Copyright - Tukang Edit

1.3K 194 40
                                    

Hai, udah lama nggak nulis yang random-random amat di sini. Biasanya kalo lapak opini /ceilah/ nulisnya di akun sebelah.

Friendly reminder: Ini bukan rant, nah, kalo kamu nggak tahu apa itu rant, monggo dibaca dulu, biar pandangan kita sama.

Friendly reminder: Ini bukan rant, nah, kalo kamu nggak tahu apa itu rant, monggo dibaca dulu, biar pandangan kita sama

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Terimakasih kepada Kak Shirei buat definisi rant-nya.

Jadi kalau bukan rant, ini apa?

Opini, yea. Opini. Ini negara bebas berpendapat, asal ada tata krama-nya.

Jadi, kita mulai dengan salah satu postingan confession dari sebuah OA di LINE, silakan baca SS-nya di media bab ini.

Kamu boleh setuju/nggak sama pendapatku. Bebas. Nggak ada pemaksaan.

Jujur aja, aku setuju dengan masalah copyright yang disinggung-singgung dipostingan itu. Tapi aku nggak setuju sama sebutan tukang edit itu. Karena yah, siapapun pasti mikir sebutan itu sama sekali nggak bermanfaat, malah merendahkan.

Cuma sedikit yang mau aku sampein, meski ini udah pernah kutulis di buku Fairy Graphic: (1) Usahalah untuk pakai gambar free copyright, dimana? Jangan malas yea, ketik aja "free copyright images" di google, nanti ada banyak blog yang nulis tentang website-website penyedia gambar gratis. Usahakan juga pakai font free copyright, kalau di laptop kayak font Times New Roman. You might be thinking that I used 'font yang itu-itu aja' kayak Giddyup atau Century Gothic. Mereka salah satu font free itu.

(2) Kalau beropini, apalagi di internet, yang pasti akan dibaca BUANYAK orang, pakailah bahasa yang baik. Jangan merendahkan, meskipun niat kamu baik. Emang kamu mau direndahkan sama orang lain? Orang aneh macam apasih yang mau direndahkan?

Ibaratnya kayak lempar berlian (niat baikmu) ke orang lain pakai tenaga super. Orang cuma tahu kalau dia abis dilempar sesuatu yang menyakitkan. Nggak tahu kalau yang dilempar itu akan bermanfaat baginya.

Sekian, kurasa itu aja.

Salam santai, hanya mau memberitahu kalau kamu habis dikasih berlian, meski caranya dilempar, cara yang salah.

Graphic TutorialsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang