Deskripsi

194 26 4
                                    

Minggu, 24 Mei 2019

Setelah puas mewawancarai dua anggota kece baru, kami melakukan latihan DESKRIPSI.

Apa itu? 😱

Kalau menurut KBBI

Nah, itu! Pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Nah, itu! Pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Apa bedanya dengan NARASI?

Cek KBBI!

Beda kan? Jelas beda! Kalau narasi itu cerita, ada urutan kejadian dan urutan waktu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Beda kan? Jelas beda! Kalau narasi itu cerita, ada urutan kejadian dan urutan waktu.

Nah, Penulis Kece belajar deskripsi dengan melihat sebuah gambar, lalu memaparkannya dengan rangkaian kata-kata. Asik loh 😆

Gambar:

Tantangan: Deskripsikan Bangom di

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Tantangan: Deskripsikan Bangom di

gambar itu!

Hasilnya:

Reonereym: Bang Ian sedang melihat sesuatu yang jauh darinya, di tengah keheningan pantai dan birunya laut. Suasana... kosong?

Amandanurma: Di atas dahan kering hampir lapuk, Ian duduk. Dengan kedua kaki menyanggah, mencegah tubuhnya jatuh ke atas hamparan pasir putih. Sorot matanya menatap kejauhan, ke arah birunya laut.

shoru_rin: Di pantai berpasir putih, duduk di atas dahan pohon tua di antara pasir pantai, termenung Kak Ian yang menatap ke arah garis pertemuan antara birunya air laut dan birunya langit pada siang hari....

ArblShabil: Di hamparan pasir, bang Ian tengah duduk merenungkan hidup yang terasa kelam, menikmati semilir angin yang membelai lembut, ia terdiam, mencoba berdamai dengan keadaan.

AoiSaki29: Kak Ian menatap birunya laut di dahan pohon. Duduk disana di atas hamparan pasir putih menyerupai salju dinaungi langit biru cerah berarakan awan tipis.

tarachun: Ian menatap kejauhan dari sebuah pohon kering tanpa daun, merenungi masalah yang melanda dirinya. Laut yang tenang dan birunya langit, selalu berhasil menenangkan pikiran.

deainriani: Memang, rasanya sungguh nyaman. Angin di siang hari yang menyejukan, pasir putih menggelitik kaki begitu terinjak. Duduk di dahan pohon memandangan ke arah laut membuat dirinya terlena. Warna biru langit dan laut seakan membayangi satu sama lain. Ia berpikir, tempat ini indah. Namun, apa yang disembunyikan dibalik keelokannya.

yulianayuyu: Lelaki aneh, hanya itu yang terpikirkan olehku ketika melihatnya. Bayangkan, di tepi pantai nan indah ini--dimana langitnya menggelar warna biru yang sempurna bagai tudung terpal menaungi pasir putih dan gulungan ombak yang berkejaran--ia memanjat ranting pohon yang rendah hanya untuk duduk membelakangi laut. Apakah ia tidak bisa menikmati keindahan alam ini dengan normal? Kurasa ia akan pulang dengan leher terkilir.

_______________ selesai ______________

Anggota PK punya cara dan sudut pandang masing-masing untuk mendeskripsikan gambar di atas, dengan gaya dan keunikan yang dimilikinya.

Bisakah kamu mendeskripsikan gambar di atas dengan gaya dan keunikanmu?

Belajar adalah proses seumur hidup! Teruslah belajar!

Semangat!!!

Latihan MenulisWhere stories live. Discover now