Tumbuh dalam Runtuh (CindeRen...

Bởi Crowdstroia

598K 12K 893

Dalam dunia di mana sebagian manusia adalah mutan yang memiliki belahan jiwa, seorang lelaki menemukan belaha... Xem Thêm

epigraph
1 || Pertemuan
2 || Sebelum Bertemu
3 || Sesudah Bertemu
4 || Kencan
5 || Impulsif

PEMBUKA

68.7K 5.8K 591
Bởi Crowdstroia

===================

SERI BALWANA #2

Tumbuh dalam Runtuh
(sebelumnya berjudul Cinderendra)

Seri Balwana berisi kisah orang-orang
yang bekerja di dunia underground,
meliputi topik kriminalitas, prostitusi,
pengedaran narkoba, pasar gelap,
dan human trafficking.

[ tidak harus dibaca berurutan ]

===================


P E M B U K A

Cinderendra ditulis pertama kali tahun 2018. Saat mencapai pertengahan cerita, gue stuck nulis Cinderendra dan nggak lanjut-lanjut karena beberapa hal: gue merasa miskin konflik, merasa back story Rendra nggak solid, dan merasa ada yang 'keliru' dari hubungan Rendra dan Irene—terlepas dari betapa manisnya mereka dalam cerita. Gue pun berusaha mengembangkan back story Rendra, dimulai dari keluarganya di Seri Bisai (buku pertama Seri Bisai sudah terbit tahun 2020, buku kedua dan ketiga sudah terbit tahun ini), serta mematangkan back story organisasi yang menaungi dia, yakni Balwana, lewat Seri Bisai dan lewat cerita Tergenggam dalam Nyaris, yang tokoh utamanya adalah salah satu anggota Balwana, yakni Tama. Keputusan-keputusan ini membantu gue untuk mematangkan Balwana serta konflik apa yang bisa muncul dalam dunia mereka.

Lima tahun setelah gue stuck nulis Cinderendra, alias pada tahun 2024 ini, gue akhirnya udah menemukan rumus yang tepat untuk menulis kisah cinta Rendra. Seri Bisai dan Seri Balwana nggak akan ada kalau dari awal, gue nggak mencoba merombak kisahnya Rendra. Tokoh Rendra adalah percikan api pertama yang memulai arah perjalanan menulis gue yang baru.

Dari awal gue ngerasa stuck di Cinderendra 2018-2019, gue udah tahu bahwa bakal makan waktu bertahun-tahun buat mematangkan ide sekaligus mengoreksi kesalahan-kesalahan menulis gue. Dan sepanjang itu pun, gue nyoba nulis ulang cerita Rendra. Cerita Tumbuh dalam Runtuh yang sedang kalian baca sekarang adalah versi draf ketiga Cinderendra.

Karena di draf ketiga ini udah banyak yang berubah (plot, female lead, latar belakang tokoh, trope pairing), gue pun juga mengubah judul cerita biar lebih seragam dengan judul cerita di Seri Balwana lainnya.

Tumbuh dalam Runtuh adalah bagian dari Balwana Soulmate AU Series, atau Seri Balwana. Cerita ini bisa dibaca secara terpisah dari buku lainnya, tapi akan lebih menambah reading experience kalau dibaca setelah membaca Seri Bisai dan Tergenggam dalam Nyaris.



U R A I A N

Dalam dunia di mana sebagian manusia adalah mutan yang memiliki belahan jiwa, seorang lelaki menemukan belahan jiwanya dalam sosok perempuan yang mengacungkan revolver kepadanya.

Rendra bertemu belahan jiwanya pada situasi yang tidak ideal, sehingga wajar jika belahan jiwanya itu terlihat penuh kecurigaan saat Rendra mengajaknya kencan. Dengan kesadaran penuh, Rendra menyadari ini adalah kencan tersulit yang pernah dia jalani. Dia berharap minimal Jihan bisa menurunkan kewasapadaannya saat kencan nanti, agar mereka lebih mudah akrab. Namun, Jihan adalah 'orang luar' dalam dunia kriminal. Jadi hal yang Rendra khawatirkan: bisakah Jihan dipercaya untuk menjaga rahasia mengenai Balwana dan menerima dunia pasar gelap yang menjadi tempat Rendra bernaung?

Di sisi lain, Jihan bertemu Rendra pada situasi yang tidak normal, sehingga sangat ganjil melihat Rendra mengajaknya kencan di tengah situasi itu. Dengan kesadaran penuh, Jihan menerima ajakan Rendra. Dia berekspektasi kencan yang diminta Rendra hanya kamuflase untuk membicarakan masalah lain yang tak bisa mereka bicarakan terang-terangan. Namun, menghabiskan waktu bersama Rendra justru terasa lebih menyenangkan daripada dugaannya. Dia bisa mempercayai Rendra walau pekerjaan lelaki itu sangat berbahaya. Jadi hal yang dia khawatirkan: bisakah Rendra tetap dia percaya dengan keterbukaan seiring berjalannya waktu?



PROGRES MENULIS

Draf satu: 2018 – 2019 (Cinderendra discontinued, direvisi ke draf dua)

Draf dua: 2021 (Cinderendra discontinued, direvisi ke draf tiga dengan judul baru)

Draf tiga: Maret 2024 – ?



LATAR WAKTU

2017



PERINGATAN ISI KONTEN

Dark romance

Moralitas abu-abu

Prostitusi

Narkoba

Kekerasan

Pasar gelap

Sexual themes

Some disturbing scenes

Sedikit gore

Bahasa Inggris banyak

Kosakata vulgar




M O O D B O A R D S

Birendra Janardana

Jihan S. Anindyaswari



PENGINGAT

Tokoh Irene dalam cerita Cinderendra sudah tidak ada di draf ketiga ini, tapi sempat muncul di novel Sarhad.

Cerita Rendra rencananya akan ada dua: satu cerita di Seri Balwana dengan genre romansa berjudul Tumbuh dalam Runtuh, serta satu cerita di Seri Bisai (buku keempat) dengan genre thriller-mystery. Tapi sekali lagi, Tumbuh dalam Runtuh bisa dibaca secara terpisah dari Seri Bisai.

Tumbuh dalam Runtuh akan diunggah ke Wattpad setelah Tergenggam dalam Nyaris tamat di KaryaKarsa.



C O N T A C T   &    S H O P

Instagram: @crowdstroia | Shopee: crowd.store.ya

Đọc tiếp

Bạn Cũng Sẽ Thích

38.6K 3.8K 35
Keputusan yang cukup besar Abel ambil membuatnya harus melepaskan beberapa hal. Bahkan dirinya sampai harus melepas laki-laki yang pernah mengisi hat...
9.5K 1K 7
Definition of ambrosia 1a : the food of the Greek and Roman gods b : the ointment or perfume of the gods 2 : something extremely pleasing to taste or...
3.5M 27.2K 47
harap bijak dalam membaca, yang masih bocil harap menjauh. Kalau masih nekat baca dosa ditanggung sendiri. satu judul cerita Mimin usahakan paling b...
59.9K 4.5K 10
•𝘖𝘯 𝘨𝘰𝘪𝘯𝘨• ______________________________________________ Naruto itu sekertaris imut tapi Lola,sedangkan Sasuke bos tampan bermulut pedas ____...