YEHET!、GFXCORNER

By thejavoes

37.6K 2.1K 1.3K

「恥た方が」「GRPX」 。contain with tutorials, showcase, and anything about graphic by me, jean! hope you enjoy! writt... More

Yuuhuuu
01. F~ (1)
02. T~ simple cover
03. S~ collab w/ MartaaYD_
04. S~ collab w/ Hannaini
05. T~ simple fancy on Photolayer
06. F~ (2) soft manip
07. T~ cover kayak book ini(?)
08. S~ all collab
09. R~ challenge
10. T~ simpel soft blended
11. collab w/ Loeysehyun
12. T~ efek ala ala
13. S~ ikutan CC + gabut
14. T~ soft manip (2)
15. T~ efek; Reddish Lime
16. S~ monokrom! + jiwa halu ku
17. F~ you'll love it!
18. T~ Download Postingan Instagram
19. collab w/ hobiholy
20. collab w/sweetaehoney
21. T~ icon on PicsArt
22. EDISI SPECIAL + QnA
24. T~ simpel cover (2)
25. resources~ png pack
26. T~ simple aesthethic layout
27. resources~ note from me
28. T~ cover template

23. ANSWER TIME !

354 35 79
By thejavoes


Yoksi saatnya menjawab!

1. moviecino

Untuk ukuran header profil setahu ku ada dua, yang pertama ukuran 1 : 1 alias persegi. Yang kedua 6 : 5 atau kalau dijadiin kelipatan jadi 720 : 600---buat yang ukuran ini aku tau dari olip lmao sweetaehoney

Nah misalnya kamu mau make header sesuaikan dulu sama ukuran header profil akun kamu. Misalnya persegi ya pake yang 1 : 1, kalau bukan persegi pakai yang 720 : 600.



2. POPICILY-

Sebenernya, ini pembahasan yang cukup berat, sih. Tapi seru juga wkwk kalau dibahas*plak

Jadi gini, zuzur aku gatau harus menyikapi kasus ini darimana, soalnya sejauh ini belum ngerasain (atau udah cuma aku yang gatau?) dan berharap gak akan pernah ngerasain.

Beneran, men, kasus ini tuh gak main-main dampaknya, karena banyak banget lho artworker yang sampe rest atau bahkan deact karena karyanya ditiru oleh seseorang yang pengen berkarya (?) juga or with another reasons yang kita nggak tahu.

Ada juga artworker yang milih tabah aja atau diem aja karena udah muak. Karena apa? Sebab diberitahu juga nggak mempan, namanya juga manusia:")

Nah, biasanya kasus-kasus awal plagiat tuh dari si pelaku yang iseng atau emang ada niat baca buku tentang sesuatu yang berkaitan, semisalnya aja graphic. Lalu, dia kepo kenapa bisa komen sama bintang nya banyak, dan ternyata setelah dicek di komen, isinya pujian semua atau ucapan terimakasih karena sudah membantu, intinya gitu.

And then, si pelaku ini merasa iri. Dia ngerasa kayak, "kenapa gue nggak dipuji juga sih?"

Karena dibumbui sifat kepo campur kesel, dia cek akun penulis dan makin kesel setelah tahu berapa followers nya. Di pikirannya dia juga pengen kayak gitu, lapaknya rame dan dapat folls banyak, lagian siapa sih yang gak mau? Mari zuzur, pernah kan ngerasa kayak gitu? Aku juga LMaO

Hingga terbersit lah ide bahwa dia pengen kayak si penulis dengan niru buat lapak bertema graphic. But, cause skill nya belum diasah, dia menghalalkan segala cara, sampai ke opsi plagiat. Meski gak sama persis, tapi desainnya hampir sama. Dan waktu dia liatin di booknya dan dapat respon bagus dari mutualnya, apa yang dia rasa? Nge fly tentunya.

Dia ngerasa berhasil. Padahal itu salah. Salah banget malah.

(aku menduga itu, gatau bener apa nggak kejadian nya)

Eettt, gak semuanya gitu yap, ada juga yang secara kebetulan dapat inspirasi yang sama. Atau karena keterbatasan media---tapi, untuk kasus ini kayaknya penyelesaiannya lebih damai, iya gasi? Aku juga gatau hwhw

Sebenernya ga itu doang alasan plagiat, banyak! Cuma paling sering terjadi kayaknya itu doang hehe.

Back ke kasus pertama, kira-kira menurut kalian semua yang baca ini, apa reaksi dari si pelaku waktu dapat notif kalau si penulis tahu desain yang dipake pelaku sama kayak punya penulis?

I think, pelaku yang mulai dengan cara yang salah itu bakalan panik and little bit afraid, maybe?

Dia takut semua attention yang dia dapat bakalan hilang, folls nya, mutualnya dll. Sampai demi itu gak hilang dia rela bohong dan mengelak dahal dah ketahuan, kan ya percuma. Atau sampai marah-marah ke si penulis asli dan cerita ke mutualnya kalau dia dilabrak. Dude, wtf.

Jadi gini teman-teman, dari dulu plagiat itu sama sekali nggak dibenarkan, beneran. Kalau terinspirasi boleh, tapi kalau isinya sama semua ya sama aja bohong dong, so be smart, okay!

Tapi, bukan berarti kita nggak boleh ngikutin tutornya, boleh kok, asal dipakai sebagai latihan dan nggak di diliatin ke banyak orang dan diakui karya sendiri. I think, kalau kita liatin karya kita dari ikutin tutor dan diberi judul, "lagi nyoba tutor dari buku si a, nih design asli by a" kayaknya di penulis bakalan paham. Tapi back ke pribadi setiap orang, sih.

Dan oh ya, nggak menutup kemungkinan juga kalau kita semua pernah plagiat karya seseorang, apalagi dari pinterest yang belum jelas ownernya. Iya kan? Termasuk aku juga pastinya.

So, buat siapa aja yang ngerasa desainnya sama kayak yang aku liatin selama ini, tolong bilang ya, zuzur aku sering kepikiran sama hal ini akhir-akhir ini sampai ragu buat main wp lagi, but aku ada hutang TT, so yeah gitu.

Btw ini banyak banget busedd




3. rossieanna


Oke, jadi awalnya tuh ketika liburan semester ganjil waktu kelas 8, karena gabut aku coba baca beberapa book tutorial di wp---asli dulu masih sedikit LOL, ga kayak sekarang, bacanya pake akun lama wkwk, sekarang gatau gimana kabarnya.

Cuma kebanyakan tutorial pake picsart, kan aku jadi kezel, masalahnya jaman jaman itu aku gaptek picsart:") sekarang juga masih, sih.

Buat aplikasi pertama, sudah jelas yang tercinta one and only PHOTOLAYER !!! HUHUUU KANGEN PARAH MAKE APK INI, CUMA TAKUTNYA GA KEPAKE TT

Ceritanya nyambung nih, karena aku gaptek picsart, aku iseng menjelajah play store dan akhirnya aku berjumpa dengan ma first lav! sebenernya niat awalnya pengen buat tikel wa atau apa gitu lupa, terus baca artikel yang berkaitan dan aku bertemu sama PHOTOLAYER!

Apk ini rekomen banget buat kalian yang baru belajar ngedit tapi masih ga nyambung sama picsart, canva dll. Soalnya simpel parah penggunaannya, ga caya? Liat tutornya di book ini lupa bagian berapa, pokoknya ada!*promosi, hampir sama kayak pixellab cuma gak bisa nambah font dan lebih sederhana aja.






4. SomeWin




Aku tertarik sama dunia edit karena ada satu fanfic yang punya cover fancy dengan overlay kertas robek. Castnya juga mumpung bias ku (re : chanyeol ft. sehun). Beneran! Kalau kalian lihat pasti bakalan terpukau juga! Seindah itu covernya. Terus terbesit ide pengen buat gitu juga, tapi malah hancur dan ga rupa covernya, jadi aku nyerah buat.

(Tips nih, dari kasus ku tadi, dapat diambil kesimpulan, bahwa buatlah karya mu serumit mungkin, biar susah dijadiin bahan plagiat ㅋㅋㅋ)

Untuk alasan lain kayaknya biar aku gampang kalau pengen buat cover sendiri. Soalnya awal bikin cerita tuh cover ku buluk parah, belum lagi aku pake ukuran 1 : 1 ;")

Untuk inspirasi, tentu saja buat semua mastah yang bukunya sudah aku baca, terutama kak virga! cleirvoyance She's real queen! Thank you so much!! Aku sedih sampe mau nangis waktu kak virga namatin booknya, se amazing itu! Monggo di cek sendiri! Cocok bat lah buat yang mau mendalami graphic!






5. armymocha

Askot? Domisili?

Tentu saja di alis Dejun LMAO!*plak
Gadeng, askot ku mah di Gresik, Jawa Timur gan, jauh banget kan ya dari kalian kalian?:")

Pengen dapet temen se dom, tapi kayaknya jarang hnggg, so buat siapa aja yang ngerasa orang jawa atau jatim, sokin ngomong jowo sama saya, awokwok




6. -othernaa

Aku juga sering bertanya-tanya tentang ini sih teh, abisnya yang namanya insekyur tuh napa rutin amat kayak skincare harian, beuh

Belum lagi banyak banget kan cs ucul yang menggoda, kan jiwa insekyur ini makin ngadi ngadi.

Tapi setelah benerin cs lama sama buat yang baru, aku nemu caranya. Mau tau? Sini aku spill~

Anyway, aku gatau ini mempan apa nggak tapi ini cukup mempan untuk aku, caranya cukup liatin semua cover yang udah dibuat sambil nginget betapa bangganya waktu cover itu selesai, feeling nya tuh kayak, "DUDE I MAKE THIS!" Apalagi kalau cover dengan ide sendiri, waahh efeknya makin gede!

Coba inget perjuangannya waktu bikin, percaya sama aku, itu tuh bikin seneng banget! Jadi, intinya cuma liat semua karya yang dibuat lalu ingat fasenya.

Kalau nggak mempan, coba pikirin hal lain aja, bisa liat konten menarik di yutub atau baca cerita. Masih gak mempan? Ya gataww nDeRrr






Panjang banget aseliii, emang jean tuh apa aja dibawa panjang, jadinya gitu ajegileee.

Abis part ini ada konten kok tenanggg, C U NEXT TIME!








regrad,
jean

Continue Reading

You'll Also Like

20.7K 1.5K 2
"Ma... Bila tempatku berpijak tidaklah sejajar dengan saudaraku yang lain. Tolong jangan anggap aku gagal." _Lio
36.6K 1.4K 23
Sebuah cerita tentang kebinalan sosok Bian. Remaja awal SMA yang berparas tampan dan imut berkulit putih mulus yang selalu dapat menangkap mangsa par...
964K 88.6K 41
Olivia si gadis nakal dengan citra buruk di mata semua orang. Suatu hari, ia mengalami kecelakaan dan masuk ke dalam dunia novel sebagai tokoh figura...
2.8M 436K 50
your source of happiness