pedang pembunuh naga (evisode 6)

8.8K 30 0
                                    

To Liong To/ Thio Boe Kie 51 - 60

Aku merasa pasti, bahwa didalam hal ini terselip sesuatu yang luar biasa. Diam2 aku memesan supaya semua saudara berwaspada dan harus menjaga supaya penyamaran kita tidak diketahui. Disepanjang jalan kami memperhatikan gerak-gerik dan bicaranya orang2 yang mengiring kami. Tapi mereka sangat berhati-hati dan dihadapan kami, mereka tak pernah bicara sembarangan. Belakangan, dengan memberankan diri ditengah malam saudara Gouw Liang coba memasang kuping diluar jendela kamar mereka. Sesudah menyatroni 4-5 malam, barulah ia mendapat sedikit keterangan. Ternyata hweesio itu adalah pendeta2 berilmu dati Siauw Lim Sie di siong san.

Biarpun sudah menduga dari semula, mendengar itu Boe Kie mengeluarkan seruan kaget.

Sesudah berdiam sejenak, Coe Goan Ciang melanjutkan penuturannya. Malam itu, sesudah mengintip beberapa lama, saudara Gouw Liang mendengar suara seseorang. Hitung2 Coe Jin benar2 lihai, semua jago dari 6 partai besar tak ada yang terlolos dari tangannya. Semenjak dahulu, siapakah yang bisa berbuat seperti itu  seorang lagi menyambung. Masih ada lain hal yang mengangumkan. Dengan sebatang anak panah, majikan kita berhasil memanah 2 ekor tiauw. Dengan siasatnya yang sangat lihai, ia sudah menyeret iblis2 Mo Kauw ke dalam lubang permusuhan. Kami lantas saja berunding. Kami berpendapat, bahwa karena agama kita juga disebut2, kami harus menyelidiki hal ini sampai seterang2nya guna dilaporkan kepada Kauwcoe.

Benar kata Boe Kie sambil menggangguk. Keputusan kalian tepat sekali

Kami terus digiring ke jurusan utara, kata pula Coe Goan Ciang. Di sepanjang jalan kami berlagak sebagai manusia tolol. Saudara Thong Ho dan saudara Teng Jie berlagak berkelahi lantaran berebut 5 tahil perak. Mereka saling memukul membabi buta untuk menunjukan mereka tidak mengerti ilmu silat. Orang2 galak itu tertawa terbahak2 dan mereka tak memperhatikan kami lagi. Disamping itu kami memperlakukan sangat hormat kepada mereka. Kami selalu memanggil mereka dengan panggilan looya (Tuan Besar). Saudara Gouw Tin mengusulkan untuk menggunakan obat pulas guna menolong pendeta2 itu. Sesudah berdamai, kami menolak usulnya. Kami berpendapat, bahwa terlebih dahulu kami harus menyelidiki teka teki ini sampai didasarnya. Kamipun berpendapat, bahwa orang2 itu sangat berhati2 dan memiliki kepandaian tinggi, sehingga sekali salah bertindak urusan besar bisa menjadi gagal. Maka itu, kami tidak berani turun tangan. Waktu tiba dikota Ho kian hoe, kami bertemu dengan 6 buah kereta lain yang juga membawa orang. Orang2 dalam kereta itu adalah orang2 biasa. Selagi makan, salah seorang pendeta menegur orang itu dengan berkata begini Song Tayhiap, kaupun berada disini  

Boe Kie terkesiap. Song Thayhiap  ia menegas.

Bagaimana macamnya 

Dia bertubuh jangkung kurus, jawabnya. Usianya kira2 50 atau 60 tahun. Jenggotnya bercabang 3, paras mukanya tampan dan anggun.

Tak salah lagi itulah Song Wan Kiauw! Boe Kie girang dan buru2 menanyakan macamnya orang2 lain dalam rombongan itu. Dari keterangan Coe Gon Ciang, ia menarik kesimpulan bahwa Jie Lian Cioe, Thio Song Kee dan Boh Seng Kok juga berada disitu. Apakah mereka terluka Apa dirantai  tanyanya pula.

Tidak jawab Coe Goan Ciang. Mereka tak dirantai dan kamipun tak melihat tanda2 luka. Mereka berbicara dan main2 seperti orang yang sehat. Mereka hanya tak punya semangat dan kalau berjalan tindakan mereka agak limbung. Mendengar perkataan pendeta Siauw Lim itu Song Tayhiap hanya tertawa getir. Ia tidak menjawab. Hweesio itu ingin bicara lagi tapi seorang penjaga keburu datang dan dengan kasar memisahkan mereka dalam jarak belasan li. Kami tak pernah ketemu muka lagi dengan rombongan Song Tayhiap. Pada tanggal 3 bulan 7, rombongan kami tiba dikotaraja.

Ah! seru Boe Kie Kota raja! Kalau begitu yang turun angan kaisar Goan sendiri. Habis bagaimana 

Pendeta2 Siauw Lim dikirim kesebuah rumah berhala yang sangat besar di See saja katanya kamipun disuruh nginap di bio (kuil) itu.

pedang pembunuh nagaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang