Barang

5 0 0
                                    

Disini aku akan kasih tau barang-barang apa aja yang harus kalin bawa untuk mendaki.
Let's check this out!

1. Carier/backpack
Carier/caril ini barang yang penting banget dan ga mungkin lupa gaes.. Fungsinya kayak tas buat ngangkut barang-barangmu. Pastikan carier atau backpack kamu disertai raincover ya, kalau gak ada biasanya aku pinjem atau rental. Untuk cariernya aku biasanya pakai yang 60l.

2. Sleeping bag
Sleeping bag ini ada banyak jenisnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. Biasanya nih ada yang ukurannya gede makan tempat, berat, tapi anget, ada juga yang tipis, kecil, tapi nggak bisa buat menjaga suhu tubuh. Tapi ada juga yang bikin anget dan enteng. So pasti kan kalian harus nemu tuh yang cocok buat kalian.

3. Matras
Matras ini biasanya bisa dijadiin alas tidur biar nambahin anget, atau paling gak aku jadiin alas duduk biar celana kita nggak kotor.

4. Jas hujan/mantol
Ini dia barang terpenting buat kalian yang mau mendaki pas musim hujan. Ini adalah penyelamat kita untuk tidak kebasahan dan bisa juga untuk ngelindungin carier atau backpak kamu kalau tidak ada raincovernya.

5. Nesting dan alat makan
Nesting ini bentuknya kayak rengkot gitu, tapi ada yang kotak ada yang bunder. Nesting itu gunanya untuk mengolah logistik kalian. Jadi kalian yang suka masak-masak digunung ini wajib dibawa ya. Nesting ini bisa buat masak pake minyak goreng dipake ngerebus juga bisa. Dan jangan lupa alat makannya ya gaes.

6. Kompor portable + gas
Ini juga wajib dibawa, kalau kita mau masak cuma ada nesting kan gak guna. Jadi kompor portable ini gampang buat dipakainya. Jangan lupa kalau bawa kompor ini harus bawa gasnya juga, pokoknya kompor, gas, sama nesting itu udah sepaket.

7. Bahan makanan/logistik
Kita gak mau kelaperan dong kalau digunung, nah makanya jangan lupa bawa bahan makanan. Logistik ini disesuaikan dengan keadaan kalian ya guys. Logistik ini dibagi menjadi dua, yaitu yang pertama logistik perjalanan yang biasanya tu manis-manis dan sifatnya menunda lapar, dan yang kedua logistik makan yang isinya buat makan berat kayak beras, sarden, mi, sayur. Dan jangan lupa kalian bawa air minum!

8. Jaket
Buat kalian yang gak tahan dinging ini wajib banget kalim bawa, jangan sampai kalian lupa bawa dan terkena hipotermia.

9. Pakaian ganti
Kalau lagi musim hujan, pakaian ganti ini berguna banget. Mungkin saat itu kalian udah basah banget trus kedinginan, kalian bisa ganti baju biar gak kedinginan lagi. Atau mungkin baju kalian sedang kotor parah dan udah bisa tuh diganti.

10. P3K
Nahh buat kalian jangan lupa bawa ini dan juga bawa obat-obat pribadi kalian. Ini adalah penyelamat kita, karena ini tu penting, kalau sampai kalian nggak bawa itu vatal sih.

11. Senter
Ini berguna banget pas dimalam hari kita lagi tracking, karena digunung mana mungkin ada penerangan di jalannya. Untuk lebih efisien dari senter, kadang alat penerangannya diganti headlamp.

12. Tenda/dum
Jangan lupa bawa tenda ya gaes, kalo ga kalian mau tidur dimana. Tenda ini kapasitasnya da macam-macam disesuaikan sama anggota mendaki kalian.

13. Flysheet
Kalo kalian ga bawa tenda, kalian bisa nih bikin bivak pake flysheet. Flysheet ini juga bisa buat ngehalau angin.

"Apapun barang yang kalian bawa, sekecil apa pun itu, pasti akan berguna"
Tapi guys inget, ga semua barang harus dibawa juga, pasti ada manajemen barangnya. Jangan sampe kalian bawa banyak barang sampe ga kuat bawanya malah ngerepotin orang lain.

Serba-serbi mendaki gunungМесто, где живут истории. Откройте их для себя