MATERI KEPENULISAN LC

By LuckiestClub

12.4K 581 13

Kumpulan materi kepenulisan yang dibahas di grup LC yang diberikan untuk member dan nonmember agar mereka men... More

1. Penulisan Huruf Kapital yang Benar
2. Macam-Macam Cover
3. Tips Membuat Narasi yang Menarik dan Tidak Membosankan
4. Tutorial Cover Manipulasi
5. Lima Kesalahan yang Sering Ditemukan pada Bab Pertama
Q&A Lima Kesalahan yang Sering Ditemukan pada Bab Pertama
6. Tutorial Cover Simple
7. Outline
8. Tutorial Cover Minimalist
9. Tips : Belajar Mengembangkan Plot Novel dengan Three-Act Structure
10. Desain Graphic
11. Perbedaan Blurb dan Sinopsis
12. Sejarah Desain Grafis
13. Plot Twist
14. Tips Menulis Agar disukai Pembaca
15. Dialog
16. Latar/Setting
17. Cara Menjadi Ahli Dalam Membuat Cover
19. Motion Graphic
20. Environmental Graphic Design
21. Puisi
22. Menulis, Bagaimana kah?
23. Anomatope
24. Character Building
25. Worl Building
26. Outline (2)
27. Tips-tips Membuat Outline versi Luckiest Club
28. Sinopsis
29. Premis
30. Blurb & Cara Membuat Blurb yang Menarik
31. Prolog
EVENT

18. CERMIN

417 15 0
By LuckiestClub

Pengertian Cermin

Cermin (cerita mini) bisa disebut juga Fiksi mini yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Flash Fiction. Merupakan cerpen singkat atau cerita kilat namun tetap merujuk pada satu jenis tulisan yang sama.

Fiksi mini/cermin adalah karya fiksi yang sangat singkat bahkan lebih ringkas dari cerpen. Panjang fiksi mini itu sendiri berkisar rata-rata 250 - 1000 kata, yang jelas berbeda dengan cerpen pada umumnya.  Sementara cerpen berkisar antara 1000 - 10.000 kata.

Seiring berjalannya waktu, muncul beberapa tulisan fiksi mini yang lebih pendek dari 250 kata. Terbayang nggak? Apa yang bisa ditulis dengan kurang dari 250 kata. Sulit? Hmm... Nyatanya tulisan seperti itu sekarang lagi populer dan banyak digeluti oleh beberapa orang.

Karena keterbatasan kata dalam fiksi mini, penulis merasa tertantang untuk menyelesaikan sebuah cerita tanpa menghilangkan poin-poin penting dari isi cerita tersebut. Meski sangat singkat, fiksi mini merupakan cerita yang utuh, bukan penggalan.

Selain itu, fiksi mini juga harus ada pembangunan dalam cerita seperti awalan/pembukaan, isi, penutup. Fiksi mini juga memiliki unsur-unsur intrinsik karya sastra di dalamnya seperti penokohan, latar, konflik, juga penyelesaian masalah.

Lalu apa bedanya antara fiksi mini dan cerpen?

Bedanya ada di panjang tulisannya. Selain itu, pemilihan kata yang tidak bertele-tele dan langsung to do point. Maka dari itu fiksi mini lebih terbatas kata-katanya dibandingkan dengan cerpen yang jauh lebih panjang.

Tutor : Wilda

Continue Reading

You'll Also Like

1.1M 112K 54
Ketika menjalankan misi dari sang Ayah. Kedua putra dari pimpinan mafia malah menemukan bayi polos yang baru belajar merangkak! Sepertinya sang bayi...
2.2M 107K 45
•Obsession Series• Dave tidak bisa lepas dari Kana-nya Dave tidak bisa tanpa Kanara Dave bisa gila tanpa Kanara Dave tidak suka jika Kana-nya pergi ...
5M 431K 50
-jangan lupa follow sebelum membaca- Aster tidak menyangka bahwa pacar yang dulu hanya memanfaatkannya, kini berubah obsesif padanya. Jika resikonya...
261K 28.5K 95
Ini Hanya karya imajinasi author sendiri, ini adalah cerita tentang bagaimana kerandoman keluarga TNF saat sedang gabut atau saat sedang serius, and...