CERMIN INDONESIA

By AndiAgus12

11 1 0

Kemana arah langkah negeri kita? More

Kecerdasaan adalah software demokrasi (Andi Agus)

11 1 0
By AndiAgus12

Pertengkaran politik adalah hal yang tidak mungkin terhindar dalam negara demokrasi. Argumen-argumen dari aktor politik adalah bagian dari napas politik itu sendiri. Kepentingan demi kepentingan tentunya di rawat dengan sangat baik oleh pelaku politik. Tidak peduli dengan etika, karena demikianlah demokrasi. Bebas mimilih dan memutuskan.

Kebebasan memilih dan memutuskan tanpa doktrin tentu adalah kemerdekaan indovidu. Setiap individu diberikan kebebasan dalam berpikir. Agar mereka mengetahui konsekuensi dari pilihannya.

Dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi segala hal bisa dengan cepat di akses. Kecepatan itu tidak menjamin ketepatan. Sehingga dibutuhkan pemikiran yang cemerlang dalam bertindak. Tentu saat memutuskan nantinya, tidak terjebak pada masalah hukum yang berakibat fatal. Sehingga napas politik dalam domokrasi kita terus berkembang dan tumbuh.

Kecerdasaan adalah software terbaik dalam demokrasi. Proses downloadnya tentu penuh kehati-hatian saat sistem bertanya masalah penyimpanan folder. Dalam folder tersebut kita tidak lagi menemukan file yang bertentangan dengan demokrasi. Saat folder berlanjut terinstal maka cara paling tepat adalah menguninstal perangkat lunaknya. Tidak ada pilihan lain, jika di biarkan ia akan menjadi masalah besar karena bisa menyebarkan banyak virus dalam folder tersebut.

Dalam sebuah sistem demokrasi, semua bentuk kritik, hujatan, kritik, bahkan pujian harusnya sama kedudukannya. Karena demokrasi akan tumbuh bila mana ada konflik argumentasi. Di hujat? Di ktitik? Cara menjawabnya tentu bukan melawannya tetapi membuktikannya bahwa keputusan yang anda buat sudah yang terbaik. Jangan saling menaklukkan dengan tindakan hukum. Karena biasanya hukum menjadi hal yang menakutkan bagi mereka yang tak punya kekuatan "biasanya/kadang-kadang"

Selayar, 14 Juni 2019

Continue Reading

You'll Also Like

31.6K 1.2K 22
Sebuah cerita tentang kebinalan sosok Bian. Remaja awal SMA yang berparas tampan dan imut berkulit putih mulus yang selalu dapat menangkap mangsa par...
20.6K 1.5K 2
"Ma... Bila tempatku berpijak tidaklah sejajar dengan saudaraku yang lain. Tolong jangan anggap aku gagal." _Lio
259K 18.8K 55
Menjadi anak yang tak diinginkan oleh orang tua bukan keinginan Al. Ia tak pernah meminta kepada Tuhan untuk di lahirkan di dunia ini. ia juga tak ma...
4.3K 805 10
「𝐒𝐚𝐤𝐮𝐫𝐚 𝐡𝐚𝐫𝐮𝐤𝐚 𝐱 𝐫𝐞𝐚𝐝𝐞𝐫」 ⊱ ────── {.⋅ ✯ ⋅.} ────── ⊰ 𝗦𝗮𝗸𝘂𝗿𝗮: ❝ i could never choose to love another.❞ 𝗬𝗼𝘂: ❝ maybe one da...