Saling Mengingatkan

17.2K 870 20
                                    

Islam adalah agama yang Benar, karena tidak ada lagi agama yang benar selain Islam. maka dari itu marilah sahabat-ku kita sesama muslim hendaknya mengigatkan saudara kita yang lain apabila mereka salah dan membela apabila dia benar.

Kewajiban sesama muslim ialah apabila ada seorang muslim yang benar maka wajib di bela dan apabila ada seorang muslim yang salahmaka harus diingatkan?

Sering kali terlihat saudara-saudara kita sesama Muslim melakukan tindakan yang dibenci oleh Allah SWT.

Sebagai umat Muslim yang berakhlak marilah kita saling mengingatkan sesama saudara Muslim yang lain. Janganlah kita sekali-kali menutup telinga kita untuk mendegarkan sesuatu yang benar, dan janganlah kita menghalalkan sesuatu yang haram. Hidup ini tidaklah kekal saudara-ku.

Kita tidak pernah tahu apakah esok hari kita masih bisa bernafas ? bahkan kita tidak tahu apa yang akan terjadi kepada diri kita setiap detiknya!

Manusia adalah makhluk yang tak luput dari kesalahan dan kita harus memperbaik diri kita. Karena kita tidak tahu kapan kita akan menghembuskan nafas terakhir kita.

Seperti tertulis di Al-Quran dalam surah Al-Ashr

Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. 103. 2-3).

Surat Al-Ashr di atas menegaskan bahwa saling mengingatkan adalah upaya dakwah yang menjadi kewajiban setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Apabila manusia tidak saling menasihati tentang kebenaran dan kesabaran, baik mengenai urusan duniawi maupun ukhrawi, manusia akan mengalami kerugian.

Dalam kitab tafsir Munir ditegaskan bahwa kebenaran dalam ayat tersebut mencakup pada upaya mempertahankan keyakinan dan ketakwaan. Untuk memperkuat ketakwaan, seorang Muslim tidak hanya dituntut melakukan ibadah ritual, tapi juga menegakkan keadilan sosial adalah sebuah upaya menegakkan ketakwaan.


Allah SWT berfirman, ''Berlaku adillah, sesungguhnya adil itu lebih dekat dengan takwa.'' (QS Almaidah [5]: 8). Wallahu a'lam bis-sawab.

"Jangan membenarkan kebiasaan
Tapi biasakanlah yang Benar"





Dari : Berbagai Sumber

BAPER (BAHAN PERENUNGAN)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang