Langsung Mulai Aja Ya.

118K 1.6K 413
                                    

Roleplayer atau bermain peran, yang akrab disebut RP (cara bacanya erpe) adalah sebuah kegiatan dimana kita memainkan suatu peran menjadi orang atau tokoh yang telah ada. Nah, disini saya mau bahas soal bermain peran yang mengaharuskan kita untuk membuat akun sosial media untuk memerankan suatu tokoh tersebut. Pada dasarnya, tujuan adanya Roleplayer itu untuk mempromosikan artis yang mereka perankan. Misalkan kita menyukai artis yang baru debut, atau yang belum begitu dikenal. Dengan kita bermain peran 'menjadi dirinya' secara tidak langsung kita sudah membuat idola yang kita perankan ini menjadi lebih dikenal. Mengapa? Karena ya itu tadi, kita bermain dengan akun di sosial media. Dan lewat sosial media lah, info tentang artis tersebut bisa menjadi luas karena kita. Awal terbentuknya Roleplayer tuh gimana sih? Saya sendiri juga kurang tahu ya. Ada yang bilang, dulu itu sempat ada cekcok antara Roleplayer dan Parody. Lebih awal dibuat Parody atau Roleplayer itu saya juga kurang tahu. Berikut penjelasan lebih detail tentang dunia Roleplayer.

Tugas yang harus dilakukan:

Membuat akun sampingan selain akun pribadi. Atau bisa juga jadi satu, contohnya di WhatsApp, BBM, atau Line.
Kemudian memasang keterangan jelas, tokoh siapakah yang sedang kamu perankan. Disini bebas ya kalau soal kamu mau meranin jadi siapa siapa nya. (kebanyakan sih artis) tapi kalau kamu mau jadi model, atlit, youtuber, atau yang lainnya juga ngga jadi masalah.

Kemudian, jika kalian main di Facebook atau Twitter kalian harus wajib kudu mesti masang data diri tentang tokoh yang lagi kalian perankan itu. Kan suka ada kolom bio tuh, nah isi tentang keterangan data diri si tokoh yang kamu mainkan. Ngga perlu banyak kok, yang penting ada nama panjang, umur atau tahun kelahiran (supaya nanti, kalau ketemu Roleplayer lain ngga bingung manggilnya. Kalau misal kamu lebih tua dari dia, nanti dipanggil kak, dsb. Begitupun kalau kamu lebih muda, kamu bakal dipanggil dik atau penyebutan lainnya tergantung dari negara mana tokoh yang kalian mainkan ini.) sama pekerjaan yang dia lakukan. Selebihnya bebas mau isi apa lagi. Asal jangan yang berhubungan dengan keterangan diri kalian yang asli.

Fantalk dan fanservice. Waduh, apaan tuh? Istilah fantalk ini digunakan saat kita sedang bermain peran, terus chatting sama satu atau lebih akun pribadi yang ngefans sama tokoh yang lagi kita peranin. Gunanya, buat nyenengin mereka.. Wkwk/? Jadi mereka yang ngga kesampean untuk ngobrol langsung sama idolanya, atau mention dan message nya ngga dibales gitu, bisa berandai andai kalau mereka emang lagi chatting sama idola aslinya wkwkwk/?
Terus fanservice, ngasih hal-hal spesial untuk nyenengin fans. Baik akun pribadi maupun akun Roleplayer sekalipun. Saya kasih contoh Afgan. Misal kalian main jadi Selena Gomez, ternyata aslinya si afgan itu nge fans sama Selena gomez. Nah kalau dia minta fanservice, kalian boleh nyenengin mereka dengan upload foto yang lagi pose flying kiss gitu, atau yang ceritanya lagi tos-an. Intinya buat nyenengin aja.

Lanjut,

Eh lanjut ngga?

Oke lanjut.

Terus ada apa lagi ya. Oh, itu! Update chara. Chara = character/tokoh. Jadi, kalian harus update kegiatan kegiatan yang lagi dijalanin sama tokoh yang lagi kalian peranin. Misal tokoh yang kalian peranin itu penyanyi, kalian harus update jadwal manggung dia itu kemana aja, atau kalo misalnya dia lagi ada job ngisi iklan atau apa. Cara update nya terserah, mau copas dari fansbase/fanpage terus sertai credit, atau upload foto dengan caption yang nerangin soal kegiatan yang lagi dilakuin itu, atau gimana. Yang penting bisa nunjukin kalo tokoh yg kalian peranin ini lagi sibuk apa aja. Nah ini fungsi dari ngebuat tokoh yang kalian peranin semakin tambah populer.

Dan ini yang terpenting. Agak susah sih memang. Tapi setidaknya kalian harus tau karakter atau sifat dari tokoh yang kalian peranin. Apakah dia jutek, garing, alay, atau baik, ramah, atau gimana. Karena kaya yang daritadi saya bilang. 'bermain peran' jadi seolah olah kita itu 'menjadi' seperti orang itu. Bukan, bukan faker. Itu mah, pemalsuan identitas atau kita ngaku ngaku sebagai dia. Tapi ini, kita ngaku kalo kita hanha bermain peran seperti dia, dan tujuannya itu positif.

Yak, lanjut ke part dua. Penjelasan tentang istilah-istilah di dalam RPW, atau Roleplayer World.

Apa Itu Roleplayer?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang