Tips dan Nasihat

3.7K 212 33
                                    

Saya bersyukur bisa lulus SBMPTN di kesempatan pertama dan tidak harus mengulang tahun depan.

Untuk teman-teman yang tidak lulus jangan pernah patah semangat ya! Masih ada ujian mandiri atau ikut SBMPTN tahun depan. PTS juga banyak yang bagus kok. Percayalah, apa yang sudah ditetapkan oleh-Nya ialah yang terbaik untuk kita.

Buat adik-adik yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi.

Saya punya beberapa tips dan nasihat:
- Yang paling utama, jangan lupa niat yang lurus, berdoa dan berserah diri kepada Allah. Sadari bahwa apa yang kita lakukan di dunia semata-mati untuk meraih rida-Nya.

- Jika kalian masih sekolah usahakan nilai rapor bagus dan stabil, kalau bisa meningkat. Nilai rapor penting untuk seleksi jalur undangan (seperti SNMPTN). Namun, perlu diingat bahwa nilai bukanlah segalanya. Ia diperoleh melalui jalan yang jujur sebab rida Allah lah yang menjadi tujuan utama kita hidup di dunia.

- Jangan terlalu mengandalkan jalur undangan. Lebih baik persiapkan untuk ujian tulis. Jangan seperti saya yang belajar ngebut sehingga hasilnya kurang maksimal.

- Jangan malas belajar. Ilmu tidak turun dari langit begitu saja. Harus ada upaya untuk mendapatkannya. Belilah buku atau download soal-soal di internet. Kalau orang tua mampu membiayai, jangan ragu untuk bimbel. Ingat! Seperti semboyan provinsi Jawa Timur, Jer Basuki Mawa Beya (Keberhasilan membutuhkan pengorbanan).

- Untuk soshum, eetiap menjumpai soal, kenalilah itu materi apa dan carilah referensi sebanyak-banyaknya di internet. Buatlah rangkuman bila perlu.

- Pelajari variasi soal matematika. Cari trik-trik cepat yang banyak bertebaran di internet.

- Banyak-banyaklah membaca. Untuk bahasa Inggris, saya belajar melalui cerita fiksi berbahasa Inggris. Dengan banyak membaca, kosa kata kita akan semakin banyak.

- Ikutilah grup-grup di jejaring sosial (Facebook) seperti: SBMPTN Soshum 2015, Matematika Dasar, dll. Kalian bisa sharing di sana jika ada kesulitan.

- Ikuti try out online jika memungkinkan. Saya download aplikasi SBMPTN di Playstore dan berlatih menjawab quiz.

- Jangan minder. Semua memiliki kesempatan untuk lulus.

- Jaga kesehatan, jangan sampai tepat hari H ujian malah sakit.

Sekian yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. :)

Malang, 20 Juli 2015

Chintya Yulian.

Kampus ImpianМесто, где живут истории. Откройте их для себя