Jenis Jenis(?)

54.1K 1K 796
                                                  

IC/OOC/SEMI LESS OOC:

IC (In Character) atau Less OOC, sama aja. Dia ini bermain benar-benar sesuai dengan karakter tokoh yang ia mainkan. Tidak ada bahasan yang nyerempet nyerempet ke arah kehidupan asli dia. Yaa, dia ini yang memang serius dan menjiwai nge RPnya.

OOC (out of character) dia jarang banget bermain peran sesuai dengan karakter si tokoh yang dia peranin. Mungkin malah lebih sering nyerempet ke kehidupan asli dia. Dan berkicau (karena sosmed kan memang lewat text) sesuai keinginan dan diri dia sendiri. Bukan terpaku sama tokoh yang dia peranin. Tapi walaupun nyerempet ke bahasan kehidupan asli nya, atau yang biasa disebut RL (Real Life) tapi mereka masih menggunakan tanda kurung untuk menandai bahwa apa yang lagi mereka bicarakan atau kicaukan itu tentang kehidupan asli mereka. Bukan tentang tokoh yang mereka perankan. Contohnya dengan memakai [] {} () dsb. Contoh kalimatnya: "anjir. PR banyak banget. Sial []" begitu. Atau ada juga yang nyantumin nya di awal dan akhir kaya gini "[ya elah. Males banget dah.]".
Banyak sekarang yang salah mengartikan OOC sebagai 'main aja urak urakan' itu ngga bener. Bukan mentang mentang keluar dari karakter, kalian malah mainin seenak jidat kalian. Walaupun judulnya out of character atau keluar dari karakter, kalian harus tetap berlaku seperti tokoh yang kalian perankan dan menjalankan tugas di part satu yang saya tulis tadi. Walau hanya sesekali.

Semi Less Ooc = bermain peran layaknya seperti tokoh yang diperankan, namun terkadang OOC. Jadi, dia ga benar benar sepenuhnya serius dalam memainkan karakternya seperti tokoh asli yang ia perankan. (ini paling enak serius. Kalo kalian mau nyoba main rp, awalnya jadi rp kaya gini aja dulu.)

Oh, satu lagi. RP ngga jelas.
Ciri cirinya itu: make nick (sebutan) aneh kaya jaxg qweyz xilem floem(?) wkwk. Mainin RP seenak jidat, dan kalau ditegur malah bilang "suka suka gue dong. Akun akun gue." HAHAHA. Eh, maaf- saya terlalu kebawa suasana.

Terus ada lagi, yang kali ini masih baru baru.. Saya juga gatau awal mulanya dari kapan. Tapi masih tergolong baru.

OC = Original Character atau yang biasa disebut OC ini, mereka cuma make gambar atau foto suatu tokoh buat profil. Selebihnya dia rombak sendiri. Kaya identitas diri, latar belakang, dllnya. Jadi nama, pekerjaan, dan lainnya itu bakal beda. Tergantung sih, kadang ada beberapa yang disamain. OC ini, kerjaannya plotting(?) apa tuh plotting? Nanti itu bakal saya bahas juga. Segitu doang sih kira kira yang saya tau tentang OC.

Ada juga AU, yang pada dasarnya mirip sama OC. AU atau Alternate Universe (maaf kalau salah) memungkinkan kamu untuk mengubah job dan sedikit background story si karakter yang kamu perankan. Contoh aja kamu ambil karakter Lee minho. Karakternya secara asli bekerja sebagai aktor, tapi kamu bisa aja rubah disini dia jadi mahasiswa atau CEO atau apapun itu. Nah otomatis background story nya agak sedikit berubah kan? Pasti ada alasan kenapa dia bekerja sebagai a, b, atau c (sesuai pekerjaan yang kamu pilih) tapi selebihnya (profile, sifat, dan lain lain) masih sama seperti lee minho yang aslinya. Bedanya AU dengan OC hanya disitu, jika OC memperkenankan merombak secara keseluruhan, nah AU ini ngga.

Dan ada Freelancer. Awalnya, freelancer ini buat sebutan bagi para Roleplayer yang ngga punya agensi atau tempat bernaung(?) itu kita bahas nanti juga. Tapi sekarang, makin kesini banyak yang mengartikan freelancer dengan mainin akun secara bebas. Hampir mirip sama OC, bedanya dia ngga perlu bikin latar belakang diri yang detail, dan ngga perlu selalu plotting. Saya lagi main jadi freelancer ini, dan enak banget wkwk soalnya ga ribet. Saya ga mesti terpaku sama karakter tokoh, karena saya sendiri yang buat karakter si tokoh yang saya mainkan.

Dan ini yang terakhir. RP pada dasarnya dibagi dua, yang berbau 18+ atau yang normal biasa. Yang berbau 18+ itu, selain mereka bermain peran, mereka juga melakukan 'adult thingy' baik di timeline/home maupun di private message. Biasanya di bio nya tertera nsfw/18+. Kalau di RP dengan tokoh korean, biasa disebut RP Yadong. Buat yang ga ngerti, bisa nanya aja sama saya lewat pesan 😂😂

Nah, segitu dulu aja sih buat jenis jenis RP. Kalau ada yang mau nambahin, silahkan comment. Atau mungkin ada yang kurang jelas, bisa tanyain aja nanti saya respon. Sekarang kita lanjut ke istilah istilah berikutnya yang ada dalam RPW.

Apa Itu Roleplayer?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang