Air Mata Penghapus Dosa

1.8K 92 0
                                    

Menangis karena takut kepada Allah adalah sifat dari hamba-hamba Allah yang bertakwa dari para Nabi dan orang-orang shalih, serta orang-orang yang mengikuti mereka. Menangis karena takut kepada Allah mempunyai banyak keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut dijelaskan berdasarkan hadits-hadits berikut ini.

1. Mendapat naungan dari Allah
Dari Abu Hurairah, di berkata, Rasulullah bersabda, "Tujuh macam orang yang akan dinaungi Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungannya." Kemudian disebutkan salah satunya adalah, "... dan seorang yang mengingat Allah dalam kesendiriannya, lalu kedua matanya berlinangan air mata." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Selamat dari api neraka
Dari Abu Hurairah, di berkata, Rasulullah bersabda, "Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah, sehingga air susu kembali ke dalam kantong susunya. Dan debu (jihad) di jalan Allah tidak dapat berkumpul dengan asap jahanam." (HR. Tirmidzi an An-Nasa'i)

3. Dicintai oleh Allah
Dari Ibnu Abbas, dia berkata, Rasulullah bersabda, "Ada dua macam mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka, mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga dalam peperangan di jalan Allah." (HR. Tirmidzi)

4. Selamat dari berbagai fitnah
Dari Uqbah bin Amir, dia berkata, "Ya Rasulullah, apakah kedamaian itu?" Rasulullah menjawab, "Tahanlah lisanmu, jadikan rumahmu nyaman (untuk beribadah) dan menangislah atas kesalahanmu." (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

5. Bahagia dunia dan akhirat
Dari Tsauban, bahwa Rasulullah bersabda, "Berbahagialah siapa pun yang dapat menguasai lisannya, yang rumahnya terasa luas baginya, dan dapat menangis atas kesalahan yang diperbuatnya." (HR. Tabrani)

Sumber: http://www.dakwatuna.com/2013/10/04/36703/air-mata-pembersih-dosa/#ixzz4A0WcMXT4

Wallahu a'lam 🌸
Sentap? Mohon buat solat taubat segera xD

Dakwah Dan Tarbiah SentapWhere stories live. Discover now