Layak Diingat

By valeriepatkar

568K 77.6K 39.5K

(SELESAI) Karena ada yang layak diingat, meski banyak yang patah di sebuah rumah. Bagian dari Loversation unt... More

Ingatan 0.
Ingatan 1.
Ingatan 2.
Ingatan 3.
Ingatan 4.
Ingatan 5.
Ingatan 6.
Ingatan 7.
Ingatan 8.
Ingatan 9.
Ingatan 10.
Ingatan 11.
Ingatan 12.
Ingatan 13.
Mengingat 14.
Mengingat 15.
Mengingat 16.
Mengingat 17.
Mengingat 18.
Mengingat 19.
Mengingat 20.
Mengingat 21.
Mengingat 22.
Mengingat 24.
Berakhir Dulu.

Mengingat 23.

13.7K 2.2K 1.3K
By valeriepatkar




Mengingat 23.

"Why are you so lonely now?"

"Well, I am always lonely. It's just you never pay attention enough on me before."

Ravel Waki, Rumi

❀❀❀❀


Selamat Datang di tahun 2020

ARDAN

Gue langsung melirik anjing pudel hitam yang hari ini mungkin udah ke-seratus kali  lari-lari ngiterin rumah.

Dan karena gue capek ngetik, ya udah, gue telepon aja.

"Satu, dia nih persis kayak namanya. Bera'. Jadi kerjaannya berak mulu. Ini kalo ampe Dion pulang terus dia tau... Abis sih gue diinjek," yang gue ajak telepon bahkan belom sempet ngomong sebelum gue lanjutin. "Dua, lucu aja gitu liat kucing. Gue pengen pelihara juga. Tapi mahal banget!"

"Ya beli sih! Lo kan kaya!" saking kagetnya gue langsung menjauhkan telepon dari telinga.

"50 juta mending gue beli mixing table!" balas gue gak terima.

"Ya udah makanya kalo anak band tuh anak band aja! Gak usah sok-sok jadi anak Safari! Gak cocok muka lo nenteng-nenteng Whiskas dari Indomaret."

Di tahun ke-2 hubungan kita, gue dan Rumi masih berantemin kucing.

Dan kayaknya itu jenis berantem kita yang paling besar.

Eh, enggak deh.

Gue pernah marah karena dia tiba-tiba ngilang dan gak ada kabar. Ternyata Pengantara -tempatnya kerja sekarang lagi ada masalah, dan semua temen-temen kantornya harus hengkang dari perusahaan karena Nota Group udah resmi beli perusahaannya dan harus tutup.

Dia juga pernah marah karena gue gak cerita sama dia kalo gue berantem besar sama label yang promosiin Demero. Akhirnya gue, Ravel, dan Jeff mutusin buat keluar dan coba bikin label sendiri.

Intinya, kita pasti berantem kalo gak terus terang satu sama lain.

Dan itu yang bikin kita belajar buat hargain perasaan dan posisi masing-masing -dia cewek gue, gue cowoknya.

"Di mana? Gue udah sampe nih."

Akhirnya dia bisa lulus awal tahun ini, meskipun harus banyak drama dulu karena nyatanya emang tahun ini ya tahun drama.

"Ah! Kenapa sih hoax di mana-mana? Gak mungkin lockdown kan kita?" belom masuk ke mobil aja, gue udah denger dia ngomong segala tetek-bengek.

"Ngomel sama siapa sih lu..," gue masih selalu ketawa denger dia ngomel. Karena kalo dipikir-pikir kita tuh sama -selaluuuuu ngedumel. Cuma bedanya gue tau kapan harus diem gitu.

Rumi enggak.

"Negara lain udah pada mulai tutup lho Bokap gue langsung galau. Entar kalo dia gak bisa pulang gimana?"

Di penghujung tahun 2019 sampe awal tahun 2020, ada satu virus baru yang namanya Corona, datengnya dari Wuhan tapi jauh banget jalan-jalannya ampe ke sini dan keliling dunia.

Herannya tanah air kita tercinta masih gak gentar. Belom dapet kabar apa-apa gitu buat lockdown dan katanya belom ada yang kena di bulan Januari ini.

Jadi ya udah.

"Apa gue suruh bokap gue gak dateng aja ya...."

Dan Rumi ya selalu gitu.

"Lo nya kan pengen dia dateng," gue sesekali menoleh ke samping, ke arahnya, sambil fokus juga sama jalan. "Masa iya lo wisuda cuma sendiri... Gak sama siapa-siapa?"

"Tapi entar kalo dia gak bisa pulang gimana?"

"Tapi entar kalo dia gak dateng, lo sedih gak?"

Rumi mikirin orang lain banget.

Kadang ada masa di mana gue ngerasa dia lebih mikirin gue ketimbang dirinya sendiri.

"Kok lo sekarang pinter bersabda gitu sih?" dia lalu meletakkan sebelah tangannya di atas kepala gue sambil memiringkan kepala, nyengir. "Bangga deh gue..," lalu dia memainkan rambut gue seperti biasa.

"Sini..," gue langsung menariknya mendekat ke arah gue, sampai dia bener-bener gak bisa gerak.

"Adudududuh.."

Biasanya gue langsung pura-pura mau makan kepalanya gitu. Alhasil rambutnya kegigit dan dia pasti akan teriak histeris.

"IH JOROK IH! RAMBUT GUE ENTAR BAU JIGONG! JANGAN DIGIGIT-GIGIT." Badannya sih boleh kecil, cuma kalo udah jambak rambut orang, tenaganya sebelas dua belas sama Sunggokong.

Sepanjang tahun, gak begitu banyak hal yang kita lakuin. Tapi justru itu yang buat kita makin deket, dan gue ngerasa.. Tahun kemarin jadi tahun di mana gue dan Rumi lebih mengenal satu sama lain.

Instead of doing amazing things, we only do our daily things with no special occassion.

Semakin kita gak mengistimewakan sesuatu, kita jadi sadar kalau banyak hal-hal kecil di sekitar kita yang justru udah istimewa.

Obrolan-obrolan kecil kita.

Perdebatan gak penting karena kita sering banget beda pendapat.

Cerita-cerita yang selalu kita jalanin bareng.

Rumi lebih banyak di rumah gue ketimbang di kostannya sendiri. Saking seringnya dia nginep di sini, ada beberapa bajunya yang memang sengaja ditinggalin.

Oh, dan sebelum orang mikir yang enggak-enggak, dia selalu tidur di kamar Dion.

"Berarti Javier bakal beli rumah di Guntur, terus jadiin itu kantor?" tanya gue waktu kita udah sampe di Quiznos Menteng.

"Hmm," Rumi menuangkan saos yang banyak ke sandwichnya dan gue cuma bisa geleng kepala karena sebagai penganut makanan anti pedes, gue ngilu aja gitu liat dia makan. Dia pernah makan seblak level 10 sampe abis, sedangkan gue harus diare keesokan harinya setelah nyobain kuah seblaknya satu sendok doang. "Lo gimana jadinya udah ketemu sama orang label yang lo bilang?"

Gue langsung gak jadi makan, padahal laper. "Gak.."

Rumi juga ikutan diem.

"Kayaknya gagal lagi..," baru deh keluar apa yang gue pikirin beberapa hari terakhir ini. Entah dia udah terlalu mengenal gue sampai perubahan nada suara gue aja bisa bikin dia gak menggubris makanannya dan menatap gue. "Kita gak bakal bisa pake label lagi.. Gue, Jeff, sama Ravel takut ada kejadian kayak tahun kemarin lagi."

Cuma selang setengah tahun dari Konser Setelah Dini Hari, hampir semua lagu Demero dipake untuk komersial tanpa izin kita sebagai artist. Ada beberapa proyek iklan dan campaign media sosial yang bikin kita bertiga gak nyaman. Jadi sekarang, setelah cabut dari label, kita masih kapok untuk cari yang lain dan percaya diri kalau kita bisa bangun label baru.

Tapi susah banget.

Nyari investornya. Nyari sponsornya. Ngurus jalur hukum untuk buka label sendiri juga susah banget, dan sekarang kita semua kangen bermusik.

"Gue gak enak sih sama Jeff dan Ravel.. Mereka udah lama nunggu gue, dan sampe sekarang masih gak ada progres. Harusnya dari awal gue bilang aja kalo bangun label sendiri tuh ampir gak mungkin."

Jeff sekarang jadi host di acara radio dan podcast bareng temennya.

Ravel juga sekarang lagi asik jadi freelance photographer dan videographer karena dia juga passionate banget sama kameranya.

Mau gimanapun mereka tetep harus cari duit.

Kita bukan anak kuliahan lagi yang idealismenya lebih tinggi daripada realita. Kita tetep harus cari makan dan ngurus hidup kita sendiri. Meskipun kita punya mimpi besar, kita gak bisa terus-terusan nungguin mimpi itu jadi kenyataan tanpa berbuat apa-apa.

Tapi gue masih begini.

Gue masih menunggu kalau kita bisa.

Dan gue udah ampir nyerah.

"Mereka pasti juga males banget nungguin gue.. Ya gue-nya aja gak jelas gini."

Kadang kalo kita udah usaha, terus gagal, sering mikir aja gitu.

Apa iya gue kurang usaha? Mau usaha sampe segimana lagi sih? Sekarang aja rasanya udah berdarah-darah banget.

Udah, ilang napsu makan gue.

"Mau main telpon-telponan gak?" gue sibuk ngelamun, sampai gak sadar kalau Rumi udah menatap gue sejak tadi. Gue langsung menoleh dan mengedip berulang kali karena bingung dia sekarang udah ngambil hapebya, seperti hendak nelpon seseorang.

Terus hape gue bergetar.

Rumi yang nelpon gue.

"Angkat, angkaat!" dia menepuk tangan gue berulang kali dan gue langsung mengerutkan kening. Meskipun bingung, tetep gue lakuin karena gue pengen tau dia mau ngapain.

"Ngapain sih?"

"Ceritanya lo jadi temen gue."

"Hah?" gue beneran bingung.

"Halo, Meta!" ujarnya dan gue bener-bener mendengar suaranya bersamaan dari telepon dan dari di depan gue sekarang.

Gue sempat mengerutkan kening, meskipun tetap menjawab, "... Ya?"

"Gue seneng deh hari ini bisa ketemu sama Ardan lagi.."

Gue langsung diem. Gak bisa menjawab lagi karena sekarang sepasang mata gue udah menatap sosoknya yang lagi tersenyum lebar di hadapan gue.

"Belakangan dia lagi sibuk banget karena ngurusin band-nya, dan gue ngerti sih kenapa dia usaha sekeras itu..." tatapan gue semakin dalam dan bibir gue semakin gak bisa mengeluarkan kata-kata mendengarnya bicara. "Karena dia mikirin temen-temennya..."

"Ardan ya selalu gitu. Yang bikin gue suka banget sama dia... Dia selalu peduli sama orang-orang sekitarnya, selalu usahain yang terbaik meskipun seringkali dia harus repot sendiri. Dia gak pernah minta orang lain bales kepeduliannya. He lets people breathe and live."

Mata Rumi gak pernah meninggalkan gue.

"Tapi Ardan sering ngerasa dia belom lakuin yang terbaik, Met. Itu yang kadang bikin gue sedih."

"Karena gue pengen Ardan... Sekali aja... Bisa bangga sama dirinya sendiri. Bangga sama semua hal yang udah dia lewatin untuk orang lain."

Sekarang mungkin gue tau apa yang bikin kita gak pernah berantem sepanjang 2 tahun ini.

Gue tau apa yang bikin gue gak bisa kalau gak ada dia, sekalipun gue sering banget ninggalin orang di hidup gue.

Karena mungkin cuma Rumi satu-satunya orang yang bisa ngerasa gue pantas tanpa harus memaksa gue. Bukan cuma karena dia mengerti dan memahami gue, tapi karena dia bersedia buat sabar dan menunggu sampai gue bisa nemuin apa yang bener-bener gue mau. Dia gak pernah ninggalin gue sekalipun dia harus menunggu terlalu lama sampai gue bisa jadi diri gue yang sekarang.

Rumi, dia selalu kasih gue ruang dan waktu.

Selama apapun.

Dia gak pernah minta gue buru-buru.

Dia gak pernah minta gue untuk jadi sesuatu yang gak gue bisa.

"Kalo lo ceritain gue ke temen-temen lo gimana?" tanyanya.

"Hmm..," gue pura-pura mikir, dan sekarang gantian gue yang telpon dia.

"Halo Dir."

Gak tau kenapa yang kepikiran di kepala gue ya Dirga aja. Terus senyum di bibir Rumi semakin mengembang.

"Lo tau kan apa yang gue bilang sama lo pas pertama kali gue kenal Rumi? Biasa aja... Paling abis ini gue udah gak pengen cari-cari dia lagi.. Anaknya lucu doang, dan selalu bisa bikin gue ketawa."

Sekarang senyum itu juga menular pada gue.

"Tapi sekarang gue malah nyariin dia terus. Gue gak tau kalau gak ada dia, gue bakal gimana sekarang...."

"Mungkin kalo gak ada Rumi... Sekarang gue ngerasa semuanya sia-sia."

Iya, itu alasannya.

Kenapa kita sampai sekarang masih bisa duduk berhadapan di Quiznos, Menteng.

"Tapi dia selalu ngerasa semua yang dia lakuin itu kurang. Sampe kapanpun, pasti selalu ada orang yang lakuin lebih baik dari dia... Dan setiap ngerasain itu, dia pasti gak bakal ngomong sama gue... Dia tanggung semuanya sendiri karena dia gak pernah mau bikin gue kepikiran."

Rumi just can't stop comparing herself to others, dan dia tau itu gak baik buat dia.

Tapi kadang perasaan untuk ngerasa 'kurang' selalu datang tiba-tiba, bahkan sebelum lo bisa menghentikannya.

"I want to let her know, that she might be not the best at everything."

"But at least, she is the best for me."

**

RUMI

Mau gimana pun gue gak pengen banding-bandingin diri sendiri sama orang lain, kadang keadaan suka tiba-tiba aja brengsek dan bikin gue melakukan itu tanpa sadar.

Di suatu hari gue bisa merasa cantik, dan di hari lain gue merasa semua orang lebih cantik dari gue.

Di suaru hari gue bisa merasa memiliki semuanya, dan di hari lain gue merasa semua orang mendapatkan segalanya tanpa menyisakan gue apa-apa.

Harusnya gue bisa lulus dari tahun 2019 lalu kalau gue pindah tempat magang. Tapi gue gak bisa ninggalin Pengantara.

Anehnya dengan gue... Gue selalu berusaha setia pada apapun -temen, tempat kerja, sampe ke cowok. Gue bisa mengandalkan kemampuan gue sampai seribu persen cuma demi memberikan yang terbaik buat mereka.

Dan gue selalu pede aja gitu, mereka akan lakuin hal yang sama kayak gue.

Kayak... Gila lo, gue udah sebegininya sama lo, masa iya sih lo gak mikirin gue biar sedikit aja?

Gue percaya tiap manusia tuh punya perasaan kok. Gak akan ada dari kita yang bisa setega itu sama orang.

"Udah, Papa gak usah dateng aja deh. Takut entar gak bisa pulang gimana?"

Gue baru banget balik dari kampus ngurusin perlengkapan wisuda dan lain-lain. Anjir, mau lulus aja ribet amat ya? Bayar ini bayar itu. Kayaknya kuliah gue 80% bayar 20% belajar deh.

"Jangan ah! Papa kan udah janji. Lagian masa kamu sendirian di acara wisuda? Eh ada si Ardan sih ya."

Beberapa kali Papa udah pernah video call-an sama Ardan, dan kayaknya sampe sekarang Papa masih gak percaya Ardan itu cowok gue.

"Yee.. Ngeyel. Entar kalo gak bisa pulang jangan salahin Rumi ya.."

"Dateng ke wisuda anak itu udah kewajiban orang tua, Rum," gue terdiam mendengar Papa bicara. "Jadi kamu gak pernah ngerepotin Papa."

Papa tau.

Gue paling gak suka ngerepotin orang. Dan kadang ya kayak gini... Gue suka ngerasa aja kalo gue ngerepotin meskipun orang itu bilang gue gak ngerepotin sama sekali.

"Papa udah berangkat ke airport jadi kamu nunggu Papa aja ya."

Gue sebenernya bukan tipe orang yang sungkan begini.

Yaelah. Aries kayak gue... Kalo maunya apa justru harus diikutin mau ada angin kek, badai kek.

Tapi buat orang yang gue sayang banget.

Orang-orang yang bikin gue takut kehilangan mereka... Sebisa mungkin gue lebih mensedikitkan keinginan gue.

"Tunggu Papa ya.."

Karena Ardan yang minta, gue juga pegang satu kunci rumahnya. Jadi kalo misalnya dia lagi gak bisa jemput gue, gue bisa langsung balik sendiri. Biasanya juga dia selalu jemput apapun yang terjadi, tapi hari ini adalah hari besar dia ketemu sama investor yang mau danain Demero bangun label sendiri.. Jadi gue kekeuh balik sendiri.

Gue tidur di kamar Dion. Tadinya ragu... dia kan tipe bapak-bapak yang bakal ngeh kalo barangnya miring dikit. Tapi ternyata kamarnya kosong melompong seperti hati jomblo sejak lahir.

Cuma ada satu ranjang dengan kayu berwarna hitam, dan......

Udah.

Laci gak ada.

Foto gak ada.

Beneran kayak kamar baru yang bersih tanpa ada satupun dusta.

Pas nyampe dan minum air putih segelas, gue gak sadar kalo gue ngantuk banget. Mungkin capek ya.

Kerjaan di Pengantara makin kayak orang gila karena sekarang kita udah gak numpang di Nota Group. Otomatis harus makin nyari banyak klien.

Kerjaan gue gak ada HRD-HRD-nya sama sekali. Udah gak lagi menjaga kewarasan Bang Javi, Bang Aslan, Bang Lando, sama Bang Jul lagi. Tapi sekarang ikut-ikutan nyari inspirasi desain... Ketemuan juga sama klien.

Emang.

Nasib orang gak ada yang tau.

Dan tanpa sadar aja sambil mikirin itu... Tiba-tiba gue ketiduran. Belom lepas sepatu, langsung baringan ke kasur dengan separuh badan, sementara kaki masih napak di lantai. Posisi tidur juga gak enak, tapi saking capeknya... Gue bener-bener merem dan gak tau apa-apa.

Sampai akhirnya, entah jam berapa... Mungkin udah larut banget ketika pintu kamar terbuka.

Gue mendengar suara langkah familier yang belakangan bikin gue kangen banget. Padahal dia selalu ada di deket gue.

Dan wangi parfumnya yang mengingatkan gue dengan wangi laut.

Ardan gak bersuara.. Tapi gue bisa merasakan keberadaannya.

Gue juga bisa merasakan dia dengan sangat hati-hati melepas sepatu Keds gue.

Lalu gak lama setelah itu, gue merasakan kedua tangannya melingkari tubuh gue dari belakang. Untuk sesaat, udara dingin dari AC menjadi hangat.

Ardan bahkan belum melepas jam tangannya.

Mungkin dia juga baru banget pulang karena gue bisa mencium wangi pengharum mobilnya.

"Bau.."

"Dih, pura-pura tidur ya lu.." suaranya pelan banget, sama kayak suara gue.

"Gimana?" tanya gue.

"Gak mau ngomongin kerjaan.. Mau ngomongin lo aja.."

Gue tertawa kecil. "Semenarik apa hidup gue sampe mau diomongin.."

Ardan gak menjawabnya dengan kata-kata.. Dia menjawabnya dengan mempererat pelukannya, dan gue ngerasa ini yang paling gue butuhin sekarang.

Entah Ardan atau gue..

Kita sama-sama tau kapan kita butuh kata-kata, dan kapan kita cuma butuh keheningan aja.

Tapi gue akan selalu menjadi gue.

Gue dan isi kepala gue.

Sepanjang 2 tahun ini, ada fase di mana gue memikirkan banyak hal.

Ketika semua baik-baik aja, gue malah takut.

Gue selalu mikir... Gimana kalo gue nyaman dengan semua masa "baik-baik aja" ini sampe gue gak siap kalau semuanya berubah jadi gak baik-baik aja lagi?

Ardan...

Gue ngerasa semuanya berjalan terlalu baik-baik aja buat kita sampe seringkali gue takut.

Akan gimana nanti fase gak baik-baik aja kita itu?

Siap gak kita?

Bakal bikin kita pisah gak?

Pikiran-pikiran kayak gitu selalu muncul sekalipun gue selalu berusaha positif dengan diri gue sendiri.

Dan Ardan tau.

Ardan selalu tau dengan isi kepala gue itu, dan gue juga selalu tau kalau dia berusaha buat nunjukin sama gue kalau semuanya akan baik-baik aja.

Kalaupun ada masa di mana kita gak baik-baik aja, kita punya satu sama lain.

2 tahun ini, Ardan tau cerita gue dengan Mama. Ardan juga tau cerita Papa dan kenapa orang tua gue bisa bercerai. Gue terus bercerita padanya sampai rasanya gak ada satu halpun tentang gue yang dia gak tau.

Ardan juga jauh dari ekspektasi jahat gue karena ternyata dia sangat menghormati gue sebagai cewek.

Dia selalu pastiin gue selalu nyaman dengan apapun perilakunya terhadap gue.

Dan punya orang seperti itu... Rasanya luar biasa.

"Bokap lo beneran gak mau dijemput?" tanya Ardan waktu kita udah di mobil, jalan ke Jakarta Convention Center. Gue harus bangun dari subuh buat make-up dan ternyata Ardan nemenin gue juga dari subuh itu. Padahal gue kira, dia baru akan nyusul ke Senayan pas acaranya udah selesai nanti.

"Gak. Dia udah jalan ke sini kok." Padahal sampe sekarang, Papa gak ada kabar.

Sampai acaranya berakhir, hape gue juga masih gak menunjukan tanda-tanda kabar dari Papa. Lalu saat itu gue teringat dengan kata Mama, "Papamu itu pembohong.. Dia gak akan pernah menepati janji dan akan selalu mengecewakan kamu."

Jadi terus terang, saat itu gue hampir merelakan kalau dia gak akan dateng. Gak ada banyak hal yang bisa gue lakuin juga. Marah atau kesel juga rasanya udah gak ada tenaga.

"RUMII!!!" suara cempreng Meta terdengar ketika gue keluar auditorium. Dia bareng sama Marsel yang juga langsung melambaikan tangannya, dan Ravel yang tanpa sengaja jadi terasa makin jauh karena kita sejarang itu kontek satu sama lain sekarang. "Selamat yaaa! Akhirnya!" mereka semua udah lulus duluan. Kalo Ravel jelas, karena dia di atas kita 2 tahun. Tapi Meta dan Marsel seangkatan gue, dan mereka udah lulus dari tahun kemarin.

"Akhirnya ya! Wanita karier pake toga juga," Marsel memukul toga gue sampai menutupi muka dan gue langsung menangkis tangannya.

"HEH!"

"Eh Ardan, hehehe!" Meta langsung melambaikan tangannya cepat ketika melihat Ardan muncul di belakang gue.

"Oi." hish kebiasaan, kalo ketemu temen-temen gue aja, sok kegantengannya langsung meluber gitu.

"Diem diem bae..," gue nyindir Ravel yang cuma diem, dan kasih selamet. "Ke sini mau jadi patung?" gue paling anti ngomong "Sombong lo" saat ketemu temen yang udah lama gak gue hubungin. Abis gue sendiri juga bakal kesel banget digituin. Tapi tadi ampir aja keluar gitu dari mulut gue.

"Bawel.." tuh, giliran ngatain gue aja, baru langsung buka suara. "Selamet ya." Dia gak menyalami tangan gue, tapi cuma menaikan sebelah tangan sebagai tanda kalau dia menunggu gue untuk bales tosnya. Dan gue melakukannya.

"Duh aduh! Jangan dorong-dorong gue dong!" sebuah suara cempreng lain terdengar di belakang.

"Dir tolongin gue!" dan siapa lagi kalau bukan mereka. Ardan langsung menghampiri dan dengan ringannya sebelah tangannya langsung menggeplak Glendy cepat. "Bisa diem gak!"

Sontak gue langsung ketawa.

"Tai! Sakit tau!" Glendy mengelus-ngelus kepalanya. Kasian banget. Sebelumnya dia diseret sama Dirga, terus sekarang digeplak Ardan. "Rum! Selamet ya!" dengan rambut yang berantakan dia berlarian kecil ke arah gue.

Trian juga bawa bunga, tapi dia cuma diem aja sambil melirik Ardan. Ternyata Ardan main mata dengannya, dan ketika Trian sadar, "Oh! Ini... apa namanya... Buat lo.. Hehe," kaku banget emang Trian tuh.

"Makasih! Hahaha."

"Ardan yang beli padahal tapi, dia nyuruh.. Aduh! Woy! Anjing!" teriakan Trian bikin Meta dan Marsel juga ikutan ketawa karena Ardan dengan spontan langsung menendang kakinya untuk buat dia diem. Ardan cuma melotot ke arahnya sebelum menyengir lebar ke arah gue seolah gak terjadi apa-apa

"Hehe."

"Selamet ya.." Dirga yang ngucapin paling terakhir. Perkiraan gue salah tentang Dirga -gue pikir, dia akan berubah bawel dan banyak bicara kalau udah mulai deket sama orangnya. Ternyata 2 tahun kita kenal, dia ya begitu aja terus. Gue cuma tau dia suka banget clubbing dan ceweknya selalu gonta-ganti, tapi gue gak pernah tau apa alasan dia jadi begitu karena Ardan gak pernah cerita. Katanya, biar itu jadi urusan hatinya Dirga aja. Cih, gaya banget.

"Thanks, Dir," gue tersenyum seadanya.

"Loh.. Ngapain lo di sini?" pandangan Dirga teralih ke arah lain -Ravel, yang sekarang masih kasih tampang datar.

"Ravel kan temennya Rumi.. Gue pernah cerita kan," Ardan mendahului karena Ravel juga cuma diem.

"Oh.." Dirga mengangguk-angguk. Tapi selang beberapa detik, gue tau tatapan Dirga berubah ke arah gue. Dia lalu menatap Ravel dan gue bergantian seolah menyadari sesuatu, tapi gue gak bisa terlalu banyak mengambil atensi karena sekarang gue celingak-celinguk mencari seseorang.

Seseorang yang gak kunjung datang.

"Bokap lo udah ada kabar?" tanya Ardan khawatir.

Lama gue gak menjawab, sampai akhirnya gue berkata, "Kita langsung balik aja."

Lagian kita udah cukup lama nungggu di sini, dan gue bahkan gak bisa telpon dia karena hapenya gak aktif.

"Tapi kan-"

"Gak jadi dateng kali dia..," gue gak tau kalo nada suara gue saat itu terdengar dingin, dan gak cuma Ardan yang memperhatikan. Tapi juga Ravel.

"Kita tunggu aja sebentar lagi. Siapa tau dikit lagi dia dateng.." Ardan tetep kekeuh, dia sampai menggenggam tangan gue untuk memastikan, tapi gue juga tetep teguh pada pendirian gue.

"Udah.. Pulang aja."

"Om!" suara Ravel membuat gue menoleh ke belakang, dan di sanalah gue melihatnya.

Berlarian ke arah gue.

"Haduh, maaf maaf terlambat. Landing tadi pesawatnya."

Dan ketika Papa sampai di hadapan gue,

Gue tau Papa selalu menepati janjinya.

Dia gak seperti yang Mama bilang.

"Selamat ya... Anak Papa."

**

RAVEL

"Dia cewek yang lo bawa ketemu Eyang dulu kan?" harusnya gue tolak aja tadi, waktu dia minta nebeng. Lagian rumah kita gak searah, ngapain juga gue anterin dia pulang?

"Kenapa lo gak bawa mobil sih?"

"Kan ada Trian. Jarang-jarang dia bawa mobil..," Dirga bersender santai di jok mobil dengan sebelah kakinya yang naik. Jendela sengaja diturunkan, karena dia mau ngerokok. "Pertanyaan gue gak dijawab gitu..."

"Iya."

"Datar amat."

"Komen mulu deh lo." tanya gue sedikit kesal.

"Kok jadiannya sama Ardan bukan sama lo?" tanyanya lagi.

"Ya Ardan yang suka sama dia, dia juga suka Ardan. Jadian lah mereka."

"Emang lo gak suka?"

Gue langsung menoleh dengan ekspresi datar. "Dir.. Gue bukan lo." Ngingetin aja sih, kali aja dia lupa diri.

Bener kan? Pas gue ngomong gitu dia langsung diem, membuang muka ke arah jendela dengan mata sedikit menyipit karena angin yang masuk.

"Kok setelah bawa dia, lo gak pernah bawa siapa-siapa lagi?" tapi dia masih gak berenti tanya. "Yakali dua tahun gak jadian sama siapa-siapa lo. Kan gue makin curiga."

Gue deket sama beberapa cewek selama dua tahun terakhir. Kebanyakan dari mereka model di beberapa brand yang pakai jasa fotografi gue. Dan sekarang gue juga lagi jalanin hubungan yang udah cukup lama -lebih dari 6 bulan sama seorang cewek bernama Gita.

"Nanti kalo Eyang bikin acara lagi, gue ajak Gita."

"Hmm," Dirga mengangguk-angguk, dan gak tau kenapa itu nyebelin aja buat gue. "Gita ya..... Gita," dia sempat menatap gue sebentar sebelum melihat jalanan lagi.

"Sebenernya lo suka sama Rumi pun juga gak masalah sih...."

Kali ini gue yang menoleh karena gue pikir dia sedang meracau ngaco.

"Kan perasaan lo.. hak-hak lo mau suka atau gak...."

"Dan gak harus juga dia suka sama lo balik."

Sampai kita tiba di rumahnya, Dirga gak banyak bicara lagi. Gue cuma sesekali menatapnya tanpa mengatakan apa-apa, lalu ketika gue sendirian di dalam mobil, gue terjebak dalam pikiran gue sendiri.

It's very nice to see how they can get together this long.

Terakhir kali Rumi bangun hubungan sama seorang cowok adalah dengan Hansel -temen kuliahnya dulu, dan itu pun gak sampai selama ini.

Both of them -Ardan dan Rumi, they have given some good influences to one another.

And I just position myself to the right place that I wouldn't interupt other's relationship with unnecessary drama.

Gak ada orang yang mau cewek atau cowoknya lebih deket sama orang lain termasuk sahabatnya sendiri. Gak ada orang yang bisa terima kalau ada orang lain yang lebih mengenal orang yang mereka sayang ketimbang diri mereka sendiri. That's just nonsense and I truly understand.

Jadi dalam beberapa waktu.

Meskipun gue tau saat itu Rumi lagi butuh sendiri karena itu hari ulang tahun ibunya, dan gue tau benar posisi dia di mana.. Ketika Ardan nanya, gue memilih untuk bilang gak tau, supaya dia gak merasa gue lebih tau soal Rumi ketimbang dia.

Gue menambahkan nama Meta dan Marsel di bunga pemberian gue untuk ibunya di makam, supaya ketika Ardan datang juga ke sana, Ardan gak merasa hanya gue yang memberikan bunga itu.

Gue gak pernah mengajak Rumi nemenin gue makan di Waki lagi, karena menurut gue itu gak etis and it just feels like I disrespect Ardan as her boyfriend to do that.

Ketika Om Donny dateng ke acara wisudanya, gue hanya menyapanya sebentar dan memilih langsung pergi, karena ada kemungkinan Om Donny akan mengajak gue bicara di depan Ardan karena kita saling kenal lebih dulu.

I just want to do the right thing, so that I have nothing left to blame myself when some things happen.

Dan gue udah terbiasa dengan itu.

Gue kira gue akan mencari-cari dia, tapi ternyata enggak.

Gue terbiasa dengan keadaan sampai gue baru sadar... Udah 2 tahun ya.

Udah 2 tahun begini.

I'm sorry that I let you go,

I'm sorry that I cared
I'm sorry that the feeling shows and I just wasn't there

Semenjak lepas dari label sebelumnya, gue, Jeff, dan Ardan cuma main band tiap minggu. Karena gak jelas kapan kita akan siapin album baru, dan gak ada lagi yang ngurus cari panggung, kita bertiga harus cari kerjaan lain dulu karena biar gimanapun kita juga tetep butuh duit. Gue milih fotografi sambil sesekali juga bantuin Javier sama projectnya karena dia kekurangan fotografer.

Dan tiap kita dateng ke studio, kita nyanyi apa aja.

Apa aja yang pengen kita nyanyiin karena memang kita sekangen itu bisa tampil di atas panggung.

I'm reminded of the fool I was
I cut you off and fucked it up again

Gue gak tau apa yang membuat gue pengen banget nyanyi lagunya Aquilo itu malam ini.

I'm sorry that I let you go, I'm sorry that I cared

"Cabut duluan ya! Mesti cepet-cepet siaran nih gue," Jeff harus jalan cepet-cepet ke tempat siaran podcastnya

"Thanks ya. Kalo ada kabar, gue pasti kabarin ke kalian lagi..," ujar Ardan sambil siap-siap balik. "Gue juga cabut duluan."

"Dan.."

I'm sorry that I let you go, I'm sorry that I cared
I'm sorry that the feeling shows and I just wasn't there

"Ha?"

"Lo mau makan bareng gue gak?"

Saking kagetnya, Ardan sampe diam beberapa saat. Takut salah dengar kali.

"Gue abis ini mau makan bentar di Waki. Lo ajak si Rumi juga aja..," gue juga ikut membereskan barang gue dengan ekspresi sedatar mungkin, sedangkan Ardan masih menatap gue lama.

"Gue abis ini mau ketemu Mas Vincent sebentar..," jawabnya. "Tapi kalo misalnya lo mau makan bareng Rumi, bilang aja sama dia.. Dia juga lagi gak ke mana-mana kok. Tadi cuma ketemu bokapnya bentar."

Gue gak langsung bersuara, karena bukan jawaban seperti ini yang gue harapkan keluar dari mulutnya.

"Oh ya udah kalo gitu, gak usah."

Karena gue selesai mengepak barang, gue jalan duluan meninggalkannya tapi Ardan menghentikan gue.

"Kalo lo emang mau pergi sama Rumi, gak apa-apa banget, Vel."

Langkah gue terhenti.

"Mau gimanapun kan lo juga temennya. Sama kayak Meta, kayak Marsel.. Dia aja pernah izin makan bareng Marsel berdua doang, gue juga santai. Jadi lo gak perlu begini banget..."

Gue berbalik untuk menatap matanya, dan Ardan melanjutkan. "Rumi bilang kok sama gue, dulu lo sama dia selalu makan bareng di Waki karena kadang lo butuh temen ngobrol juga... Dan dia berasa semenjak jadian sama gue, lo jadi jaga jarak sama dia, jadi dia juga ngerasa gak enak..."

"Biasa aja, Vel.. Gue gak bakal mikirin yang enggak-enggak, karena gue udah tau lo gimana ke dia.. Dan gue gak bakal marah."

"Bukannya harusnya lo marah?" pertanyaan gue membuat dia langsung diam. "Kalo gak marah, minimal lo khawatir atau terganggu..."

"It's not a sign of being overprotective though... Itu wajar."

"Justru ketenangan lo yang kayak begini yang keliatannya gak wajar," kening gue lalu berkerut. "How would you let your girlfriend hanging out with other guys?"

Gue lalu memiringkan kepala dan masih menatapnya tajam sambil menghela napas.

"Are you being a good boyfriend....?"

"Or are you not loving her enough yet?"

Ardan hanya diam.

**

Gue berakhir makan sendirian di Waki, dan memesan menu gue seperti biasa -1 set Tokujyo Galbi yang bisa habis gue makan sendirian.

Sampai tiba-tiba, ada seseorang yang menarik bangku di hadapan gue, duduk dengan ekspresi cemberutnya yang.... Udah lama banget gak gue liat.

Hari ini bajunya berwarna shocking pink dengan gambar Pink Panther. Kontras banget sama celana kinonya yang warna biru terang.

Gue yakin Rumi bisa menjadi apapun kecuali Fashion Designer.

Lalu dia comot makanan gue.

"Bagi ya."

Gue langsung bersandar di tempat duduk gue, diam dan menatapnya lama.

"Gue kan udah bilang sama Ardan, gak jadi."

"Hah? Apaan yang gak jadi?" dia terlihat bingung sampai mengerutkan keningnya. "Lo bilang apaan sama Ardan?"

Sekarang gantian gue yang bingung.

"..... Bukan Ardan yang nyuruh lo kemari?"

"Hah?" dia terheran-heran lagi, saking herannya, dia sampai mengambil jatah daging gue yang tinggal sendikit. "Ngapain dia nyuruh gue kemari? Emang ada acara apaan?" dia mengoceh sambil ngunyah. "Ocha dong.. Ocha.. Aus..," ujarnya lagi menyuruh gue dan gue cuma bisa geleng kepala sebelum meminta Ocha pada waitress.

Tapi tunggu, kalo misalnya bukan Ardan yang nyuruh dia ke sini, terus siapa?

"Lo ngapain ke sini?"

"Makan gratis.."

Gue menaikkan sebelah alis, "Om Donny?"

"Tadi abis ketemu di hotel tempat dia nginep."

Gue tau dari nada bicaranya ada sesuatu yang ingin dia bicarakan. Tapi gue gak tau kalau waktu yang diperlukan olehnya bisa sampai selama ini.

Lama banget sampai dua jam berlalu, kita cuma terjebak dalam keheningan, dan ini udah set daging ke-4 yang gue pesan dan semuanya habis karena Rumi sungguh memakan semuanya tanpa sisa.

"Vel.."

Sampai akhirnya gue mendengar suaranya lagi.

Suaranya yang selalu terdengar setiap kali dia takut dan khawatir akan sesuatu.

Suaranya ketika kecewa.

Suaranya ketika.... Dia ingin bicara dengan gue.

Gue gak menjawab dan cuma menatap matanya dalam.

"Bokap minta gue ikut dia ke Qatar."

Rumi selalu mikirin dirinya sendiri.

Sama seperti gue.

Sama seperti orang di luar sana yang gak datang dari keluarga yang baik-baik aja.

Kita semua mikirin diri kita sendiri terlebih dulu, karena kalau bukan kita yang bisa bahagiain diri sendiri, siapa lagi?

Dan gue orang yang paling tau sepengen apa Rumi untuk bisa tinggal sama Bokapnya.

Seberapa besar keinginan dia untuk menunggu Om Donny ngajak dia tinggal bersamanya supaya Rumi bisa ngerasain tinggal di sebuah keluarga lagi.

Gue tau banget betapa Rumi pengen tinggal sama Bokapnya sejak Nyokapnya. meninggal.

Namun sekarang....

"Tapi Ardan gimana?"

Yang Rumi pikirin bukan lagi dirinya sendiri.

"Gue harus ngomong apa sama Ardan?"

Melainkan Ardan.

Dan itu yang bikin gue pengen liat Ardan marah kalau ada cowok, siapapun yang berusaha deketin Rumi, termasuk gue.

Gue pengen Ardan sebegitunya sama Rumi.

Karena dengan begitu gue yakin kalau rasa sayang yang Ardan punya ke Rumi... Sebesar rasa sayang Rumi ke Ardan.

Because for Rumi,

"Gue gak bisa ninggalin Ardan sendiri, Vel."

Ardan is everything.

"Gue gak mau bikin Ardan ngerasa dia ditinggal lagi."

Ardan is her everything that she can't stop crying over him now.

Even if it's for her own happiness.

❀❀❀❀

Catatan Valerie

Cuma mau kasih tau kalau Layak Diingat tinggal 2 chapter lagi di Wattpad.

Dan semoga, sampai akhirnya nanti.....

Layak Diingat bisa kasih sesuatu yang baik buat kalian ya :)

Semoga suka dengan bagian ini, dan selamat datang di tahun 2020-nya Ardan dan Rumi!

Continue Reading

You'll Also Like

431K 21.1K 36
[Follow dulu untuk bisa membaca part yang lengkap] Tarima Sarasvati kira akan mudah baginya menjadi istri bayaran Sadha Putra Panca. Hanya perlu mela...
944 137 14
.⋆☾⋆⁺ Seorang perempuan terjebak dalam bayangan cinta pertamanya. Bertahun-tahun berlalu, perasaan itu tetap terjebak di hatinya. Takdir mempertemuka...
147K 12.1K 20
Takdir memang selalu saja bisa mempermainkan manusia. Siapa sangka akan bertemu lagi dengan orang yang pernah singgah di masa lalu setelah 5 tahun ti...