𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐔𝐋𝐈𝐒 𝐆𝐈�...

By honeymenu

33.1K 7.6K 1.3K

[A NON FICTION BOOK: COMPLETED] Kenali caraku mengatasi hidup, mengelola emosi, dan caraku menulis novel lewa... More

Pembuka
1. Tujuan Menulis
2. Views
3. Vote dan Komentar
4. Iri Hati
5. Benci Idol
6. Feedback
7. Minder
8. Kritik atau Hinaan?
9. Perfeksionis
10. Menikmati Proses
11. Mainstream is Bad
12. Antikritik
13. Cerita Halu
14. Takut Diplagiat
15. Percaya Diri
16. Sederhana Juga Bagus!
17. Berhenti Menulis
18. Cerita Kentang
19. Pembaca Setia
20. Ekspektasi
21. Standar Kebahagiaan
22. Perbandingan
23. (Julid) Unpopular Opinion
24. Dari Berat Menjadi Ringan
25. Harapan Pembaca
26. Mengekspresikan Ide
27. Genre yang Laku
28. Cemas Berlebihan
29. Keuntungan Wattpad
31. Alur Bertele-tele
33. Meniru Gaya Tulisan
35. [RB #1] NOVEMBER 2020
36. Awalan Cerita
37. PENGHARGAAN WATTYS
38. Menjadi Lebih Baik
39. Supaya Tidak Kaku
40. Narasi Panjang VS Pendek
41. Menyusun Konflik
42. Manfaat Menulis
44. Dialog yang Hidup
45. Kesalahan Menulis
46. Kesalahan PUEBI dan KBBI
47. Tokoh Sempurna
48. Mencari atau Menciptakan Pasar
49. Promosi Itu Wajib
50. Karakter yang Dibenci
51: Karakter yang Kuat
52. Karakter yang Kuat 2
53. Cerita Masuk Akal
54. Mengontrol Hidup
55. Lubang Cerita
56. Mental Sukses
57. Resep Menulis Fantasi
58. [RB #2] DESEMBER 2020
59. Zona Nyaman
60. Menulis dan Membaca
61. Alasan Bosan Menulis
62. Sumber Penghasilan (Part 1)
63. Sumber Penghasilan (Part 2)
64. Tulisan itu Aset
65. Jadi Penulis Aktif
66. Teman Menulis
67. Fake Productivity
68. Melawan Fake Productivity
69. Waktunya Berpisah

30. Jujurlah Pada Dirimu

312 89 13
By honeymenu

"Pernah mencoba untuk jujur pada diri sendiri?"

Terkadang, kamu merasa yakin dan mampu untuk melakukan segalanya. Kamu memandang dunia dengan mudah, menganggap segala hal ada dalam genggamanmu. Mungkin, dulunya kamu memang bisa. Dulunya kamu memang menjadi bintang atas sesuatu itu. Namun, kamu lupa bahwa waktu berjalan, dunia berubah, dan hal-hal yang kamu anggap sebagai sesuatu yang mudah tidak terasa mudah lagi di bawah kontrolmu.

Muncul orang-orang yang lebih hebat darimu. Persaingan di mana-mana, dan nilai-nilai yang dianut oleh sebagian besar orang berfusi dengan nilai baru sebagai akibat perubahan zaman. Sekarang, kamu mulai mempertanyakan dirimu sendiri ... Apakah saya yakin bisa melakukannya? Apakah cara ini benar? Apakah saya bisa menjadi seperti dulu lagi?

Perlahan, apa yang kamu yakini selama ini, rontok satu per satu di bawah kakimu.

Kamu bisa terus lari dari kenyataan, tapi pertanyaannya sampai kapan? 

Pada akhirnya, yang harus kamu lakukan adalah menghadapi segalanya.

Lantas, di bab ini aku mau memberi satu tips untuk membantumu menghadapinya.

Bagiku, cara yang paling sederhana agar kamu bisa berteman baik dengan segala situasi adalah dengan jujur pada diri sendiri.

Yakin akan kemampuan itu boleh, tapi kamu juga harus terbuka dengan kesalahan dan kekuranganmu. Kamu harus mengakui bahwa pada hakikatnya manusia tidak sempurna, sebab itulah selalu saja ada yang berlubang dari dirimu. Dan, apa lagi yang harus kamu lakukan selain terus belajar dan berkembang?

Sebab itulah, jangan menganggap kesalahan sebagai cacat yang buruk.

Kesalahan adalah cela yang kamu temukan sehingga kamu bisa menambal lubang di permukaannya. Semakin banyak kamu menemukan kesalahan, semakin besar peluang kamu menjadi lebih baik. Jadi, jujurlah pada kesalahanmu. Catatlah kekuranganmu. Jangan pernah menyembunyikannya.

Sekarang, apabila kamu sedang merintis cita-cita menjadi seorang penulis, apakah kamu yakin sudah tahu di mana letak kesalahanmu? Apakah kamu sudah siap melakukan sesuatu untuk menambal kesalahan itu? 

Ingat, jangan coba-coba untuk menyembunyikannya, jangan coba-coba untuk berkata, "Ceritaku aja enggak ada yang baca, gimana bisa tahu letak kesalahanku di mana?" Itu cuma kalimat yang kamu utarakan karena kamu malas untuk berubah dan tidak mau menyalahkan diri sendiri. Paling tidak, pasti ada satu ada dua yang kamu tangkap.

Aku akan menemani kamu untuk jujur. Di bab ini, aku akan menulis hal-hal apa yang menjadi kekurangan dalam ceritaku. Kamu bisa ikut komen di kolom ini, penulis maupun pembaca, kamu bisa tuangkan cacat dalam dirimu sendiri. Dan, mari jadikan kesalahan yang kamu catat menjadi daftar yang harus kamu benahi mulai sekarang.

Namaku Hani. Sebagai penulis, tulisanku kaku, narasi yang kubuat terlalu panjang dan bosenin. Kadang satu chapter isinya gitu-gitu doang, alias hambar. Aku enggak bisa menyamakan humorku dengan jenis humor yang disukai pembaca. Plotku sendiri amburadul. Sukanya bertele-tele dalam bercerita. Aku sulit fokus hanya pada satu karakter sehingga tanganku gatel mau ngasih konflik ke karakter yang lain, memang aku ini sok. Sok bisa menyelesaikan segalanya. Sok bisa mengatur cerita. Sok bisa menamatkan cerita sesuai target. Aku ini kepedean garis keras, tapi aslinya juga nggak bisa-bisa amat.

Nah, itu ... ekhem, sebenarnya aku malu mengakui hal itu, tapi bodo amat lah, enggak bakal ada yang peduli juga.

Sekarang, setelah menulis di atas, kamu bisa menemukan hal-hal apa yang menjadi kekurangan dan bisa secara nyata membenahinya!

Baik, kuberi contoh. Kalau pembenahan dariku pribadi ... Tulisanku kaku karena aku memakai kata baku dan gaya nulisku seperti skripsi. Jadi, aku harus bisa keluar dari zona nyaman, sebab itulah di fanfiksiku yang berjudul The Cursed Boy, aku mencoba memakai semi baku. Soon, aku mau mencoba pakai gaya lokal lo-gue.

Satu chapter isinya gitu-gitu doang, alias hambar. Okay, akan kubetulkan. Aku harus bisa memberi sesuatu yang "menonjok" di tiap chapter, sehingga orang-orang bisa mendapatkan "sesuatu" setiap kali membuka ceritaku.

Dan seterusnya....

Sekarang, giliran kamu untuk mengkritisi diri sendiri supaya bisa terus berkembang mengikuti kedinamisan zaman^^ 

Continue Reading

You'll Also Like

55.1K 5.1K 19
Serangan bom dilakukan oleh sebuah objek terbang asing yang mengitari kota. Orang-orang yang selamat dikurung dalam sebuah kubah transparan berwarna...
49.3K 5.2K 14
Bikin cerita bergenre misteri/Thriller itu susah nggak sih? Saya akan bagi tips bagaimana cara menulis cerita misteri di sini. Silakan baca bagi yang...
266K 13.8K 36
[Finished on Tuesday, December 26, 2017] . . ⚠️ CERITA INI DITULIS KETIKA SAYA MASIH BERADA PADA FASE ALAY. HARAP MAKLUM APABILA MENEMUKAN BEBERAPA H...
256K 28K 94
Ini Hanya karya imajinasi author sendiri, ini adalah cerita tentang bagaimana kerandoman keluarga TNF saat sedang gabut atau saat sedang serius, and...