Kisah Tokoh Tokoh MAHABHARATA

By Mun4555

828K 8.9K 436

Penggalan kisah Mahabharata yang diambil dari berbagai sumber. Menitik beratkan pada penggambaran Tokoh tokoh... More

Prolog
BASUDEWA KRESNA
KISAH KRESNA & PANDAWA
PANDAWA
KURAWA
BISMA - Putra Gangga
RAJA SENTANU
SATYOWATI- Istri Raja Sentanu
CITRANGGADA & WICITRAWIRYA
AMBA, AMBIKA dan AMBALIKA
DRETARASTRA -yang terlahir buta
PANDU- Ayah Pandawa
WIDURA-Tokoh yang Bijaksana
GANDARI - Ibu Kurawa
KUNTI - Istri Pandu 1
MADRI - Istri Pandu 2
SANGKUNI - Tokoh Jahat dan Licik
DRONA - Guru Pandawa & Kurawa
DRUPADA-Raja Pancala
KARNA - Raja Angga
YUDISTIRA - Pandawa Pertama
DURYUDHANA - Kurawa Pertama
BIMA - Pandawa Kedua
DURSASANA - Kurawa Kedua
ARJUNA - Pandawa Ketiga
Kurawa Kurawa Lain
NAKULA - Pandawa Kembar
SADEWA - Pandawa Kembar
DURSALA - Kurawa Wanita
HIDIMBI - Raksasa Wanita
DRUPADI - Istri Pandawa
SRIKANDI - Wanita Tangguh
DRESTADYUMNA
VRUSHALI - Istri Karna
RUKMI & RUKMINI
SISUPALA
ASWATAMA
Part BONUS - Pertemuan Kunti dengan Karna
JAYADRATA
RADHA & ADIRATA - Orang Tua Angkat Karna
Extra Part - Semua dipertaruhkan
GATOTKACA Putra Bima
ABIMANYU - Putra Arjuna
BEGAWAN PARASURAMA
Putra - Putra Pandawa (PANCAWALA)
UTTARA & UTTARI
BALARAMA/BALADEWA
SALYA, RAJA MADRA
RESI BYASA

SUBADRA - Istri Arjuna

28.2K 296 34
By Mun4555

Subadra adalah adik tiri Krisna, lain ibu. Ia merupakan puteri bungsu raja Basudewa, dari isterinya yang bernama Rohini. Subhadra adalah inkarnasi dari YogMaya.

Subadra dilahirkan setelah kedua kakaknya, yaitu Kresna dan Baladewa, membebaskan Basudewa yang dikurung oleh Kamsa di penjara bawah tanah. Kemudian Ugrasena, ayah Kamsa diangkat menjadi raja di Mathura dan Subadra hidup sebagai putri bangsawan di kerajaan tersebut bersama dengan keluarganya.

Saat Arjuna menjalani masa pembuangannya karena tanpa sengaja mengganggu Yudistira yang sedang bermesraan dengan Drupadi, ia berkunjung ke Dwaraka, yaitu kediaman sepupunya yang bernama Kresna, karena ibu Arjuna (Kunti) bersaudara dengan ayah Kresna (Basudewa).

Di sana Arjuna bertemu dengan Subadra dan mengalami nuansa romantis bersamanya. Kresna pun mengetahui hal tersebut dan berharap Arjuna menikahi Subadra, demi yang terbaik bagi Subadra.

Pada saat itu status Arjuna adalah suami yang memiliki tiga istri, yaitu Drupadi, Citrānggadā, dan Ulupi. Maka pernikahannya dengan Subadra menjadikan Subadra sebagai istrinya yang keempat.

Subadra dan Arjuna memiliki seorang putra, bernama Abimanyu.

Ibu dari Abhimanyu ini merupakan seorang puteri anggun, menarik, lembut, tenang, setia dan patuh pada suami sehingga mampu membuka rasa cemburu Drupadi terhadap suaminya.

Pada serial Mahabharata ANTV diceritakan bahwa suatu hari Subadra berkunjung ke Hastinapura untuk mengunjungi bibinya yakni Kunti dan para sepupunya Pandawa. Saat itu Subadra bertemu pertama kali dengan Arjuna dan jatuh cinta kepadanya.

Pada Episode 67 Mahabharata ANTV, Subadra senang saat Arjuna akan masuk kamarnya. Namun sebelum menyuruhnya masuk, dia bentangkan banyak kain di lantai. Saat Arjuna masuk, Subadra mengusili dengan menyuruh Arjuna melangkahi kain-kain itu untuk mendekatinya. Arjuna tahu itu adalah balasan atas kejahilannya dulu. Ternyata Arjuna mendekati Subadra untuk mengetahui banyak hal tentang Krishna. Subhadra jadi sedih karena tadinya berpikir Arjuna tertarik untuk mengetahui banyak hal tentang dirinya.

Kunti datang memberitahu bahwa jalan menuju Dwaraka telah dikuasai oleh iblis bernama Kalyavan. Subadra menangis ketakutan. Akhirnya Kunti menyuruh Arjuna mengantar Subadra pulang.

Saat beristirahat Arjuna bertanya pada Subadra tentang kenapa Krisna harus kabur ke Mathura hanya untuk mengalahkan Jarasandha?

Subadra ngambek karena tidak suka tindakan abangnya diragukan. Jadi Subadra tidak ingin lagi ditemani oleh Arjuna. Ternyata saat Subhadra berjalan sendiri Kalyavan menculiknya. Mendengar teriakan Subhadra, Arjuna langsung bergegas menolong.

Saat Arjuna dan Subadra sama-sama tercebur ke sungai datanglah Krisna. Saat kakinya menginjak air terjun, sungai di bawahnya terbelah sehingga Arjuna & Subadra bisa berjalan keluar sungai.

Khusus cerita dalam Episode tersebut jalan cerita tidak ada dalam cerita aslinya. Dalam kitab Mahabharata Subadra tidak pernah datang ke Hastinapura, Arjuna juga tidak pernah mengantar Subadra pulang.

Jalan cerita Arjuna menikah dengan Subadra juga agak berbeda dengan aslinya. Dikisahkan saat Arjuna menjalani masa pembuangannya karena tanpa sengaja mengganggu Yudhistira yang sedang bermesraan dengan Drupadi, ia berkunjung ke Dwarawati.

Pada saat itu ketika ada upacara besar di tepi pantai Prabasa, di dekat kerajaan Dwarawati. Upacara tersebut adalah upacara penyucian diri yang dilaksanakan oleh kerajaan Dwarawati yang dipimpin oleh Kresna dan Baladewa.

Arjuna melihat Subadra ditempat tersebut dan mengatakan pada Kresna bahwa dia sangat mencintai adiknya Subadra. Maka Kresna pun menyuruh Arjuna untuk menyamar menjadi pendeta, dan datang ke kerajaan Dwarawati.

Disana Arjuna bertemu dengan Baladewa dan mengangkatnya menjadi guru untuk Subadra. Arjunapun tinggal bersama di dekat Subadra. Disinilah kisah cinta Arjuna dan Subadra berkembang kembali.

Atas petunjuk Kresna, Arjuna melarikan Subadra namun yang menjadi kusir kereta adalah Subadra.

Dipihak lain pangeran Duryudhana sedang bersiap-siap untuk pergi ke kerajaan Dwarawati untuk meminang Putri Subadra lengkap dengan barang-barang bawaan seperti emas, permata, kuda, dan yang lainnya untuk dipersembahkan kepada Baladewa yang merupakan kakak dan pelindung Subadra.

Duryudhana menikahi Subadra sebenarnya karena tujuan politis, yaitu untuk membuat persekutuan Wangsa Kuru (Hastina) dengan Wangsa Yadawa (Dwaraka). Keduanya merupakan wangsa terkuat di daerah Arya. Persekutuan itu akan bisa membuat Hastinapura semakin kuat dan berkuasa dan membuat Indraprasta, kerajaan baru besutan Pandawa yang dibenci Kurawa, nantinya tak akan berkutik.

Sesampainya di kerajaan Dwarawati, Duryudhana dan pengikutnya disambut oleh Baladewa, dan Baladewa sangat senang hatinya setelah diberikan harta benda sebagai mas kawin oleh Duryudhana. Namun ketika itu pula ada yang melaporkan bahwa Subadra dilarikan oleh Arjuna,dan Baladewapun marah dan ingin membunuh Arjuna. Kresna mencegat dan mengatakan bahwa Arjuna tidak bersalah dan mereka saling mencintai dan bahagia berdua, barulah Baladewa sadar dan merestui perkawinan mereka.

Para Kurawa dan petinggi Kerajaan Hastinapura dibuat menanggung malu yang sangat dalam. Mereka datang ke Dwaraka untuk menikahkan Duryudhana Sang Kurawa tertua sekaligus Putra Mahkota Hastina dengan Subadra, Putri Kerajaan Dwaraka. Akan tetapi, dihari pernikahan mempelai wanita malah dibawa lari Arjuna. Subadra memang lebih memilih Arjuna, seseorang yang membuatnya jatuh cinta di pandangan pertama, daripada menikahi Duryudhana yang sama sekali tak dicintainya.

Pada Episode 134, diceritakan bahwa Subadra & Arjuna telah sampai di luar wilayah Dwaraka. Arjuna akan mencari seorang brahmana untuk menikahkan dirinya dengan Subadra. Tetapi Subadra menolak menikah di tempat itu karena dia hanya mau menikah di altar yg telah didirikan oleh kakaknya.

Merekapun kembali ke Dwaraka ketempat altar pernikahan yang telah disiapkan oleh Krisna.

Kunti begitu bahagia bertemu Arjuna. Arjuna memastikan bahwa Indraprastha segera merdeka.

Kunti memberitahu putranya bahwa menurut Krisna hukuman Arjuna sudah selesai. "Jadi segeralah menikah lalu kembalilah ke Indraprastha untuk mengadakan rajsuya yajna."

Sementara itu di sekitar altar perkawinan masih terjadi perdebatan sengit pro dan kontra tindakan Arjuna dan Subadra. Krisna menilai perkawinan dua sejoli itu tak bisa dicegah karena mereka berdua saling mencintai meski harus melanggar tradisi. Cinta dinilai Krisna lebih tinggi dari tradisi. Sementara, pihak Hastina merasa tindakan mereka adalah pelanggaran tradisi, pelecehan mahaberat terhadap sebuah kerajaan.

Sengkuni mengingatkan Krishna bahwa tindakan Subadra dan Arjuna yang diyakini disetting oleh Krisna sudah keterlaluan dan bisa memicu peperangan. Sengkuni mengingatkan jika Hastina menyerang Dwaraka maka itu juga berarti tentara Indraprastha juga ikut serta sebab Indraprastha masih belum merdeka.

Destarastra yang kesal bukan kepalang karena pelecehan tersebut mengajak Gandari pulang. Duryudhana dan Karna mengikuti dengan bersungut-sungut, menahan amarah dan dendam.

Krishna lalu berkata pada Kunti untuk mau menyambut Arjuna dan Subadra setelah menikah. Kunti menjawab itu bukan haknya karena itu adalah haknya Maharaja dan Maharani (maksudnya Destarastra dan Gandari). Lalu, Krishna berkata pada Destarastra bahwa jika Arjuna tidak disambut oleh Hastina berarti Indraprastha sudah dianggap merdeka. Mendengar hal itu, mau tidak mau Destarastra dan Gandari batal pergi. Ia tak ingin Indraprasta merdeka dan menjadi kerajaan mandiri.

Akhirnya, dengan terpaksa Destarastra merestui Arjuna dan Subadra dan menyaksikan prosesi pernikahan mereka.

Arjuna dan Subadra lalu menyentuh kaki Destarastra, lalu Gandari. Destarastra dengan kesal berkata untuk penyambutan menantu baru tidak perlu pergi ke Hastina, langsung saja ke Indraprastha. Setelah itu mereka meninggalkan tempat pernikahan.

Saat Arjuna dan Subadra mau meminta restu ke Bisma dengan menyentuh kakinya, Bisma tidak mau merestui mereka karena Bisma menilai bahwa mereka melakukan adharma, sebuah perbuatan tercela dan juga telah menghina Dinasti Kuru

Saat Arjuna & Subadra minta restu pada Kunti, Sangkuni menceritakan Balarama/Baladewa bahwa saat menikahi Drupadi, Pandawa bersumpah hanya akan ada satu ratu di Indraprastha yaitu Drupadi. Jadi Subadra tidak bisa dibawa ke Indraprastha.

Balarama/Baladewa segera menegaskan dia tidak mau adiknya diperlakukan begitu. Jadi pilihannya antara Arjuna selamanya tinggal di Dwaraka atau Subadra harus dibawa ke Indraprastha. Arjuna memilih membawa Subadra ke Indraprastha.

Ketika Arjuna kembali ke Indraprasta, Drupadi marah besar karena Arjuna membawa istri barunya ke Indraprasta dan itu sangat melukai hatinya. Arjuna telah melanggar sumpah pernikahannya. Drupadi berkata Arjuna & istri barunya tidak berhak masuk ke kota.

Subadra pergi menemui Drupadi meminta agar Arjuna diampuni.Subadra meminta Dayang memberikan seruling (basuri) Krishna pada Drupadi yg sebenarnya berasal dari Subadra. Awalnya Subhadra membujuk dengan berkata "Kalau Arjuna tidak bisa memenuhi janjinya padamu, bagaimana dia menepati janjinya padaku?"

Drupadi makin marah karena suaminya dipersalahkan. Itu bukti Drupadi masih cinta pada Arjuna. Subadra mulai berbohong Arjuna menjanjikannya menjadi ratu di Indraprastha. Drupadi menanyakan apa Subadra ingin menjadi ratu? Subhadra menjawab tidak. Hal itu membuat Drupadi mengetahui Subadra berbohong.

Subadra berkata dengan polos bahwa Krishna mengajarinya jika dia jadi penyebab kebencian seseorang maka dia juga yg harus berusaha membuat orang itu memaafkannya. Subadra menyerahkan seruling Krishna dan Drupadi bersedia menerimanya. Dengan demikian kehadiran Subadra disisi Arjuna juga diterima oleh Drupadi.

Saat Pandawa kalah main dadu dengan Kurawa, mereka harus menjalani masa pembuangan selama dua belas tahun, ditambah masa penyamaran selama satu tahun. Subadra dan Abimanyu tinggal di Dwaraka sementara Arjuna mengasingkan diri di hutan. Pada masa-masa itu Abimanyu tumbuh menjadi pria yang gagah dan setara dengan ayahnya.

Ketika perang besar di Kurukshetra berkecamuk, para pria terjun ke peperangan sementara para wanita diam di rumah mereka. Abimanyu dan Arjuna turut serta ke medan laga dan meninggalkan Subadra di Dwaraka. Pada waktu itu umur Abimanyu 16 tahun.

Saat pertempuran berakhir, hanya Arjuna yang selamat sementara seluruh putranya yang turut berperang telah gugur, termasuk Abimanyu. Sebelum gugur, Abimanyu sudah menikah dengan Utari dan memiliki seorang putra bernama Parikesit. Parikesit kemudian menjadi raja Hastinapura menggantikan Yudistira, Kakeknya. Subadra menjadi penasihat serta guru bagi cucunya tersebut.

Continue Reading

You'll Also Like

495K 59.4K 49
Jenaka adalah seorang kutu buku yang tengah mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah. Jenaka tinggal bersama nenek buyutnya yang mengidap Dementia. Suatu ha...
53.9K 7.2K 23
[COMPLITE] Mau main selingkuh-selingkuhan? Tapi syaratnya gak boleh baper. TOTAL BAB: 1-21 Rank berkesan 1 in Sehunjisoo 2 in Eunsoo 1 in Hunsoo ©Sta...
242K 15.7K 42
TAMAT "Aku tidak bisa melepaskan mereka berdua. Kalian bisa menyebut aku serakah, tapi aku ingin memiliki mereka berdua" -Uchiha Sasuke "Siapa yang p...
BITTER TRUTH [END] By Angel

Historical Fiction

8.3M 1.1M 91
"Buktikan bahwa bukan kau yang meracuninya dengan pedang ini" ucap Duke Hevadal dengan wajah yang sedingin dinginnya pada putri kandungnya sendiri El...