Perkembangan Kutai Kartanegara

6 0 0
                                    

Kutai Kartanegara dalam berkembangnya mulai dipengaruhi agama Islam yang di mulai pada masa kerjaan Aji Mahkota pada 1525 masehi dengan gelar Aji Mahkota Mulia Islam, dan Ia adalah Raja Kutai Kartanegara yang pertama kali memeluk Islam. Oleh karna itu banyaknya penganut agama islam di Kutai Kartanegara hingga saat ini. Saat ini juga banyaknya orang yang berziarah di makam Aji Mahkota, dan letak dari makam tersebut berada di Jalan Putra Mahkota, Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana Kab. Kutai Kartanegara. Pasalnya ada tiga makam yang menurut warga sekitar sebagai makam kramat yakni makam Sultan Aji Mahkota, makam Sultan Aji Dilanggar dan Makam Tunggang Parangan, ketiga makam tersebut berada dilokasi yang tidak berjauhan jauhan masing-masing makam tersebut mempunyai sejarah terkait dengan Kerajaan Islam Kutai.

Selain itu Kutai Kartanegara memiliki ikonik tersendiri yaitu, Jembatan Kutai Kartanegara. Jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda sehingga juga disebut Jembatan Mahakam II. Jembatan Kutai Kartanegara merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda. Jembatan ini dibangun pada 17 Agustus 1955. Di kawasan Jembatan Kutai Kartanegara juga terdapat yang merupakan sebuah tugu yang terdapat taman-taman yang terlihat asri dan indah jika dilihat dari atas jembatan. Di dekat jembatan dibangun sarana olahraga panjat dinding sebanyak 2 buah. Kawasan ini setiap sorenya selalu dipenuhi oleh pengunjung yang dapat menikmati keindahan Jembatan Kutai Kartanegara serta memandang Pulau Kumala dari kejauhan.

Jembatan yang melintas di atas dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Panjang jembatan secara keseluruhan mencapai 710 meter, dengan bentang bebas, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter. Jembatan ini awalnya dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Oct 05, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Perkembangan Kutai KartanegaraWhere stories live. Discover now