Unta Yang Rewel

49 8 0
                                    

Khawat bin Jubair dikenal sebagai seorang laki laki yang genit karena suka berkumpul dengan para wanita.Meskipun itu tidak berbahaya,namun perbuatan itu kurang sesuai dengan ajaran islam yang diajarkan Rasulullah Saw.
Suatu saat di suatu lokasi dekat dengan Makkah,ketika keluar dsri tendanya,Khawat bin Jubair melihat sekelompok wanita yang sedang bercakap cakap.Maka ia pun kembali masuk tenda untuk memakai jubah dan kemudian duduk bersama wanita wanita itu.
Tanpa disangka,Rasulullah Saw. Tiba tiba datang dan menegurnya.
" wahai abu Abdullah, sedang apakah kau bersama para wanita itu?"
Khawat kaget dan sangat ketakutan mendengar teguran rasulullah saw. ia pun mencari-cari alasan agar tidak kena marah beliau

" aku sedang mencari tali untuk unta ku yang rewel ya rasulallah" jawabnya gugup.
Rasulullah Saw. Pun berlalu untuk meneruskan keperluan beliau.Tetapi,tidak lama kemudian,beliau datang lagi dan mendekati Khawat.
"Ya Abu Abdullah,semoga keselamatan atas mu.Apa yang dilakukan oleh untamu yang rewel?"kata Rasulullah Saw. Keoada Khawat.
Khawat hanya diam karena diliputi rasa malu.Setelah kejadian itu,Khawat selalu menghindari rasulullah saw.sampai suatu ketika,ia sholat di masjid.Melihat Khawat tengah sholat,Rasululah Saw.sengaja duduk di dekat tempat sholat Khawat.
Khawat pun merasa grogi melihat Rasulullah Saw. Telah menungu dekatnya.Untuk menghindari teguran,Khawat sengaja memanjangkan sholatnya dengan harapan agar beliau segera pergi dan meninggalkannya.Namun Rasulullah Saw. Mengetahui akal Khawat itu.
"Terserah seberapa lama kamu sholat ya Abu Abdullah,tapi aku tidak akan pergi sebelum kamu selesai."kata Rosululloh kepada Khawat yang masih sholat.
Mendengar teguran itu, Khawat pun mulai menyerah.
"Lebih baik aku memohon maaf dan meminta kelspangan dada beliau,"katanya dalam hati. Sebentar kemudian dia mengucapkan salam dan Rasulullah Saw. Menjawab salamnya.
" semoga keselamatan atas mu abu abdullah apa yang sedang dilakukan oleh unta mu yang rewel?" Kata rasulullah saw.lagi
" demi Allah!ah sebenarnya unta ku tidak pernah rewel ya Rasulullah " jawab khawat mengakui kesalahannya.
" semoga allah swt mengasihi mu" doa rasulullah saw. kepada khawat sambil tersenyum ( HR.at-Tabrani)

Rasul Pun Bercanda LhoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang