Zona Terlarang

By bunny_angela

202 2 0

Pacaran beda agama itu gimana? Baca aja karena ini cuma cerpen lama yang sayang kalo gak diapa-apain. Semoga... More

Zona Terlarang

202 2 0
By bunny_angela


Hai, kenalin nama gua Andin lebih tepatnya Andini Resta Adelia umur gua enam belas tahun, gua sekolah di salah satu SMA negeri favorit di kota Cirebon dan sekarang gua duduk di bangku kelas XI MIPA 2. Kata orang gua itu humoris, easy going, dan bisa dibilang cukup terkenal di kalangan siswa-siswi beken sekolah dan so pasti gua punya banyak sahabat yang selalu ada di samping gua, mereka Vika, Sela, Audry, dan Bryan. Eits, tapi di sini gua bukan mau cerita tentang ke gokil an hidup gua selama temenan bareng mereka.

Ini tentang Alvin, cowok kelas XI MIPA 4. Nama panjangnya Yosef Alvin Nathaniel Gunawan kalo gua gak salah sebut, dia salah satu dari banyak siswa minoritas disekolah gua. Gua kenal Alvin karena Alvin temenan sama Bryan, lebih tepatnya sahabat kecil. Dia orangnya asik, ramah ke semua orang, termasuk gua. Jujur gua gak terlalu deket sama dia, sekedar kenal tapi gua tau dia baik. Sampai suatu peristiwa tak terduga menimpa gua.

"Andin, gua suka sama lo," gua kaget. Sumpah ini pertama kalinya gua ditembak cowok apalagi cowok sekelas Alvin. Oke, gua mulai norak dan gak tau harus jawab apa. Jelas gua gak terlalu kenal sama Alvin dan tiba-tiba aja dia nembak gua.

"Gua tau lu pasti kaget, tapi gua serius." Ucapan mantap Alvin makin bikin gua bingung.

"Vin, gu-gua hm.. bisa kasih waktu buat gua mikir?" jawab gua pada akhirnya. Gua lirikin mata gua diam-diam buat ngeliat reaksi Alvin. Cowok itu masih diem.

"Oke, gua tunggu jawaban lo besok. Gue balik duluan. Ati-ati ya Din, maaf gak bisa nganter," Alvin pergi sambil lambain tangannya ke gua dan gua bales sekenanya.

Gua masih syok, lalu gua duduk dibangku taman alun-alun deket sekolah gua. Kaki gua rasanya kaya berubah jadi jelly seketika. Akhirnya gua mutusin buat balik ke rumah karena bentar lagi magrib.

***

Semaleman gua mikirin dia, gua harus apa? By the way Alvin itu kristen gak sih. Aduh rasanya makin rumit, kalau orang tua gua sampe tau pasti mereka gak bakal setuju. Sekedar pacaran aja gua ga boleh ini lagi beda agama.

Mereka itu kaku dan nyantri banget. Beda banget sama gua yang cukup open minded, tapi bukan berarti gua melenceng dari aturan agama gua, nggak! Gua masih sholat kok, gua juga masih menutup aurat gua walaupun kadang-kadang masih gak bener, oke don't judge me please, mungkin gua bisa dibilang anak yang sedikit pembangkang, sering banget gua beda pemikiran sama mereka. Bahkan dibeberapa sesi obrolan kita mengenai suatu hal, kita selalu selek, yaa walaupun pada akhirnya gua yang ngalah sih.

Gua itu beda banget seratus delapan pulus derajat dari abang gua. Dia nurut, pinter, sholeh, kuliah di FK UI lagi. Cukuplah buat jadi bahan bandingan sama diri gua yang banyak minus nya ini.

Akhirnya, setelah perdebatan panjang antara gua dengan batin gua. Gua nyerah gua milih nelpon Vika buat minta pendapat karena cuman dia satu-satunya sahabat gua yang mulutnya gak ember.

Tuuut.. tuuut..

"Halo? Ngapain lo Din nelpon gua tengah malem gini." Tanya Vika gua mendengus denger gerutuan dia.

"alah, masih jam 10 lebay banget sih lo" jawab gua. "Hemm.. jadi ada apa? Gak biasanya lo nelpon kalo gak ada maunya?" tanya Vika penuh curiga ke gua.

"Gua mau minta pendapat lo" jadilah setelah itu gua bercerita panjang lebar tentang kejadian yang gua alami tadi siang.

Vika sama syok nya kaya gua dia gak nyangka kalau cowok sekelas Alvin bisa nembak gua. Secara Alvin anak Voli yang pastinya terkenal di kalangan siswi terutama adik kelas.

"Jadi, apa keputusan lo?" tanya Vika.

"Gua belum tau, Vik. Secara lo tau Alvin Nonis gua takut orang tua gua tau. Lu tau kan mereka kaya apa." Jelas gua.

"kalau menurut gua sih Din, jalanin aja dulu. Toh kalian gak niat sampe nikah juga kan?" jawab Vika dengan nada bercanda.

"Iya sih. Ha-ah udah ah besok lagi gua pusing" jawab gua pada akhirnya.

"Hmm.. padahal lo yang nelpon gua. Yaudah, tapi kalo lu beneran jadian sama Alvin jangan lupa pajak jadiannya ya!" goda Vika.

"hush! Udahlah Assalamua'laikum"

"Waalaikum salam, bisa ngucap salam juga lo," ledek Vika

"Bacot lo!"

***

Esok Harinya...

Alvin beneran nagih janji gua, dia bener-bener niat ngehadang gua tepat di depan kelas gua pas jam balik sekolah dan berakhirlah gua di hadapan Alvin yang menuntut jawaban. Kami sama-sama canggung gak tau harus mulai dari mana.

"Errr... sebelumnya maaf Din kalo ini bikin lo risih," Alvin mulai buka suara ia keliatan sama gugupnya dengan gua.

"Gak apa-apa kok. Gua ngerti," jawab gua. "Umm.. Andin, jadi apa jawaban lo?" tanyanya to the point. Sontak gua kaget, jantung gua deg-degan banget sampe rasanya mau copot.

"Gua.." gua menjeda, ini bikin Alvin makin tegang "Gua mau," jawaban gua sontak langsung bikin dia memandang ke arah gua. Alvin tersenyum. Ah, gila senyumnya manis banget.

"Serius? Makasih Andin. Gua Seneng banget!" serunya dan reflek dia MELUK gua!

"E-eh, sorry Din kelepasan," ujar Alvin canggung sambil garuk-garuk kepala yang gua yakin gak gatel sama sekali.

"Gapapa Vin," gua senyum.

GAPAPA APANYA WOY JANTUNG GUA MAU COPOT NIH!

Entah apa yang sekarang gua rasain. Gua punya pacar, dan orang itu adalah Alvin. Rasanya masih gak nyangka, biarpun gua gak ada rasa apa-apa sama dia. Tapi bukannya rasa sayang bisa tumbuh dengan waktu.

***

Satu setengah tahun kemudian...

Gak kerasa udah mau satu tahun setengah hubungan gua sama Alvin kami bahkan udah sama-sama lulus SMA. Gak kerasa juga gua makin sayang sama dia, dia baik dan pengertian. Kami masing-masing punya kesibukan dan itu gak pernah jadi alasan buat kita saling marahan. Apalagi bentar lagi kita bakal disibukin buat menghadapi ujian masuk universitas.

Hari ini hari minggu, seperti biasa Alvin lagi sembahyang di gereja bareng keluarganya. Gua setia nunggu dia jemput gua di rumah Bryan karena gak mungkin gua bawa Alvin ke rumah gua, bisa abis dia diomelin ibu gua. Dia bilang sehabis pulang dari gereja dia minta gua buat nemenin dia cari sepatu sport buat kompetisi voli minggu depan.

"Andin, udah nunggu lama?" akhirnya yang gua tunggu datang.

"Lo lama banget sih!" gerutu gua pura-pura cemberut.

"Hehe.. sorry, udah gak usah sok dicemberutin. Muka lo gak ada imut-imutnya," ledek Alvin. Inilah yang gua suka dari dia biarpun kita pacaran tapi cara ngobrol kita gak pernah berubah dan gua juga gak bakal nyaman kalau misalnya harus ngobrol sayang-sayangan sama dia. Idiih.

"Yuk, berangkat nanti kesiangan. Yan, gua sama Andin berangkat yo!" seru nya ditanggapi teriakan dari dalam oleh Bryan.

***

"Gua balik ya," kata gua, selepas nganterin dia nyari sepatu sekaligus jalan bareng. Alvin nganterin gua balik biarpun cuman sampe gang rumah gua.

"Iya, jangan lupa sholat ya Din," serunya ngingetin gua.

"Iya bawel, udah sana-sana" kata gua ngusir dia.

Alvin akhirnya pergi dengan motornya, gua pun berbalik buat pulang ke rumah. Sebenernya, sebelum balik tadi gua dan Alvin baru aja liat hasil pengumuman tes SBMPTN di website resminya dan gua lulus gua bakal lanjutin kuliah di Universitas Negeri Semarang. Gua seneng banget tapi disisi lain gua ikut sedih Alvin gagal. Itu berarti kita bakal LDR an. Dia bilang kalau dia gak lulus SBMPTN dia bakal kuliah di Jakarta bareng kakaknya.

"Assalamua'laikum" Ucap gua waktu masuk ke dalem rumah.

"Waalaikum salam. Dari mana aja kamu?" Tanya Bapak dengan nada mengintrogasi.

"Dari rumah Audry pak," jawab gua santai, oke gua bohong jelas-jelas gua abis jalan sama Alvin.

"Jangan bohong kamu, Del!" kali ini giliran ibu gua angkat bicara.

"Jelas-jelas tadi kamu dianter cowok naik motor sampe depan gang" lanjut ibu. Mampus gua ketauan.

"Tadi temen Adel kok bu," jawab gua mengelak.

"Temen gimana? Tadi Ibu telpon mamahnya Audry dia bilang kamu gak ke rumahnya." Tambah mampus gua. Kali ini gua bener-bener gak bisa jawab. Bahkan tentang pengumuman SBMPTN pun udah gua lupain.

"Del, Bapak gak pernah ngelarang kamu buat main dengan siapapun. Tapi bapak minta kejujuran kamu. Siapa laki-laki tadi? Dia pacar kamu?" tanya bapak gua, rasanya semakin bersalah karena selama ini gua udah bohongin mereka. Gua menunduk.

"Iya pak, dia pacar Adel," jawab gua pasrah, mental gua lemah banget kalo udah ngadepin bapak dan gua juga gak bisa bohong kalo udah berhadapan dengan situasi kaya gini. Ya Allah, tolong hamba.

"Astagfirullah Andini Resta Adelia kamu dididik bapak sama ibu buat jadi perempuan solehah. Bapak gak pernah ngelarang kamu temenan dengan siapa pun bahkan sama lawan jenis sekalipun. Tapi untuk pacaran bapak gak bisa toleran kamu itu Cuma harus focus buat belajar masalah jodoh kamu bisa pikirin nanti, apalagi ini beda agama" Omongan bapak gua sontak bikin gua kaget.

Bapak gua tau dari mana?

"Bapak sama Ibu tau dari isi chat kamu," jelas Ibu seolah bisa baca jalan pikiran gua.Gua ngerti maksud nya. Gua sebenernya udah mempersiapkan diri untuk hari ini. Gua yakin pasti suatu saat hubungan gua dengan Alvin bakal ketauan. Tapi gua bener-bener gak nyangka bakal kaya gini jadinya.

"pak..." ucap gua sedikit memohon, "Bapak dan Ibu gak mau tau Del. Secepatnya kamu harus akhiri hubungan kamu dengan dia. Ibu gak mau kamu semakin jatuh cinta dengan nak Alvin," kata ibu berucap lembut.

"iya bu, Adel ngerti" akhirnya gua memutuskan masuk kamer. Hati dan pikiran gua rasanya hancur. Gua dikenal sebagai anak yang pembangkang tapi gak tau kenapa untuk hal satu ini gua gak bisa ngelawan kedua orang tua gua. Atau mungkin karena emang gua tau ini salah.

Sekarang cuma satu yang gua yakinin. Ini semua demi kebaikan gua. Jika pun gua dan Alvin berjodoh Allah pasti akan membukakan jalannya untuk gua.

***

Esok Hari...

Hari ini gua mutusin buat nemuin Alvin. Kita janjian ketemua di Caffe Strawberry sore ini, balik dia latihan voli. Gua duduk di salah satu bangku kosong sambil memesan minuman, menunggu Alvin datang. Tadi malem gua habisin waktu gua buat nangis dan berdoa sama Tuhan. Bahkan chat alvin pun gak gua baca dan baru gua bales tadi pagi.

Gua bener-bener mempersiapkan diri buat hari ini. Gua gak tega sama dia dan gua juga gak rela. Alvin udah baik banget sama gua. Dia laki-laki baik-baik, terlahir dari keluarga yang taat. Cuman karena perbedaan keyakinan yang bikin hubungan kita malah jadi rumit.

"Hei, udah lama?" tanyanya sumringah. Dia sama sekali gak marah karena gua gak baca chat dia semalem. Gua makin gugup. Gua mulai pembicaraan dengan mencoba tetap santai.

"Vin, sebelumnya gua bener-benef minta maaf." Omongan gua terjeda, "Gua mau ngomong serius," Ujar gua.

Alvin keliataan berekspresi bingung gak ngerti apa yang gua bicarain sama dia. "Gu-gua.. gua mau kita udahan aja," kalimat singkat itu menluncur bebas dari mulut gua. Gua melirik kearah muka Alvin dia keliatan syok.

"Hah? Din, lo gak bercanda kan? Gak, gak, gak, ini pasti prank? Ya kan?" tanya Alvin bertubi-tubi ke gua.

Gua menunduk nandain kalo gua serius dengan ucapan gua. Alvin ngusak wajahnya yang keliatan capek karena dia baru aja selesai latihan voli.

"Maafin gua, Vin" jawab gua.

"tapi kenapa sayang? ada masalah?" tanya dia, lagi. Rasanya ini pertama kali selama kita pacaran dia manggil gua sayang. Sontak gua gak bisa nahan air mata gua. Gua sesegukan gak tau malu ditempat umum. Orang-orang di Caffe mulai ngeliatin gua. Alvin pun mencoba buat nenangin gua.

"Gu-gua hiks.. kemarin gua ketauan sama bokap nyokap pas lo nganter gua pulang sampe depan gang hiks.. mereka introgasi gua.. gua gak bisa bohong sama mereka.. gua cerita semuanya, mereka marah dan gak setuju sama hubungan kita.. hiks, gua gak tau harus gimana, Vin." Jelas gua sambil sesegukan. Alvin keliatan mulai ngerti dengan situasi ini.

"sssttt... udah jangan nangis, gua ngerti ini berat buat lo. Gua juga gak bisa maksain kehendak gua buat mertahanin lo." Alvin diem, "Gua, nerima apa pun keputusan lo. Kalo emang baiknya kita pisah, memang itu jalan yang terbaik. Gua bukan gak mau perjuangin lo Din, tapi gua mencoba menghormati orang tua lo. Turutin omongan mereka, karena memang sesungguhnya orang tua adalah tangan Tuhan," gua liat Alvin tersenyum gua tau dia sama sedihnya dengan gua. Gua bisa liat itu dari matanya.

"Din, jika Tuhan menghendaki. Maka kita akan bersatu suatu saat. Tapi tetaplah percaya akan dirimu jangan lakukan apa yang dilarang oleh agamamu. Makasih buat satu tahun yang berharga ini. Ngomong-ngomong gua diterima di Universitas Katolik di Jakarta. Gua harap kita masih bisa temenan, Din. Gua sayang sama lo, Andin" ucapan Alvin bagai ucapan selamat tinggal buat gua.

Dia pergi duluan, kami sama-sama butuh waktu sendiri. Hal ini cukup berat buat gua, Alvin pacar pertama gua. Orang yang selalu ada saat gua kesulitan. Bahkan, dia yang bantuin gua buat belajar selama periode ujian kelulusan sampai SBMPTN. Tapi jalan kami berbeda, mungkin ini memang kehendak Tuhan. Gua yakin Tuhan akan memberi jalan yang terbaik untuk gua.

Gua tatap jendela Caffe ini, ya perjalanan gua masih panjang. Alvin dan gua sama-sama punya prinsip. Masih ada banyak rintangan yang bakal gua hadapin kedepannya dan gua gak bakal diem di sini cuman gara-gara putus cinta. Dan ya!

Semarang? Tunggu gua!

Andini Resta Adelia

Continue Reading

You'll Also Like

9.9M 499K 199
In the future, everyone who's bitten by a zombie turns into one... until Diane doesn't. Seven days later, she's facing consequences she never imagine...
7.2M 302K 38
~ AVAILABLE ON AMAZON: https://www.amazon.com/dp/164434193X ~ She hated riding the subway. It was cramped, smelled, and the seats were extremely unc...
28.8M 914K 49
[BOOK ONE] [Completed] [Voted #1 Best Action Story in the 2019 Fiction Awards] Liam Luciano is one of the most feared men in all the world. At the yo...
67.8K 1.4K 11
Warning ⚠️ 19+ αž€αŸ’αž“αž»αž„αžšαžΏαž„αžαŸ’αž›αžΈαž‘αžΆαŸ†αž„αž’αžŸαŸ‹αž“αŸαŸ‡αžŸαž»αž‘αŸ’αž’αžαŸ‚αž‡αžΆαžšαžΏαž„αž”αŸ’αžšαžŒαž·αžαž˜αžΆαž“αžŸαžšαžŸαŸαžšαž–αžΆαž€αŸ’αž™αž’αžŸαž»αžšαŸ„αŸ‡αžαŸ’αžšαž„αŸ‹αŸ—αž…αŸ’αžšαžΎαž“αž‡αžΆαžšαžΏαž„αžŸαž·*αžœαŸ‰αŸƒ..αž”αžΌαž€πŸ”žBL . Focus on T@Γ«hyung bottom πŸ”ž