Tugas Kewirausahaan : cerita pembuatan video

71 11 4
                                    

Nah sebenernya gua ga terlalu suka nulis gini sih, tapi berhubung ini tugas jadi gua harus nulis wkwkwk...


Jadi, disini gua mau nyeritain gimana kehidupan kampus gua, yang mana gua banyak berekspektasi tapi gada yang sesuai.


Semua berawal dari kebingungan gua milih jurusan. Setelah mikir-mikir akhirnya gua memutuskan ambil jurusan Kesehatan Masyarakat dan dua jurusan Kehutanan di dua Universitas. Jujur, gua daftar SBMPTN tu mepet dan dengan pilihan jurusan yang gak tau gua sendiri yakin apa nggak. Tapi ya rejeki mah ga kemana, berkat doa orang tua akhirnya gua keterima di pilihan ke 2 yaitu Kehutanan UNILA.


UNILA.... Lampung yaa... (gatau kenapa tiba-tiba kebayang begal) kalo yang dibegal hati sih gapapa... Ekspektasi pertama gua tentang Lampung tu sepi, ga aman, kasar, panas. Tapi ternyata engga lhooo... semua salah (kecuali panas) EMANG PANAS dan ternyata ngerantau itu enak banget, enakkk banget. Bukan gua ga suka dirumah. Tapi dengan jauh dari orang tua lu belajar survive sama kehidupan dan belajar ngurus hidup sendiri. Semenjak ngekos gua sadar, gua amat dimanjakan dirumah. Tapi disini, kalo lu laper ya lu beli sendiri, makan sendiri, apalagi ditambah lu jomblo hiksss (untungnya gua taken :p). Satu yang gua suka karna jadi anak rantau adalah gua bisa ekspresif. Kalo dirumah lu lagi sedih gabisa sembarang nangis, ketauan ma adek kena ledek dah.. pokoknya banyak banget hal yang bisa didapet kalo ngerantau, tau gini ngerantau dari dulu. Tapi jujur awal ngekos gua sempet homesick-_- bawaannya pengen pulang tapi rumah jauh jd pasrah aja deh.


Pas PKKMB lucu deh liat kepala botak kaya pilus dijejerin. Ekspetasi kedua adalah, ketika gua nantinya bakal hidup kurang lebih 4 tahun di Lampung gua bakal bisa Bahasa Lampung (niatnya mau pamer ke temen di Tangerang kalo gua bisa Bahasa Lampung biar dia keliatan bego pas gua ajak ngomong nanti) TAPI TERNYATA DISINI BANYAK PAKE BAHASA JAWA COYYY... C: (temen yang mau gua kerjain orang jawa btw) gajadi dah pamernya. Awal masuk kelas gua diem aja karna mereka kalo ngomong sering pake bahasa jawa, apalah daya gua orang sunda. So out of my expectations -_- tapi lama-lama gua mulai terbiasa sama Bahasa Jawa, bahkan kadang gua ngerti apa yang mereka omongin tapi gua gabisa balesnya. Yah gitu deh...


Ekspektasi ketiga adalah gua pikir gua bakal ada di lingkungan yang hedon, tapi ternyata nggak. Temen-temen gua semua hidup sederhana, walaupun mereka sebenerya berduit. Itu hal yang paling gua suka disini dan jadi pelajaran berharga banget bahwa gua harusnya bersyukur dan make uang sesuai kebutuhan aja.
Sederhana itu indah, gapeduli roda dua atau empat, makan di mall atau emperan asalkan sama kamu. Iyaa kamuu...


Banyak orang bilang kuliah itu amat indiviudal, nyatanya gak begitu gua rasain disini. Kita saling jaga, saling bantu, ketawa bareng, sedih bareng, banyak lagi. Hal yang sedikit sekali gua rasain waktu SMA. Hampir semua hal yang gua cari di SMA gua dapetin disini. Intinya jangan lupa bersyukur dan nikmatin prosesnya #YOLO


Gua menikmati kehidupan kuliah, ga tidur ngerjain laporan karna SKS sampe gasadar kalo sekarang udah semester 4. Yang dulunya botak sekarang udah pada gondrong. Salah satu mata kuliah di semester ini adalah kewirausahaan, mata kuliah yang asik karna metode belajarnya beda dari yang lain. Contohnya kemaren kita buat video yang di upload ke youtube dan sekarang suruh buat tulisan di wattpad.


Dua minggu yang lalu, kelas gua buat video dengan tim yang udah dibagi. Kita buat video tentang 'apa itu wirausaha?' dengan kreativitas masing-masing kelompok. Gua masuk ke kelompok berapa yaa lupa, beranggotakan Merty, Fadhil, Bonny dan Trislina. Untungnya ada Bonny yang jago edit video. Jadi kebantu sama editan wkwkwk. Dengan waktu yang mepet kita harus buat sebuah video pendek dengan durasi lebih dari 1 menit. Kita langsung bagi tugas. Yang jadi modelnya gua dan Lina, Bonny sebagai kameramen dan editor, Merty dan Fadhil sebagai lighting dan penyusun materi. Akhirnya setelah salah tingkah mulu depan kamera dan berkat kemahiran Bonny ngedit, video kita selesai dengan tepat waktu. Setelah itu dosen meminta agar video tersebut di upload ke youtube. Disini masalah muncul, kita sudah berkali-kali upload tapi ketika selesai di upload videonya rusak, akhirnya kita edit lagi dan lagi, setelah itu kita coba uplpad lagi dan kali ini berhasil di upload tanpa ada kerusakan video. Hal penting yang didapat dari pembuatan video ini adalah kerjasama tim, bekerja maksimal terhadap masing-masing jobdesk yang ditetapkan, jangan menyerah dan jangan lupa percaya diri.


Sebenernya tugasnya disuruh cerita gimana buat video itu, tapi malah kemana-mana.. yaudalahya...


Jadi gengs, jangan lupa bersyukur dalam keadaan apapun. Semua akan indah pada waktunya, percayalah apapun yang terjadi psati yang terbaik dari-NYA.
Hidup akan keras pada siapapun yang lunak terhadapnya, tapi hidup akan lunak pada siapapun yang keras terhadapnya. Keep faith, keep fight!


Terimakasih sudah membaca (:

Cerita Pembuatan Video KewirausahaanWhere stories live. Discover now