<> Dasar Penyakit Muskuloskeletal

1.5K 13 0
                                    

 MACAM - MACAM PENYAKIT PADA GANGGUAN SISTEM MUSCULOSKELETAL:

1. Osteoporosis
Osteoporosis adalah suatu kondisi tulang yang melemah, dan lebih mungkin untuk tulang patah. Karena tidak ada gejala, Anda mungkin tidak tahu tulang Anda semakin lemah sehingga Anda mematahkan tulang! 'Osteoporosis' secara harfiah berarti 'tulang keropos' dan sering disebut sebagai 'penyakit tulang rapuh' dalam peningkatan risiko patah tulang dari pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. 

 

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.



2. Osteomalacia
Osteomalasia adalah penyakit metabolisme tulang yang dikarakteristikkan oleh kurangnya mineral dari tulang (menyerupai penyakit yang menyerang anak-anak yang disebut rickets) pada orang dewasa, osteomalasia berlangsung kronis dan terjadi deformitas skeletal, terjadi tidak separah dengan yang menyerang anak-anak karena pada orang dewasa pertumbuhan tulang sudah lengkap (komplit). ( Smeltzer. 2001: 2339 )

{+] Osteomalasia adalah kelainan pada yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh sehingga tulang mudah mengalami . Kerapuhan tulang merupakan akibat dari penurunan asupan atau efek samping . Osteomalasia memiliki kemiripan dengan dalam hal menyebabkan tulang rapuh, namun keduanya dapat dibedakan berdasarkan penyebab dan ciri-ciri penderitanya.

Kekurangan vitamin D, fosfat, dan kalsium. Penyebab utama terjadinya osteomalasia adalah kurangnya asupan vitamin D dan ketiga merupakan zat utama yang mendukung kepadatan tulang.

Keurangan vitamin D sendiri memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, kurangnya paparan yang berfungsi membantu pengolahan vitamin D di dalam tubuh, dan atau ketidakmampuan tubuh untuk menyerap vitamin D. Osteomalasia juga dapat terjadi jika penderita sebelumnya telah mengalami gagal ginjal. Gagal ginjal menyebabkan ginjal tidak mampu mengaktivasi vitamin D dan fosfat. [sumber;; https://id.wikipedia.org/wiki/Osteomalasia]

org/wiki/Osteomalasia]

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

7. Spondylitis.
spondylitis adalahsuatu bentuk atrithis yang langka menyebabkan peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi sakroiliak. Kondisi ini ditandai dengan kekakuan progresif dari sekelompok sendi dan ligamendi tulang belakang, menyebabkan rasa sakit kronis dan gangguan mobilitas tulang belakang.

Anatomi FisiologiWhere stories live. Discover now