dari 5K, tolong komen di sini ya. Siapa tau ada yang mau baca dan saling membantu untuk membangkitkan semangat para penulisnya!

          Di bab 'sider' kemarin gue lupa masukin tebak-tebakan yang udah gue post di profil tadi. Tapi kayaknya belom pada baca, ya? Gue ulang ya.

Sider sider apa yang luar biasa?

ya jawabannya adalah the amazing siderman

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

ya jawabannya adalah the amazing siderman

gue gak ngerti lagi kenapa gue jenius banget

Muka siapa gak tau oke makasih bye semua.

Ivonne, calcutepie.

SusukuWhere stories live. Discover now