Book Publishing 101-by: Shienny MS--pengarang Ther Melian saga

13.7K 474 24
                                    

Hey! Akhirnya setelah hampir seharian penuh nunggu, saya dapet izin juga buat ngopas (copy-paste) Tips-tips penerbitan buku dari kak Shienny MS--ingat ini adalah milik kak Shienny, saya hanya memindahkannya ke sini--sudah minta izin lho.
klo blom ada yang kenal, silahkan cari di gramed bukunya--klo blom abis--kemarin saya kehabisan buku 1-2nya sampe mo nangis bombay *lebay'*--untungnya bisa beli langsung sama kak Shienny tapi ahahah.

Hmmm ... apa saya harus ngenalin soal kak Shienny dulu?

Ok, Kak Shienny MS, adalah pengarang dari novel fantasi best seller Indonesia yang berjudul Ther Melian (completed series--4 books in total). 4 Novel ini mendapat rata-rata 3,26 bintang (satu bukunya mendobrak rating 4 out of 5 stars) goodreads, which means, semua bukunya adalah buku-buku yang highly recomended.

Well, saya gak akan bahas banyak-banyak soal kak Shienny, tapi dengan baik hati kak Shienny membagikan pengalaman beliau dalam menerbitkan buku-bukunya, dan setelah meminta izin saya akhirnya boleh mengeposkannya di wattpad. So here, goes, Book Publishing 101 by: Shienny MS, proud author of Ther Melian series.

================================
This is what kak Shienny wrote in her blog: http://shiennyms.wordpress.com 

Saya mendapat banyak email yang menanyakan tentang gimana cara menerbitkan buku, mulai entry ini saia akan bahas tentang Book Publishing atau industri penerbitan di Indonesia.

Kalo udah ngomongin penerbitan nih, topik bahasannya bisa jadi panjang. Jadi supaya enak bacanya saia akan split dalam beberapa bagian ya.

Nah, untuk bagian pertama saia akan bahas dulu perbedaan mendasar antaraSelf / Indie Publishing dengan Major Publishing House.

Kenapa saia bahas ini, karena salah satu pertanyaan yang pa~ling sering saia dapat adalah. "Untuk menerbitkan buku perlu biaya nggak sih?"

Untuk menjawabnya kita perlu tahu dulu bahwa ada dua cara yang bisa ditempuh untuk nerbitin buku. Yaitu melalui Self Publishing atau Major Publication House.

Self Publishing

Dari namanya kayaknya udah jelas kan... Self Publishing atau kadang disebut indie publishing adalah saat penulis menerbitkan sendiri buku karyanya melalui penerbit pribadi miliknya sendiri. Hal ini pernah dilakukan salah satu komikus Indonesia Is Yuniarto saat menerbitkan karya komiknya Knights of Apocalypse

Jadi semua proses penerbitan buku mulai editing, pra-cetak, cetak, distribusi, promosi dan penjualan semua dilakukan sendiri oleh penulis. Tentunya semua proses itu butuh biaya.  Yang namanya cetak itu dimana-mana kan pasti bayar, bahkan jika kalian hanya memfotokopi dan menjual karya kalian ke teman-teman dekat atau di bazaar sekolah itu juga butuh biaya, kan?

Nah kalo teman-teman memilih jalur ini, maka jawaban atas pertanyaan tadi adalah YA! Kalian harus mengeluarkan biaya. Biaya yang dikeluarkan bisa bervariasi tergantung besarnya jumlah dan kualitas cetak yang kalian inginkan. Kalau kalian ingin buku kalian berkualitas sebaik buku-buku yang  terpajang di toko buku. Maka kalian harus menyiapkan biaya yang nggak bisa dibilang sedikit.

Keuntungannya apabila memilih proses ini, penulis memiliki kendali penuh atas proses kreatif dan produksi buku mereka. Seluruh profit hasil penjualan akan menjadi hak penulis.

Nah bagaimana dengan penulis yang memilih menerbitkan buku melalui Major Publication House? Kita akan bahas sekarang.

Major Publication House

Ok, kalo menerbitkan secara indie tadi kan, penulis harus siap rogoh kocek dalam jumlah besar. Gimana kalo kocek lagi kering? Maka jawabannya adalah,terbitkan bukumu lewat penerbit-penerbit besar yang sudah ada.

Tips-tips kepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang