15 | Divulge of the Yellow

42.3K 3.5K 308
                                    


*warning aja, maybe ini komentar paling panjang yang kamu dapet(?)*

1. Gimana ceritanya bisa nemu NTdTK ini, tertarik baca, bertahan sampai tamat?
Answer :
-Ini aku sampe buka Line buat mastiin lohh.. Jadi ceritanya aku buka Line waktu itu.. entah tanggal berapa antara bulan September-Oktober(?) salah satu OA yang aku ikutin, OA All About Wattpad *sorry, Ras.. aku gatau boleh nyebut merk nggak, heheh*. Barusan ku scroll Line OA itu tadi ga nemu2 saking banyaknya postingan *sigh*. Intinya waktu itu si Nano posting yang kira2 bunyinya gini "Buat yang suka sastra kalian wajib baca cerita ini, tapi tidak dianjurkan bagi yang suka bacaan ringan, karena ini tergolong berat (beserta link)". Nahh dari situ lah aku tertarik karena aku suka yang berbau sastra dan jarang banget kutemuin tulisan sastra di wattpad, ditambah aku tertantang dengan kata 'tulisan ini berat', hmmm penasaran lah jadinya. Langsung ku klik link watty NTdTK, baca sinopnya bentar. Kok Keren? Langsung ku masukin ke Library dulu, dan belum kusentuh sama sekali. Sampeeee pada tanggal 4 November 2015 (ini tanggal aku dapet dari hasil nye-croll tadi #lol) si Nano posting lagi, kasih warning! Bahwa NTdTK bakalan dihapus dari peredaran wattpad tanggal 31 Desember 2015! Dalam hati aku teriak, "What the???". Masalahnya waktu itu (pas awal si Nano promote ini cerita di AAW aku masih sibuk pake banget! Maklumlah, apa dayaku mahasiswa semester awal yang yaahh you know lah secara kita sama-sama MaBa.

-Kenapa tertarik baca? Pertama, cover and sinopnya keren! Kedua, tema yang kamu angkat, anti mainstream, sumpah! 4 thumbs up for you. Setelah kubaca ini cerita bahasanya enak, ngalir gitu aja. Walaupun banyak narasi, tapi ini sumber kekuatan di cerita kamu, Ras. Cara kamu menyampaikan gimana gerak-gerik tokoh, apa yang ada dan sedang terjadi di tempat sekitar si tokoh berada, cara kamu menjelaskan hubungan antar tokoh, gimana kamu ngebuat kebetulan-kebetulan yang ada dalam cerita itu terasa real, nggak dibuat-buat. Itu keren. Sumpah.

-Kenapa bertahan sampai tamat? Well, aku tipe orang yang nggak setengah-setengah. Apalagi kalo nemu bacaan keren kayak gini. Wajib. Kudu. Sampe tamat. Kalo nggak bakalan nyesel seumur hidup! hahah (BTW aku mulai baca ini akhir November dan baru kelar sampe hari ini 9 Desember 2015, terlalu lama nggak sih? wkwkwk)

2. Yang buat beda NTdTK sama cerita lainnya? Ciri khas?
Answer : tema yang kamu angkat, narasi sepanjang itu, penokohan (termasuk usia tokoh utama), bahasa yang kamu gunakan, sedikit ilmu tentang bahasa asing dll yg pembaca nggak banyak tau, plus komentar pembaca yang selalu kamu tulis (plus mention namanya) di awal bab ituuuuu something buat aku. Dari situ aku liat kamu tipe orang yang low profile dengan berterimakasih kepada pembaca dengan cara seperti itu. Hampir di semua bab loh, atau memang semua? heheh agak lupa sayanyah :v

3. Thanks to Nano a.k.a yang udah share link cerita ini di OA All About Wattpad (noh, aku promoin OA kalian dengan sukarela No, XD)
Sumpah kalo lo nggak posting tentang cerita ini maybe gw bakal baca ini telat, belum selesai, dan udah dihapus dari perdaran, hoho.. Thanks Nanooooooo *peluk dari jauh*

lievadiar

-;-;-;-;-

15 | D i v u l g e    o f     t h e     Y e l l o w



- KONTEN TELAH DIHAPUS -

Alasannya bisa dibaca di author's note chapter 3 dan 7 -



-;-;-;-;-;-

Nama Oberon, anak dari Valerio dan Klavier, berasal dari tokoh Raja Peri dalam karya Shakespeare yang berjudul A Midsummer's Night Dream.

Divulge artinya 'membuka rahasia'. Sementara Yellow merujuk pada map kuning Tuan Kopi.


Nona Teh dan Tuan Kopi [TERSEDIA DI TOKO BUKU]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang