Sebutan Yang Sering Salah Kira

7.4K 941 221
                                    

Balik ke judul~ aku ingin membahas beberapa panggilan atau lebih tepatnya sebutan yang sebenernya disalahartikan dan sering sekali ditulis di dalam profil/bio/deskripsi kebanyakan penulis di Wattpad.

Ada 3 kata, yaitu:

1. Newbie

2. Amatir

3. Profesional

Nah, sebenernya apa sih arti ketiga kata di atas?

1. Newbie/Pemula

Dari artinya sebenernya sudah cukup jelas bahwa yang dimaksud sebagai "newbies" adalah orang-orang yang baru saja memulai sesuatu dan di Wattpad newbie ini ada tiga tipe:

TIPE A: Newbie Wattpad

TIPE B: Newbie Author

TIPE C: Keduanya

Apa bedanya? Tipe A itu orang-orang yang baru join ke Wattpad dan dia bingung cara mulainya, jarang kenal user lain, tidak begitu mengerti peraturan (guidelines, conduct, spam, promotion enggak paham blas) juga tidak tahu beberapa fitur yang ada di Wattpad.

Sedangkan Tipe B adalah orang-orang yang sudah cukup lama bermain di Wattpad (sebagai pembaca biasanya) tapi baru saja mencoba menulis, agak asing dengan fitur-fitur di dalam draft, belum ngeh cara editing apalagi ngerti EBI dan PUEBI. Its okay gengs, aku juga pernah di sini. Semua orang berproses~

Terakhir tipe C, ini yang paling susah, baru mulai menulis dan baru mulai tahu/pakai Wattpad.

Beda toh ama amatir?

B E D A.

2. Well, amatir sendiri memiliki arti kegiatan yang dilakukan karena hobi/kesenangan dan bukan untuk mencari nafkah/menghasilkan uang.

Jadi penulis amatir berarti penulis yang menulis karena hobi dan bukan untuk mendapatkan uang. Mereka (penulis amatir) beda dengan newbie, sebab mereka ini rangenya luas: baru mencoba nulis karena hobi masuk, udah bertahun-tahun menulis masuk, udah pinter tentang EBI pun juga masuk penulis amatir.

Jangan salah mengartikan penulis amatir itu penulis yang enggak tahu apa-apa. Penulis amatir usia 10 minggu dengan penulis amatir usia 5 tahun, jika mereka bukan menulis untuk bekerja (bukan pekerjaan mereka) atau bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. SAMA. Sebutannya tetap penulis amatir.

Makanya aku paling kurang suka kalau ada orang yang meminta saran atau kritik tetapi menyanggah bahwa dia hanyalah amatiran atau menggunakan kata "amatir" supaya dia tidak perlu repot-repot revisi atau malah untuk balik menyerang pembaca yang berkomentar tentang penulisan ceritanya.

Lebih baik bilang belum mahir daripada begitu. Toh, kita bisa belajar sama-sama, karena penulis amatir bisa jadi orang-orang yang sangat cinta menulis dan paham betul caranya.

LANJUT

Jadi apa itu PRO?

3. Profesional

profesional/pro·fe·si·o·nal/ /profésional/ a 1 bersangkutan dengan profesi; 2 memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya: ia seorang juru masak --; 3 mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir): pertandingan tinju --

Kita ambil contoh di penulis saja ya~ 

Penulis profesional adalah penulis-penulis yang memang berkerja untuk menulis sesuatu karena memang itu pekerjaan (profesi) mereka.

Mereka mencari nafkah dari hasil tulisan mereka dengan menjualnya (naskah atau jasa) dan mereka telah paham serta pandai betul tentang bidangnya (sudah mengerti semuanya dengan sangat baik--bisa dari latar pendidikannya atau latar pengalamannya yang luar biasa--sehingga mereka pantas/layak dipekerjakan dan dibeli karya-karyanya).

Intinya sih

Mengenal caranya menulis belum bisa dibilang PRO.

Orang yang menulisnya berantakan bukan berarti amatir.

Lalu, newbie di Wattpad bukan cuma panggilan untuk yang baru gabung aja, tetapi bisa juga untuk penulis (mantan pembaca setia)  yang baru mencoba menulis di Wattpad.

Tambahan dari elisabethbyun bahwa newbie Wattpad juga bisa diartikan sebagai:

Tambahan dari elisabethbyun bahwa newbie Wattpad juga bisa diartikan sebagai:

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sekian dan terima kasih kunjungannya.

Semoga betah!

Shynt_
21/11/2018
Repost
Yogyakarta, Indonesia

Tips Cinta dan Sayang Untuk Para Pengguna WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang