Chapter 22 - I Give My Final Breath To Make You Understand How Beautiful You are

3.6K 45 0
                                    

   ” kenapa ka ?”

   ” kaka ngerasa ini saatnya de” katanya lemah. Aku meraih tangannnya dan menggenggamnya. Semoga ini bisa ngasih rasa aman ke ka Raka

   ” jangan ngomong gitu ka”

   ” ngga , ngga”

   ” huft..”

   ” semuanya begitu cepat ya, de?”

   ” ...”

   ” iya de. berawal dari MOS waktu itu.. ade ingat ?”

Aku memejamkan mataku, berusaha keras memutar memoriku.

   ” ingat”

   ” kaka yang ngeliat ade kebingungan karna ngga dapet kelompok..”

   ” iya. hehe”

   ” kaka sayang sama ade dari awal kaka ngeliat ade,”

Aku mengangguk, dan berusaha memasang telinga setajam mungkin. Volume suara ka Raka kecil banget

   ” dan kelamaan kaka ngerasa sayangnya kaka ke ade lebih dari sekedar sayangnya kakak ke seorang adiknya. Kaka ngerasa lebih, de.”

Aku menggigit bibir. Aku ngga mau nangis. Mataku bisa bengkak jadi sebesar bola tenis nanti, kalo dari kemaren nangis terus.

   ” kalau mau nangis nangis aja de, tapi jangan nangisin kaka ya de.. nangisin tentang apapun yang pengen ade tangisin, tapi jangan kaka..”

Aku mengangguk

   ” ade tahu gimana paniknya kaka pas lihat hasil CT scan yang nunjukin kalo ternyata di daerah nasofaring kaka ada benda asing dan ternyata itu kanker ? kaka panik banget de..”

   ” kaka panik bukan mikirin gimana nasib kaka, tapi kaka panik takut ade ninggalin kaka, kaya yang waktu itu kaka pernah bilang.. kaka juga ngejalanin kemo dengan semangat, kaka pengen banget sembuh de.. waktu itu kaka yakin banget kaka bisa sembuh, tanpa kaka tahu ternyata kanker kaka udah parah banget..”

   ” tapi, kaka tau kaka punya hak untuk berusaha dan berdoa. Kaka punya hak untuk sembuh. setiap kaka keinget penyakit kaka, kaka ngeliat ade. Kaka ngeliat aura kehidupan di diri ade.. kaka hidup buat ade. Ngg, kaka tau semua ini kedengeran weird di telinga ade. But, but.. but this is the fact. Kaka ga bisa terus-terusan bohongin ade..”

   ” sampai akhirnya kaka ketemu Joce.. dia yang ngisi kekosongan kaka di Kanada kemaren, de. kaka pikir, kaka lebih tega ninggalin Joce daripada ade..”

Aku ngerasain air mata aku ngalir lagi.

   ” de, maaf.. maaf kaka ga bisa sempurna, sesempurna cinta kaka ke ade..”

Aku perhatiin wajah ka Raka. Keliatannya, dia ngga ngeluarin air mata. Aku ngga tau kenapa. Mungkin, dia udah ngga bisa nangis. Atau apapun itu, aku ngga mau mikirin. Aku sibuk sama pikiran aku sendiri.

   ” ngga ada manusia yang sempurna, ka..” kataku akhirnya ngomong.

Ka Raka menggeleng

   ” kaka tau, de. kaka juga baru nyadarin satu hal. Sempurna itu relatif. Menurut kaka, kaka belum sempurna untuk ade. Menurut kaka juga, ade terlalu sempurna buat kaka..”

Aku mengangguk. Biarin lah, biar dia seneng. Keputusan bodoh kalo ngajak ka Raka debat

   ” de, maafin kaka ya kalo kaka banyak salah sama ade. Maafin kaka juga kalau kaka sering bikin ade sakit hati dan bikin ade nangis. Kaka ngelakuin segala sesuatunya demi ade. Mungkin, kaka yang ngga tau caranya nunjukin rasa sayang kaka ke ade, tapi.. percaya, kaka sayang banget sama ade..”

Aku mengangguk dan mengusap air mataku

   ” ya ka. Maafin ade jugaa, kalo ade sering ngerepotin kaka. Sering bikin kaka ngerasa bersalah. Ade ngerti. Dan satu lagi, kaka selalu bisa bikin ade ketawa atau minimal senyum kalo ade lagi sedih. You have a shoulder that I can cry on there, ka. Kaka ngga pernah ngeluh meski ade bikin kaka jengkel. Kaka ngga pernah kesel meski ade nyebelin. Ade juga sayang banget sama kaka..”

   ” de, ade tau sesuatu ?”

   ” apa?”

   ” ade begitu indah..”

Aku mengerenyit heran. Dan ka Raka langsung menutup matanya.

  Tiba-tiba, alat pendeteksi detak jantung disamping ranjang ka Raka berbunyi dan layarnya nunjukin satu garis lurus berwarna hijau. Dan saat itu aku tersadar.. ka Raka udah ngga ada.

  Aku shock dan terduduk lesu, ngga tau harus ngomong apa. Tiba-tiba mama dan Bunda ka Raka masuk dengan wajah panik. Bunda ka Raka ngelihat layar alat itu dan menjerit histeris. Mamaku memeluk bunda ka Raka. Aku masih duduk. Masih shock. Aku menoleh kearah ka Raka. Matanya tetap tertutup. Bibirnya yang pucat menyunggingkan senyum. Seperti sedang tidur.

   Aku menutup mukaku dengan tangan dan menangis. Ka Raka..

Terulang lagi ! bahkan lebih pedih dari waktu itu, pas ka Raka minta putus. Aku bener-bener ngga akan bisa ngeliat ka Raka lagi. Denger ketawanya lagi. Ngerasain perhatiannya lagi. Menyentuh tangannya lagi.. Semua itu ngga akan terjadi lagi. Satu persatu memori tentang aku dan ka Raka bermunculan dengan liar. Bahkan aku ngga bisa memperkirakan kehadirannya. Aku terisak mengingat semuanya..

   ” Nisa..” kata Farah memelukku

   ” sabar ya.. semua ini pasti ada hikmahnya..” kata Farah

   ” Nis.. ikhlasin aja ya.. he’ll be alright there” kata Jelita ikut memelukku

Aku menangis sejadi-jadinya di pelukan Farah dan Jelita

   ” Raka..” kata Rakha sambil melihat jasad ka Raka

   ” Kha..” kata Farah halus

   ” udah Nis, dia udah tenang sekarang. Ga usah sedih lagi ya!? Kan masih ada kita, iya nggak Rah, Jel?!” kata Rakha menghibur

   ” yoyoooooyyy” kata Farah juga Jelita kompak

Memang hanya mereka yang bisa membuatku tenang.

Stand by Me :) --a novel by fuzzyniaWhere stories live. Discover now