The Differences Between Us (C...

Od Ayas_Ayuningtias

421K 46.1K 1.1K

[Pemenang Wattys 2023] [Pilihan Editor Wattpad pada Juni 2022] Waktu Cassandra dapat tawaran untuk membimbing... Více

Cuap-cuap
Satu - Kesempatan dalam Kesempitan
Dua - Air Tenang Menghanyutkan
Tiga - Badai Pasti Berlalu?
Empat - Mulutmu, Harimaumu
Lima - Bagai Kena Buah Malaka
Enam - Bagai Orang Kena Miang
Tujuh - Bumi Berputar, Zaman Beredar
Delapan - Bermain Air Basah, Bermain Api Lecur
Sembilan - Nasi Telah Jadi Bubur
Sepuluh - Diam Seribu Bahasa
Sebelas - Seperti Pikat Kehilangan Mata
Dua Belas - Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing
Tiga Belas - Ada Nasi Di Balik Kerak
Empat Belas - Air Dalam Terenang
Lima Belas - Belum Mengajun Sudah Tertarung
Enam Belas - Angin Bersiru, Ombak Bersabung
Tujuh Belas - Duduk Sama Rendah, Tegak (berdiri) Sama Tinggi
Delapan Belas - Rambut Sama Hitam, Hati Masing-masing
Sembilan Belas - Akal Tak Sekali Tiba
Dua Puluh - Cencaru Makan Pedang
Dua Puluh Satu - Terkalang Di Mata, Terasa Di Hati
Dua Puluh Dua - Pandang Jauh Dilayangkan, Pandang Dekat Ditukikkan
Dua Puluh Tiga - Malang Tak Boleh Ditolak, Mujur Tak Bisa Diraih
Dua Puluh Empat - Pikir Itu Pelita Hati
Dua Puluh Lima - Kaki Naik Kepala Turun
Dua Puluh Enam - Elok Lenggang Di Tempat Datar
Dua Puluh Tujuh - Seperti Cacing Kepanasan
Dua Puluh Delapan - Angguk Bukan, Geleng Ia
Tiga Puluh - Usang Dibarui, Lapuk Dikajangi
Tiga Puluh Satu - Ikhtiar Menjalani Untung Menyudahi

Dua Puluh Sembilan - Tak Boleh Bertemu Roma

8.8K 1.1K 38
Od Ayas_Ayuningtias

"Kenapa sih masalah selalu datang di saat yang tidak tepat?" - Pembimbing Anak Magang yang sedang menyesal.

Hari ini manajemen mengeluarkan pengumuman bahwa kantor kami akan memberlakukan working from home minggu depan. Ai sempat mampir sebelum kembali membantu tim IT Support untuk mengecek kesiapan peralatan. Dia mengeluh karena beberapa laptop karyawan ternyata tidak memiliki firewall dan rentan di retas. Laptopku sendiri sudah ditingkatkan fungsinya oleh Ai supaya bisa bekerja maksimal dan lebih aman dengan firewall serta anti virus terbaru.

Mamet sudah selesai membantu divisi lain dan saat ini sedang menyortir dokumen. Masa bekerja dari rumah yang diberlakukan adalah dua minggu sambil melihat situasi dan kondisi. Namun kami berjaga-jaga atas semua kemungkinan. Tugas Mamet adalah membuat salinan dokumen hardcopy dan menyimpannya di server yang bisa diakses bersama-sama.

"Semua sudah di cloud ya, Kak. Seenggaknya kita masih bisa melihat dokumen secara meskipun dari rumah." Mamet meluruskan kaki dan menyenderkan punggung.

DJ masuk beberapa menit kemudian. Terlihat sama lelahnya dengan Mamet, dia seperti zombie yang kekurangan makanan. DJ habis membantu tim gudang untuk menyusun barang dan produk. Jangan bayangkan gudang perusahaan kami seperti gudang kecil di rumah. Ukurannya hampir separuh lapangan bola. Itu sebabnya mereka butuh banyak bantuan tenaga.

"Gue butuh kafein." DJ mengacak rambutnya yang hari ini berantakan lalu bergegas ke pantry.

"Kak, kenapa kemarin pindah?" tanya Mamet yang kali ini mulai merapikan meja.

"Kamu sehat, Met?" Aku tidak mendengar pertanyaan Mamet dan malah terpana melihat anak itu.

Meja Mamet adalah tempat paling berantakan di kantor ini. Seolah-olah setiap hari diterjang tornado, barang-barangnya berserakan di mana-mana. Aku selalu takut mendekati meja anak itu, kalau-kalau ada binatang bersembunyi di bawah tumpukan kertas dan barang.

Cleaning Service sebenarnya membantu mengelap meja, tetapi mereka tidak berani memindahkan kertas dan barang karena Mamet selalu marah jika benda-bendanya bergeser. Aneh tetapi ajaib, meskipun berantakan, dia hafal lokasi barang-barangnya. Kecuali tentu saja beberapa dokumen yang menurutnya hilang.

"Sehat, dong. Astaga! Ini dia dokumen yang aku cari!" Berseru kegirangan anak itu saat melihat dokumen kontrak magangnya.

"Kamu sempat kehilangan dokumen itu?" tanyaku heran.

"Ternyata ada di bawah tumpukan ini." Cengiran lebar terlihat di wajah anak itu. Tetapi itu tidak lama ketika ada sesuatu yang merangkak keluar dari bawah timbunan kertasnya.

"Kecoakkk! Mamaaa!" Jeritan Mamet membahana sampai aku terlonjak.

Aku tidak mampu bergerak. Kecoak adalah hewan yang paling kutakuti. Dulu sekali saat aku masih kecil, Kak Ola mengajakku bermain petak umpet. Aku selalu kalah dari Kak Ola karena tidak pandai mencari tempat persembunyian. Hari itu aku berhasil mendapat tempat persembunyian hebat. Di bawah semak-semak samping gudang tetangga.

Saat itu aku tertawa tanpa suara penuh kemenangan. Kak Ola tidak akan bisa mencariku sampai sini. Tawaku langsung terhenti saat ada beberapa hewan cokelat yang melintas di dinding gudang, dekat sekali dari tempatku bersembunyi.

Tiba-tiba saja hewan itu mengepakkan sayapnya dan terbang tepat ke wajahku. Aku takut sekali hewan itu masuk ke dalam tenggorok jadi aku berlari sambil memejamkan mata, menabrak apa saja yang ada di hadapanku. Puncaknya adalah aku menabrak pohon lalu pingsan sementara kecoak itu terbang entah ke mana. Sejak itu aku selalu ketakutan jika melihat kecoak.

Ketika Mamet berlari tunggang langgang menjauh dari kecoak, aku hanya bisa terdiam terpaku. Tidak tahu harus berbuat apa. Aku ketakutan sekali sampai rasanya ingin menangis. Waktu berjalan begitu lambat. Hewan di meja Mamet merangkak keluar, mengepakkan sayap dan terbang lurus ke arahku yang langsung memejamkan mata dan menutup mulut.

Terdengar suara benda dipukul dan selama beberapa detik semuanya hening. Aku masih belum berani membuka mata. Bagaimana kalau kecoak itu masih ada dan langsung hinggap di wajahku saat membuka mata?

"Cassie? Lo nggak apa-apa?" Suara itu terdengar khawatir.

"Hmm ...." Aku masih tidak berani membuka mata, gemetaran dan tidak mampu bicara.

"Met, minta tolong beresin ini. Gue bawa Cassie dulu." Seseorang membawaku pergi.

"Lo bisa buka mata, Cassie." Suara itu lembut menenangkan.

Kubuka mata perlahan dan menatap Baron yang sedang memandang dengan khawatir. Dia berdiri, mencuci tangan sebelum membuatkan secangkir teh panas. Beberapa kali matanya melirikku.

"Lo takut sama kecoak, Cass?" tanya Baron lembut setelah menyuruhku menghirup teh. Aku hanya bisa mengangguk dengan mata berkaca-kaca.

"Jangan ketawa," bisikku.

"Akhirnya gue punya rahasia lo juga." Baron tersenyum penuh kemenangan sementara aku hanya bisa tersenyum masam.

"Lo kok bisa ada di situ?" tanyaku heran. Jantungku sudah berhenti berdebar ketakutan.

"Gue lagi mau ke pantry pas Mamet jerit-jerit keluar ruangan. Itu anak berisik banget." Baron menggeleng-geleng saat teringat Mamet yang menjerit sambil lari tunggang langgang meninggalkanku ketakutan.

Sepuluh menit kemudian, aku berjalan kembali menuju ruangan. Meja Mamet sudah bersih. Seorang cleaning service membantu untuk mengelap setiap jengkal meja anak itu sampai bersih.

"Kalau masih kotor, buang saja sekalian anak ini, Mbak," kata DJ pada petugas cleaning service sambil mendelik pada Mamet.

"Lo gitu banget sih," kata Mamet memelas.

"Lagian jorok, sih! Lo nggak liat tadi Kak Cassie sampai nyaris ngompol karena ketakutan. Terus hampir separuh karyawan datang ke sini karena lo teriak-teriak. Teh yang gue bawa sampai tumpah gara-gara lo tabrak." DJ terus mengomel. Aku baru melihat kalau kemeja DJ memang sedikit basah. Untungnya dia memakai kemeja hitam.

"Maaf, Kak." Kali ini Mamet berpaling ke arahku.

Aku hanya melambaikan tangan lalu duduk dengan hati-hati sambil menoleh kanan kiri. Tidak mau mengambil resiko bertemu dengan kecoak lagi di ruangan ini.

"Tadi kenapa Kakak nggak teriak?" tanya DJ yang sedang menekan-nekan kemeja basahnya dengan tisu.

"Aku takut kalau teriak kecoaknya masuk mulut," jawabku pelan. Ruangan langsung sunyi.

Beberapa detik kemudian, Mamet tertawa disusul oleh DJ. Mereka berdua terbahak sementara Baron memalingkan wajah. Tahulah aku kalau mereka sebenarnya menahan tawa selama ini.

"Kak Cassie tadi lucu banget. Mulut sama matanya ditutup rapat-rapat." Cengiran khas DJ yang jarang terlihat, rasanya sekarang dijual murah.

Wajahku memerah karena kesal bercampur malu. Baron yang tadi menolong ternyata juga menertawaiku. Entah mengapa hal itu membuatku semakin kesal tetapi tidak bisa berkata apa-apa.

"Stop! Oke?" Akhirnya setelah lima menit, aku tidak tahan lagi untuk menghentikan tawa mereka. Tepat saat itu Ai masuk. Gadis itu bertanya apa yang terjadi dan Mamet dengan senang hati mengulang ceritanya.

"Sekarang Kak Baron nemuin satu kelemahan Kak Cassie. Soalnya kalau kaku itu bukan kelemahan, tapi kelebihan. Kelebihan dijemur jadi kaku kaya kanebo kering," tawa Ai. Wajahku semakin terlipat ketika mereka kembali tertawa.

"Kaya Baron nggak punya kelemahan saja," cibirku masih kesal.

"Nggak mungkin! Selama kami di sini Kak Baron itu nggak punya kelemahan," bela Mamet.

Pembelaan Mamet membuatku kesal. Mereka mulai membahas semua kelebihan Baron sampai aku marah apalagi ketika laki-laki itu mengulum senyum sambil melirikku seolah mengejek.

"Dia punya kelemahan juga." Ucapanku membuat ketiga anak magang menoleh bersamaan.

"Nggak ada!" tukas Ai.

"Kalau visual dyslexia bukan kelemahan terus itu apa?" tantangku. Ruangan seketika sunyi. Ketiga anak magang itu memandangku dan Baron yang sekarang melipat tangan di dadanya.

"Bohong!" Kali ini Mamet yang berseru. Aku hanya mengangkat bahu sementara Baron tersenyum kecil.

"Itu benar! Aku memang memiliki visual dyslexia. Ini adalah bolpoin yang bisa merekam. Kalau-kalau ada rapat yang mendadak harus dihadiri dan kondisiku tidak memungkinkan untuk membaca semua huruf." Baron masih saja berkata tenang sambil menunjuk bolpoin yang selalu dia bawa, seolah tidak terpengaruh dengan tatapan terkejut para anak magang.

Ada sesuatu yang tidak nyaman dalam dadaku ketika mendengar Baron menjelaskan tanpa terintimidasi. Dia bahkan tersenyum meskipun tidak secerah biasanya. Ai tiba-tiba saja menoleh ke arahku. Matanya kali ini berkilat-kilat.

"Kakak jahat! Hal seperti itu seharusnya nggak diumbar begitu saja!" seru gadis berpipi merah itu.

"Kak Baron nggak ngomong apa-apa tapi kakak langsung bicara tentang itu." Ai tampak ingin menangis.

"Aku nggak ada masalah, kok," ujar Baron. Matanya berkeliling menatap semua anak magang.

"Diskleksia itu bukan aib," katanya lagi.

"Tapi Kak Cassie nggak boleh seperti itu. Kaya nggak punya integritas saja. Kalian katanya bersaing secara sehat, tapi kok kaya gini?" Ai terlihat sangat marah padaku. Wajahnya sampai merah padam.

Rasa tidak nyaman yang kurasakan semakin membumbung. Suasana ruang kerja yang tadi penuh tawa kini mendadak mencekam. Ucapan Ai diikuti anggukan Mamet dan DJ yang juga memandangku dengan tatapan meremehkan. Ini seperti mundur ke titik nol di mana Baron selalu berkata kalau aku tidak memiliki kompetensi sebagai asisten manajer.

***

Catatan Peribahasa:

Tak boleh bertemu roma = Selalu berselisih (bertengkar)

Pokračovat ve čtení

Mohlo by se ti líbit

16.9K 2.4K 54
Kata semesta, kita adalah pengejar senja. Penggila warna kuning keemasan yang menggantung di sayap barat sejak saat pertama kali kita dipertemukan. ㅡ...
10.1K 2.3K 52
[COMPLETED] Semuanya berawal dari bunga mawar imitasi yang gue temuin dalam laci meja di Senin pagi kala itu. Bunga dari cowok yang gue lihat di perp...
571K 54.6K 123
Gadis Sekarwangi, tidak pernah menyangka jika rumahtangga yang ia bangun bersama suaminya, Pradipta harus berakhir ditengah jalan karena sang suami k...
2.3M 12.7K 26
Menceritakan kehidupan seorang lelaki yg bernama Nathan. dia dikenal sebagai anak baik yg tidak pernah neko neko dan sangat sayang pada keluarganya...