Plot Twist - bag1

2.6K 326 32
                                    

Setelah menyusun premis, bagaimana caranya mengembangkannya menjadi outline? Bikin dulu satu ciri khas dari genre MT. Yaitu plot twist. Ini catatan saya kopi aja dari lapak sebelah ya. 😂😂😂 Saya sudah pernah nulis ini di SND.

Nah, saya kasih bocoran cara membuat plot twist. Sebenarnya kalau mau tanya sama Mbah Google ada banyak nih. Saya juga pertama kali belajar, itu banyak nanya sama beliau.

Apakah itu plot twist? Plot twist adalah perubahan mendadak dari arah plot atau cerita yang membuat pembaca terkejut. Jadi kalau ada sesuatu di hidup kita yang nggak berjalan sesuai arah gitu anggap aja plot twist ya. Contoh, ada cowok yang deketin, diajak nikah malah lari. Itu plot twist. 😂😂😂. Nggak! Saya nggak curhat loh! Nggak!

Sebelum mulai belajar membuat plot twist. Mari kita belajar dulu cara berpikir pembaca:
1. Tokoh utama adalah tokoh protagonis, masih hidup, sehat jasmani rohani, nggak punya kembaran, identitas asli sesuai yang ia katakan, jujur dalam setiap perkataannya.
2. Cerita memiliki alur maju, bukan di masa lalu atau di masa depan, serta kronologis urut.
3. Bersetting di bumi dan bukan halusinasi semata.
4. Tokoh lainnya adalah tokoh yang jujur, tidak menyimpan rahasia, tidak berpura-pura cacat, hanya manusia biasa (bukan hantu, alien, vampir), jika mereka diceritakan meninggal, maka mereka benar-benar meninggal.

Nah, jika sudah tahu cara berpikir pembaca kayak begitu, bikin plot twist nggak seberapa susah kan ya? Btw, kalau kita belajar plot twist itu harus full of spoiler. Jadi saya mohon maaf nih sama teman-teman yang mungkin belum pernah nonton film/buku yang saya jelaskan di sini.

Berikut ini ada beberapa jenis plot twist yang akan saya bahas sedikit ya.

1. Anagnorisis
Pernah nonton the sixth sense nggak? Ada seorang psikolog anak yang menangani seorang anak yang dapat melihat hantu. Ternyata psikolog itu sendiri adalah hantu. Ia nggak sadar kalau dirinya sudah mati.

2. Chekhov's gun
Pernah baca Tentang kamu nya Tereliye nggak? Ada penjual roti isi daging di stasiun yang sering dibeli sama Zaman sebelum ngantor. Siapa sangka orang itu ternyata punya peranan penting dalam penyelidikan Zaman.

3. Unreliable narator
Ini ada dalam salah satu cerita dari komik QED. Duh, komik itu emang penuh plot twist sejenis ini. Inilah yang bikin saya cinta berat sama karya-karya dari Motohiro Katou. Ada sebuah cerita tentang seorang mahasiswa miskin yang melakukan pencurian karena kesulitan keuangan. Saat dia tengah mencuri, nggak sengaja dia memergoki sebuah adegan pembunuhan. Dia ingin melaporkan hal tersebut pada polisi tapi takut kalau aksi pencuriannya ketahuan. Saya awalnya kasihan juga sama mahasiswa itu, tapi yang bikin kaget di endingnya, ternyata si pembunuh benar-benar adalah mahasiswa tersebut.

Masih ada banyak sekali jenis plot twist. Jika tertarik buruan gabung sama WWG jurusan MT. 😂😂😂 (Promosi terus).

How To Make Mistery/Thriller Story [END]Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin