DEMACHI

795 8 1
                                    

Demachi (出待ち): literally, "awaiting departure" atau artinya adalah menunggu para member keluar dari theater setelah show selesai.

Pada dasarnya, Demachi adalah hal lumrah di Jepang bahkan bagi para artis yang menggelar acara panggungnya di dalam theater, Takarazuka School contohnya. (sory, gak bisa cerita banyak tentang mereka). Sejak tahun 1970, kegiatan ini sudah dianggap sebagai ritual kehormatan bagi para bintang dengan fans club mereka dan ini wajib untuk diikuti fansnya.

Demachi dimulai 30 menit setelah acara selesai di depan pintu stage theater. Biasanya acara ini bakal memakan waktu sejam bagi semua orang. (kadang-kadang demachi ini dapat berlalu sangat cepat ataupun sangat lambat tergantung waktu pulang para bintang menunggu kesibukan mereka selesai, seperti interview ataupun pesta).

Berikut ini adalah Aturan Umum mengenai Demachi yang dipegang oleh mereka:

1. Dilarang mengganggu Sang Bintang (kayak cegat mereka buat foto bareng atau minta tanda tangan), tapi masih diijinkan untuk ngasih fan letter atau cuma say hai~hello...

2. Beri jalan untuk fan club. (Official Fan Club selalu diutamakan) jadi kalo kamu bukan OFC, kalo disuruh minggir yah nurut aja, ntar juga kebagian.

3. Dilarang Menghalangi/Block Jalan! (kasihan pejalan kaki yang tak berdosa yang gak bisa lewat itu...)

Umumnya para fans memberikan surat ataupun gift secara langsung bagi para bintang tersebut sebelum meninggalkan tempat dan berkendara menuju rumah..

Itu kalo Takarazuka, Beda lagi ama AKB48! :3

AKB48 memiliki sejarah yang lumayan ribet mengenai Demachi, dikarenakan letak theater AKB berada di sebuah mall yang lumayan padat, maka kegiatan melakukan demachi sendiri juga merupakan kegiatan yang mengganggu untuk pihak mall, oleh sebab itu kegiatan Demachi sempat pernah dilarang hingga akhir tahun 2009.

Kenapa Demachi dilarang?

Setiap hari member dituntut untuk memberikan penampilan terbaik mereka setiap hari di theater, dan disana mereka juga bertemu dengan fans. Sebagai bentuk balasannya fans sengaja "menunggu" para member pulang dari pintu theater, hanya untuk "say thanks" dll... akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Demachi ini ternyata berlanjut ke hal yang lain, seperti meminta foto bareng dan memberikan gift. (padahal untuk melakukan ini, ada eventnya tersendiri). Oleh karena itu, terkadang aktifitas ini sangat mengganggu bagi para member (apalagi yang sampe ngajak ngobrol panjang).

Emang Demachi kalo di Jepang seperti apa?

Seperti kataku di atas, demachi sebetulnya adalah hal yang wajar. Asal dilakukan dengan cara yang wajar, sebagian besar para fans disana sudah mengerti tentang "private time" member. Dan pada saat member melakukan private time tersebut, merekapun menghargai waktu pribadi idolanya tersebut. mereka tidak akan meminta hal yang macam-macam kepada mereka.

Private Time

Sebetulnya dari status JOT diatas, aku bisa mengambil kesimpulan kalo:

1. Member merasa sangat terganggu

Siapa sih yang tidak terganggu kalo setelah pulangpun kamu diikutin sampai kerumah, seolah-olah member sudah tidak punya waktu luang untuk kehidupan pribadinya saja. Cobalah jadilah fans yang baik, gak usah sok stalker dewa deh, merasa harus ngerti kehidupan member sampe detil, itu gak penting banget. Ujung-ujungnya malah member sendiri yang risih.. hargai privasi waktu pribadi mereka, mereka juga gadis biasa butuh waktu buat bercengkrama ama teman-teman lain, betul!

2.Mengganggu pihak Mall

Berdasarkan balasan komentar admin semalam dapat dipastikan ini adalah dampak dari ulah fans yang sudah mengganggu pengunjung mall:

Istilah seputar fjkt48Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang