EDIT NAMA DAN ICON APLIKASI

30.1K 8 14

EDIT NAMA DAN ICON APLIKASI

"Selamat pagi anak-anak,apa kabar kalian hari ini ?"

"Bagus, bapak dalam keadaan baik juga,terimakasih..."

"Baiklah,langsung saja kita mulai pelajaran hari ini. Hari ini pak guru akan mengajarkan sekalian praktek bagaimana cara mengganti ataupun mengedit nama dan ikon aplikasi *.jar dengan HP.

Hey,kamu yang gendut dan kamu yang kriting,disini bukan tempat untuk bercanda dan silahkan kalian berdua segera keluar dari kelas sekarang, cepaaat !!!"

" Baiklah,untuk yang lain mari kita teruskan pelajaranya !

Untuk dapat mengganti nama ataupun ikon pada aplikasi *.jar,kita hanya cukup menggunakan 2 aplikasi lain sebagai alat bantu.

Yang pertama adalah Moble Winzip,aplikasi ini akan digunakan sebagai pengekstrak (extract) dan pengepakan (packing). Lalu yang kedua adalah operamini mod, ini akan digunakan sebagai alat untuk edit. Untuk kedua alat tersebut,silahkan ambil dulu disini untuk Winzip,dan disini untuk opmod. Itu siapa itu,yang item yang duduk dipojok kenapa kamu? Kalau sakit,silahkan kamu istirahat dulu diluar !"

"Baiklah kita lanjutkan lagi,tadi sudah sampai mana anak-anak? Ooh sampai disitu,Oke.."

"Setelah kedua alat tersebut terpasang di HP, mari kita mulai bereksperimen dengan OPERA MINI 4.2 sebagai obyek. Sebelumya, siapkan dulu aplikasi opera mini yang akan kita edit untuk disimpan kedalam salah satu folder di hp kita,lebih mudahnya simpan file tersebut ke dalam c:/other atau c:/lain. Untuk hal tersebut,untuk kalian yang hp-nya sudah mendukung external memory,tidak ada masalah,kalian bisa copy-paste dengan menggunakan operamini mod. Tapi untuk yang hp-nya hanya tersedia internal memory,kalian harus download filenya dulu dalam bentuk *.zip, silahkan cari dan ambil dulu di Getjar atau di versi wapnya. Bagaimana caranya mendapatkan file.zip di getjar,silahkan baca dulu yang ini.

Ingat !

Aplikasi/game yang telah terpasang/terinstal tidak dapat terdeteksi oleh mobile winzip. Sambil menunggu proses unduh file,barangkali ada yang mau bertanya,atau ada yang mau pipis dulu,silahkan..!"

"Baiklah,sekarang kita mulai mencoba untuk praktek. Kalian siap anak-anak..? Bagusss...

Perhatikan baik-baik ! Sebagai percoban pertama,dimana akan mencoba untuk mengganti nama dan icon aplikasi OPERAMINI dengan nama apapun dan gambar apapun sebagai icon sesuai kemauan kita.

Jalankan aplikasi Winzip,lalu pilih Open Archive => cari dan pilih file target,yaitu opera mini 4.2 => tekan OK/tombol 5 => option => select all => option => extract => buka folder other => option => new folder => OK => pilih option pada folder baru => select folder => OK,OK,dan OK hingga pengekstrakan selesai. Selanjutnya silahkan tutup Winzipnya dan sekarang lihatlah, dalam folder yang baru telah terdapat beberapa file yang merupakan komponen bagian dari aplikasi operamini.

Bagaimana anak-anak,semua bisa? Pinter...

Ya,ada apa dengan kamu? Oh iyaaa, bapak minta maaf karena tidak menjelaskan sebelumnya bahwa mobile winzipmemang tidak selalu dapat berjalan pada setiap HP. Jadi,untuk kalian yang belum bisa belajar praktek,silahkan ikuti pelajaran ini untuk teorinya dulu."

"Kita lanjutkan,oke...?! Langkah selanjutnya setelah selesai ekstrak adalah,kita sudah siap untuk melakukan pengeditan. Caranya adalah:

Jalankan operamini mod => menu => menuju => file manager => buka folder baru tempat file hasil extract => folder meta-inf/dan disitu terdapat sebuah file manifest.mf. Lalu,pada file tersebut tekan menu => buka => text/win => menu => edit => pilih => teks/semua. Silahkan kalian cari dan edit kata 'Opera Mini'pada bagian MIDlet-Namedan MIDlet-1.

"Untuk menghindari terjadinya kerusakan aplikasi,disarankan untuk tidak merubah apapun selain dua bagian di atas. Karena sejauh ini,pak guru juga belum banyak bereksperimen."

Setelah selesai edit nama,lalu simpan lagi dengan tekan OK => menu => simpan.

"Sampai disini kita telah selesai mengedit nama,berikutnya kita akan mengganti icon. Namun berhubung waktu istirahat telah tiba,pelajaran kita lanjutkan nanti pada jam pelajaran berikutnya."

JAM ISTIRAHAT

15 menit kemudian..

"Baiklah anak-anak,kita teruskan lagi belajarnya.."

"Setelah kita mengganti nama,sekarang kita akan belajar mengganti icon,semua sudah siap? Bagusss..."

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Siapkan gambar yang akan dijadikan sebagai icon pengganti. Sebaiknya,ukuran dibuat jangan terlalu besar dan format gambar disamakan dengan gambar yang aslinya. Sebagai contoh,pakailah gambar berukuran 32 x 32 atau 40 x 40 dan formatnya adalah *.png. Dan apabila kalian belum memiliki gambar untuk penggantinya,silahkan ubah dulu ukuran dan format gambarnya secara online di www.picresize.com, Gunakan browser Opera Mini 4.2 yang telah terinstal.

Setelah gambar sudah dibuat dan didownload tentunya,silahkan tutup browser kalian. Kemudian,buka folder baru tempat menyimpan file extract,lalu hapus file i.png,di mana file tersebut adalah icon asli dari opera mini. Setelah itu,kita kembali ke gambar penggantinya yang telah kita buat sebelumnya, ubah nama gambar tersebut dengan nama "i" (tanpa tanda petik),dan lalu pindahkan gambar tersebut ke dalam folder tempat menyimpan file extract. Karena folder extract berada dalam folder other/lain,maka cara memindahkannya adalah, jalankan Operamini Mod => menu => menuju => file manager => arahkan ke folder dimana "i.png"berada => menu => buka => arahkan ke "i.png" => menu => operations => pindah => cari dan buka folder tempat file extract => menu => paste => OK,OK dan OK. Selesai,silahkan tutup kembali Operamini Mod kalian.

"Sampai disini,apakah ada yang menemui kesulitan? Pak guru yakin,kalian murid-murid cerdas.."

"Selanjutnya anak-anak,setelah kita telah mengedit nama dan juga telah mengganti icon,langkah terakhir adalah "packing". Yaitu,kita akan menggabungkan kembali semua file-file tersebut sehingga menjadi sebuah aplikasi baru. Semua siap..? baguss.."

"Perhatikan baik-baik,berikut ini langkah-langkahnya untuk mem-packing."

Jalankan MobileWinzip => Creatie Archive => buat nama dalam kotak yang tersedia (buat sama dengan nama yang telah di edit pada (MidletName->manifest.mf), dan kemudian pilih jar pada tiga pilihan yang ada,yaitu zip,jar,tar. => option/opsi => OK => option => add => cari dan buka folder penyimpan file extract => option => mark all => option => forward => option => save => tentukan folder untuk menyimpan other) => select folder pada folder baru tersebut => OK,OK,OK dan OK hingga proses packing selesai. Setelah packing selesai dan sukses,tutup MobilWinzip dan kemudian silahkan lihat hasilnya.

"Bagaimana anak-anak,seperti apa hasilnya? Okelah kalo bekbekbekgituuu.."

"Untuk hari ini pelajaran cukup sampai disini,sebelum saya meninggalkan ruangan,barangkali ada yang mau bertanya,silahkan?! ya,kamu silahkan.. kamu juga silahkan.. siapa lagi,ya kamu... ada lagi? Baiklah,saya jawab seka ligus"

MobileWinzip memang tidak selalu dapat berfungsi pada setiap ponsel. Dalam beberapa kasus:

Dapat terinstal,namun tidak bisa dibuka.

Dapat terinstal dan dibuka,namun tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya (tidak dapat digunakan)

Hanya dapat me-extract tetapi tidak bisa packing.

Berdasarkan pengalaman pak guru,aplikasi ini berjalan sangat baik pada SE W200i dan SE K618i. Sementara di SE K600i milik saya,selalu gagal dalam packing. Untuk selain SE,belum pernah ada yang dapat menerima dan dapat menjalankan aplikasi ini dengan baik."

"Berhubung waktu telah habis,saya undur diri dari ruangan ini, sampai jumpa lagi pada pelajaran berikutnya, salam belajar dan tetap semangat !

Visit my website for full links, other content, and more! Please click on external link !

EDIT NAMA DAN ICON APLIKASIFree Stories You'll Love