apakah memakai hijab hukumnya wajib bagi wanita?

11 2 0
                                    


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

di masa yang semakin canggih ini dan penuh godaan.banyak pertanyaan seputar islam.salah satunya adalah hijab. di era yang modern ini hijab semakin menunjukan eksistensinya. banyak hijab yang bermodel yang cocok untuk anak muda tetapi sopan. namun banyak pertanyaan apakah hijab wajib digunakan oleh wanita muslim?. pertanyaan itu pasti perlu dijawab.

dari pengertian hijab sendiri sebenarnya bukan apa yang biasa wanita pakai di kepala tetapi tata cara berpakaian yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat agama islam.sedangkan yang biasa dipakai wanita di kepalanya ada berbagai macam seperti jilbab,kerudung,nirqab,khimar dan burqa.

Kita kembali ke permasalahan.apakah hijab diwajibkan?pertanyaan ini simpel tetapi memiliki makna yang luas.hijab sebenarnya merupakan sunah,akan tetapi karena hijab atau jilbab digunakan untuk menutup aurat sehingga diwajibkan bagi setiap wanita muslim untuk berhijab.seperti dijelaskan dalam surah al ahzab ayat 59 :


يَٰٓـأَيـُّهَا ٱلنَّبِيُّ قـُل لـِّأَزۡوَٰجِكَ وَبَنـَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلۡـمُؤۡمِنِينَ يُدْنِينَ عَلـَيۡهـِنَّ مِن جَلَٰبـِيبـِهـِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنـَىٰٓ أَن يُعۡرَفۡنَ فـَلـَا يُؤذيۡنَ ۗ وَكـَانَ اللهُ غـَفـُورًا رَّحِيمًا (الأحزاب : ٥٩

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Dalam surah tersebut dijelaskan bahwa para wanita dianjurkan untuk memakai jilbab.karena hal tersebut bermanfaat agar wanita muslim semakin cantik dan juga terhindar dari gangguan karena pakaian yang tertutup.dalam memakai hijab sebenarnya tidak ada paksaan.memakai jilbab harus sesuai dengan hati nurani, jangan Cuma ikut-ikutan atau tren,tetapi di hatinya tidak ikhlas. Namun adanya hal tersebut jangan menjadi alasan agar wanita tidak memakai jilbab. Seorang wanita harus ikhlas dalam memakai jilbab agar jilbab tersebut memberi manfaat yang baik.dan memakai jilbab merupakan tindakan menutup aurat .seperti dijelaskan dalam surah an-Nur ayat 31 :


وَقـُل لـِّلۡمُؤۡمِنَٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ أَبۡصَٰرِهِنَّ وَيَحۡـفـَظۡنَ فـُرُوجَهُنَّ وَلـَا يُبۡـدِينَ زِينَتـَهُنَّ إِلـَّا مَا ظـَهَرَ مِنۡهَا ۖ وَلۡـيَضۡرِبۡنَ بـِخُمُرِهـِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهـِنَّ ۖ ... (النور : 31)

Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, 'Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (QS. an-Nur [24]: 31).

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa memakai hijab atau jilbab diwajibkan bagi wanita muslimah,karena jilbab dapat menutup aurat wanita serta jilbab dapat mempercantik diri wanita serta menghindarkan dirinya dari kejahatan dan gangguan manusia.

Demikian yang dapat saya sampaikan,jika ada tutur kata atau bagian yang kurang lengkap saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.semoga bermanfaat.jika ada pertanyaan,saran,atau kritik bisa coment ya.jangan lupa baca dan dukung

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Mar 18, 2018 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

islamic smart solutionWhere stories live. Discover now