378 Hari Bersama Bapak Drs. H...

By Winarno20

374 0 0

Mengenang kebersamaan dengan Bapak Drs. H. M. Iqbal selama beliau menjabat sebagai Kepala MTsN 1 Bandar Lampu... More

Part 1. Agustus 2021
Part 2. September 2021
Part 3. Oktober 2021
Part 4. Nopember 2021
Part 5. Desember 2021
Januari 2022
Part 7. Februari 2022
Part 8. Maret 2022
Part 9. April 2022
Part 10. Mei 2022
Part 11. Juni 2022
Part 19. Februari 2023
Part 21. April 2023
Part 22. Mei 2023
Part 23. Juni 2023
Part 24. Juli 2023
Part 25. Agustus 2023
Part 26. Kenangan Indah Bersama 8E
Part 27. Kenangan Indah Bersama 7E
Part 28. Kenangan Indah Bersama 8D
Part 29. Catatan Alumni
Part 37. Kenangan Indah Bersama 8I

Part 20. Maret 2023

2 0 0
By Winarno20


MTsN 1 Bandar Lampung; Persiapan Akhir PPDB 20233 Maret 2023 oleh

Panitia penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2023-2024 terus bekerja untuk menyambut kegiatan PPDB 2023, selain mempersiapkan teknis pendaftaran secara online. Panitia juga menyiapkan layanan bagi calon peserta yang mengalami kendala saat melakukan pendaftaran secara online.

Satu ruangan dengan fasilitas tempat duduk dan jaringan internet yang memadai telah disiapkan untuk membantu calon peserta melakukan pendaftaran secara online.

MTsN 1 Bandar Lampung; Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Susun ATP Kurikulum Merdeka

3 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengadakan kegiatan penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) bertempat di Lab. CBT MTsN 1 Bandar Lampung.

Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan PPKN

KategoriBerita

MTsN 1 Bandar Lampung dan KKM Adakan Study Tiru ke MTs Nurul Iman Bandung

4 Maret 2023 oleh Puspo Rini

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – MTsN 1 Bandar Lampung beserta anggota KKM MTsN 1 Bandar Lampung mengadakan Study tiru ke MTsN 1 Nurul Iman Bandung. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dengan mengadakan study tiru dengan madrasah yang ada di Bandung tepatnya di MTsN Nurul Iman. Study tiru dilaksanakan Jumat-Senin (3-6/03/23).

Kegiatan study tiru ke MTsN 1 Nurul Iman Bandung diikuti oleh Pengawas Pembina MTsN 1 Bandar Lampung, Dra. Yenny Diah Hastaty, Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal, dan Waka Kurikulum MTsN 1 Bandar Lampung, Umi Romlah, M. Pd. I, serta kepala-kepala madrasah anggota KKM MTsN 1 Bandar Lampung.

Rombongan study tiru Lampung tiba di MTsN Nurul Iman Bandung sekitar pukul 09.00 WIB. Rombongan disambut baik oleh Kepala MTs Nurul Iman. Kemudian mereka diajak untuk mengunjungi beberapa lokasi yang ada di madrasah tersebut. Para wakil kepala juga memberikan keterangan terkait pembelajaran, pengelolaan informasi, sarana dan prasarana yang ada di madrasah tersebut dan lain sebagainya. Setelah puas berkeliling di MTs Nurul Iman, kemudian Rombongan kemudian berpakitan untuk melanjutkan perjalanan. Romobongan Study tiru kemudian menyerahkan cenderamata kepada MTs Nurul Iman yang diserahkan langsung oleh Drs. H. M. Iqbal kepada Kepala MTs Nurul Iman.

Semoga dengan diadakannya study tiru ke MTs Nurul Iman Bandung kita khususnya MTsN 1 Bandar Lampung dapat mengambil hal-hal positif yang kelak dapat diterapkan di MTsN 1 Bandar Lampung guna kemajuan madrasah kita untuk ke depannya. 

MTsN 1 Bandar Lampung Ikuti Pelatihan Diklat Wilayah Kerja Inovasi Madrasah

5 Maret 2023 oleh Puspo Rini

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – MTsN 1 Bandar Lampung mengirimkan 3 guru Hamidah Fuadi, M. M.Pd., Sri Lestari Nurhayati, S. Pd., dan Rafika Sari, S. Pd., untuk mengikuti Pelatihan Diklat Wilayah Kerja Inovasi Madrasah di Min 6 Bandar Lampung. Pelatihan dilaksanakan selama 1 minggu dari tanggal 27 Februari s.d 04 Maret 2023.

Pembukaan pelatihan di wilayah kerja kantor Kementerian Agama di kota Bandar Lampung diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kementerian Agama. Acara dibuka oleh kepala LOKA DIKLAT KEAGAMAAN KOTA BANDAR LAMPUNG, Drs. Agus Apriansyah S.Kom, MM. dan dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Kementerian Kota Bandar Lampung Bapak Drs. H. Makmur, M.Ag. Pelatihan dilaksanakan setiap hari dimulai dari pukul 07.30 s.d 17.00 WIB.

Harapannya setelah mengikuti pelaksanaan PDWK tersebut para peserta pelatihan mampu untuk sejauh mana dapat mengimplementasikan hasil dari pelatihan sehingga PDWK tersebut dianggap berhasil. Untuk Pelayanan Publik agar memiliki mindset bahwa: Kita itu pelayan, maka harus melakukan pelayanan terbaik dan sepenuh hati.

PTSP, mendekatkan pelayanan kepada publik dan mencegah untuk terjadinya kontak langsung antara penerima layanan dan pelayan.

Untuk Inovasi Madrasah, agar madrasah dapat terus melakukan inovasi dari hal-hal kecil untuk menghasilkan hal yang luar biasa. Untuk madrasah apapun bentuk inovasi harus tetap membentuk karakter unggulan, terutama inovasi unggulan seperti Hafizh dan tilawah, tetapi juga memiliki kelebihan yang lain. Agar semboyan Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat menjadi terealisasi.

Penutupan kegiatan PDWK Pelayanan Publik angkatan II dan Inovasi Madrasah angkatan II di MIN 6 Bandar Lampung dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 04 Maret 2023 pukul 09.00 WIB oleh Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag Kepala Badan LITBANG dan Diklat Kementerian Agama RI yang sebelumnya beliau pun memberikan materi pelatihan tentang Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama.

============

MTsN 1 Bandar Lampung; PPDB Unggul dan Asrama memasuki hari ke 2

7 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas)- PPDB MTsN 1 Bandar Lampung hari ini memasuki hari kedua. Pada PPDB hari pertama jumlah pendaftaran mencapai 102 pendaftar. Siswa mendaftar secara online dengan mengupload semua berkas yang diperlukan seperti: Kegiatan dilaksanakan secara online dimana peserta mengupload dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan syarat pendaftaran. Setelah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan calon peserta akan mendapatkan nomor test.

Selanjutnya calon peserta mengikuti tes.

Tes dilakukan secara offline di MTsN 1 Bandar Lampung.

=======

MTsN 1 Bandar Lampung; Rapat Finalisasi Persiapan Perkemahan KKM MTs Kota Bandar Lampung

7 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Rapat teknis kegiatan perkemahan KKM MTs Kota Bandar Lampung bertempat di MTsN 2 Bandar Lampung.

Hadir dalam rapat ini perwakilan dari MTs negeri dan swasta kota Bandar Lampung. Kepala MTsN 1 Bandar Lampung Drs H.M. Iqbal telah menerbitkan Surat Tugas untuk mengikuti kegiatan rapat ini.

Sesuai surat tugas yang diberikan perwakilan MTsN 1 Bandar Lampung antara lain Bapak Tugiyo, Bapak Winarno, Rafiqa Sari, dan Ibu Sri Lestari Nurhayati.

Rapat dibuka oleh Bapak Tugiyo dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia pelaksana Ibu Prapti Winarti, dilanjutkan dengan pemaparan tentang Teknis Kegiatan oleh Bapak Zulizar. Usai pemaparan teknis pelaksanaan kegiatan dilanjut dengan tanya jawab.

Beberapa Pembina dari perwakilan madrasah peserta memberikan pertanyaan terkait dengan kegiatan.

Perkemahan KKM MTs Kota Bandar Lampung ini akan berlangsung pada tanggal 17-19 Maret 2023, perkemahan akan diikuti oleh 29 madrasah setiap madrasah mengirimkan 2 regu, 1 regu putra dan 1 regu putri, masing-masing regu terdiri dari 10-15 peserta penggalang.

Materi kegiatan perkemahan ini antara lain adalah upacara pembukaan, pentas seni, dzikir bersama, leadership, da'i, tilawah, Syahril Qur'an, agent of change, kaligrafi, hasta karya, panahan, ranking 1, entrepreneurship, api unggun, PBB, dan Pioneering.

Biaya perkemahan sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) per pangkalan.

Rapat berakhir pada pukul 14.25 dan ditutup dengan doa.

======

MTsN 1 Bandar Lampung Ikuti Bimtek Penguatan Riset Madrasah Se-Provinsi Lampung

10 Maret 2023 oleh Puspo Rini

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – Dalam rangka memenuhi undangan dari Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung mengutus 3 wakilnya untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Riset Madrasah yang dilaksanakan di Hotel GS Culture Bandar Lampung, Kamis s.d. Minggu (09-12/03/23).

Wakil MTsN 1 Bandar Lampung yang mengikuti Bimtek Penguatan Riset Madrasah, yaitu: Sri Hartini, S. Pd., Rika Rahmawati, M. Pd., dan Andri Sopiandi, M. Pd.

Acara Bimtek dibuka Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S. Ag., S. S., M. Hum. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ahmad Rifai. Dalam sambutannya beliau menyampaikan trend riset pelajar. Tak ketinggalan Pak Alamsyah juga membagikan ilmu tentang langkah-langkah menuju myres 2023.

Dengan mengikuti Bimtek Penguatan Riset Madrasah diharapkan mampu mencetak madrasah-madrasah riset yang terampil dan teruji.

==========


MTsN 1 Bandar Lampung; Pembangunan gedung SBSN segera dimulai

10 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Pembangunan gedung SBSN MTsN 1 Bandar Lampung memasuki babak baru.

Panitia meninjau langsung persiapan akhir. Tampak objek pembangunan sudah mulai dikosongkan, meubelair dan perlengkapan ruangan sudah dikosongkan.

Secara bertahap meja, kursi dan perlengkapan kerja sudah dipindahkan ke tempat baru.

Kegiatan pembongkaran akan dilakukan pada Senin, 13 Maret 2023 mendatang.

========

MTsN 1 Bandar Lampung; Dzikir dan Doa Pembangunan Gedung SBSN

10 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Usai menyelenggarakan shalat Dhuha Berjamaah dilaksanakan pembacaan surat Yasin, dzikir dan doa bersama dalam rangka pembangunan gedung SBSN MTsN 1 Bandar Lampung.

Bertindak sebagai imam shalat Dhuha adalah Bapak Herman Edy. Sebelum dimulai acara dzikir dan doa, Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal menyampaikan informasi tentang pembangunan gedung SBSN yang pembangunannya akan dimulai Senin nanti.

Ground breaking akan dilakukan pada Senin 13 Maret 2023. Diatas lahan yang sudah dikosongkan akan dibangun Gedung 2 lantai dengan 6 ruangan.

==========

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung; Ikuti Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung 2023

10 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung mulai dilaksanakan di hotel emetsia, tanggal 09-13 Maret 2023. Rapat diikuti seluruh pejabat di kementerian agama provinsi Lampung.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal mengikuti Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung via zoom meeting. Mulai dari pembukaan Raker yang dilaksanakan kemarin (09/03/23) sampai hari ini pelaksanaan Raker hari pertama. Beliau begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung 2023.

Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung 2023 dibuka Kamis (09/03/23) sekitar pukul 15.30 WIB. Dalam pembukaan Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung 2023 ditampilkan secara perdana tim paduan suara lintas agama Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Tim paduan suara lintas agama Kanwil Kemenag Provinsi Lampung terdiri dari 43 orang. Anggota tim paduan suara berasal dari instansi yang berada dibawah naungan kementerian agama antara lain Kanwil, Kemenag dan Madrasah-madrasah. MTsN 1 Bandar Lampung diwakili oleh Pusporini, S. Pd.

Tim paduan suara lintas agama telah melaksanakan latihan kurang lebih 6 kali sebelum tampil secara resmi dalam rapat kerja kanwil kementrian agama provinsi Lampung. Tim padus lintas agama kanwil kemenag provinsi Lampung membawakan 2 lagu yaitu; lagu Indonesia Raya dan Lagu Kerukunan Beragama.

Harapannya semoga Raker Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dapat berlangsung dengan lancar dan dan dapat membuahkan keputusan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat. 

========

MTsN 1 Bandar Lampung; PPDB MTsN 1 Bandar Lampung hari ke 5

10 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

PPDB MTsN 1 Bandar Lampung program unggul dan asrama memasuki hari ke 5, hingga saat ini sudah hampir mencapai 400 Siswa yang mengikuti seleksi.

Setelah mendaftarkan diri secara online siswa mencetak bukti pendaftaran.

Berbekal bukti pendaftaran siswa hadir ke madrasah untuk mengikuti seleksi tertulis melalui online dilanjutkan dengan wawancara.

Selama proses berlangsung orang tua/wali murid disediakan tempat untuk menunggu di aula.

Siswa memasuki ruang test, setiap ruang berkapasitas 20 orang diawasi oleh 1 orang pengawas. Siswa membuka laman test lalu memasukkan username dan password.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H.M.Iqbal didampingi Pengawas Pembina, Dra. Yeni Dyahastati meninjau langsung pelaksanaan seleksi tertulis di beberapa ruang test.

Muhaimin Muhammad selaku ketua panitia menyampaikan beberapa siswa mengalami kendala login. Menurutnya hal itu dikarenakan HP yang digunakan diproteksi oleh orang tua siswa. Namun, menurut Susi Anita sebagai salah satu pengawas ruangan, dapat diatasi dengan menggunakan laptop yang telah disediakan oleh Panitia.

==============

Tim Futsal MTsN 1 Bandar Lampung Raih Juara III pada Matsanda Futsal champion League 2023

11 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas)- Dalam event pertandingan futsal Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung mengirimkan dua tim.

Tim A terdiri dari M. Luthfi Akbar, M. ANANG RAFIF, RENDY NANDA, aAZKAL ALFARIS, M. PARSA ALIF Rahmadhani SatriyoM. Fatan Miqdam HanifM. Ragil Prakasa Muhammad YusufArvi PratamaJustin Yusuf gibran dan Lingga sedangkan tim B terdiri dari adil2. M. Roofiq 8J3. Rendy 8G4. Anang 8G5. Galang 8H6. Raja 8H7. Yaqdhan Saud 8C8. Fadlan 8B9. Farros 8I10. Raffa Fernando 8J11. Muhammad Rizky 8J12. Dhio Bintang 8C

Matsanda Futsal champion League 2023 digelar Kota Bandar Lampung, tepatnya. di MTsN 2 Bandar Lampung, Sabtu (11/03/23).

Event ini diikuti oleh 10 tim futsal yang berasal dari: MTsN 2 Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung, MTs Muhammadiyah Sukarame, SMPN 37 Bandar Lampung, SMPN 19 Bandar Lampung, SMPN 1 Jati Agung dan SMPN 31 Bandar Lampung. Sebanyak 8 tim putri juga ikut berlaga pada event ini mereka berasal dari MTs Muhammadiyah Sukarame, MTsN 2 Bandar Lampung dan SMPN 31 Bandar Lampung.

MTsN 1 Bandar Lampung menurunkan dua tim, tim pertama bertanding melawan tim MTsN 2 Bandar Lampung.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk tim MTsN 2 Bandar Lampung. Sementara pada babak kedua tim MTsN 2 Bandar Lampung berhasil mencetak 3 gol. Sesi berikutnya adalah pertandingan antara tim SMPN 19 Bandar Lampung dan SMPN 37 Bandar Lampung

Tim kedua MTsN 1 Bandar Lampung berhadapan dengan tim MTs Muhammadiyah Sukarame. Dibabak pertama kedudukan masih seimbang dengan 2 gol. Namun dibabak kedua tim Mts Muhammadiyah Sukarame kembali mencetak gol sehingga merubah kedudukan menjadi 3 – 2.

Pertandingan berakhir dengan skor 4 – 3 untuk MTs Muhammadiyah Sukarame. Pada sesi berikutnya MTsN 1 Bandar Lampung kembali bermain melawan tim SMPN 19 Bandar Lampung

Menurut pembina Futsal, Eti Kartika, S. Pd. pertandingan persahabatan futsal ini menggunakan sistem poin, sehingga diakhir sesi MTsN 1 Bandar Lampung masih berada diposisi ketiga.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung mengucapkan selamat kepada Tim Futsal MTsN 1 Bandar Lampung yang telah berhasil meraih juara ke-3. Semoga di event berikutnya dapat ditingkatkan lagi prestasinya.

===========

MTsN 1 Bandar Lampung; Pengumuman PPDB Kelas Unggul dan Asrama Tahun Pelajaran 2023/2024

13 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – PPDB MTsN 1 Bandar Lampung telah selesai dilaksanakan dari tanggal 6-10 Maret 2023. Sebanyak 351 calon peserta didik yang mendaftar di PPDB kelas unggul dan kelas asrama Tahun Pelajaran 2023/2024. Calon peserta didik mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari mendaftar secara online kemudian setelah dinyatakan lulus verifikasi mereka mengikuti tes cbt, tes mengaji, dan test wawancara.

Hari ini Senin (13/03/23) pukul 13.00 WIB dilaksanakan pengumuman hasil tes PPDB kelas unggul dan asrama Tahun Pelajaran 2023/2024. Siswa yang mendaftar dapat melihat hasil tes PPDB baik secara online dengan membuka akun masing- masing. Atau secara offline dengan melihat langsung pengumuman ke MTsN 1 Bandar Lampung.

Dari 351calon peserta didik yang mendaftar di PPDB Program Unggul dan Asrama Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 160 siswa dinyatakan lulus tes dan diterima di program kelas unggul dan di program kelas asrama.

Bagi siswa yang dinyatakan lulus dimohon hadir di MTsN 1 Bandar Lampung pada hari Selasa, 14 Maret 2023 untuk melaksanakan registrasi. Bagi siswa yang tidak melaksanakan registrasi dianggap mengundurkan diri. 

======

MTsN 1 Bandar Lampung Adakan Rapat Komite Madrasah.

14 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas)-Selasa, (14/03/23) berlangsung acara rapat komite MTsN 1 Bandar Lampung. Peserta rapat adalah Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, waka Kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, dan waka sarpras, serta orang tua/wali murid yang telah lulus seleksi program kelas unggul dan kelas asrama.

Rapat dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan susunan acara pembukaan yang dipandu oleh ibu Siti Romlah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh ust. Supiyani. Acara berikutnya adalah sambutan Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Bapak Drs. H. M. Iqbal, dalam sambutannya beliau mengajak seluruh yang hadir untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk menghadiri undangan rapat ini.

Berikutnya beliau meminta maaf karena ketidaknyamanan kondisi madrasah karena saat ini sedang berlangsung pembangunan gedung ruang kelas belajar. Di akhir sambutan Bapak Kepala MTsN 1 Bandar Lampung mengajak hadirin untuk melantunkan shalawat Fatih.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Ketua Program Unggul dan Asrama. Bapak Muhaimin Muhammad, memaparkan program kelas unggul, dilanjut dengan pemaparan program kelas asrama oleh Bapak Aris Munandar selaku ketua program asrama.

Usai pemaparan materi tentang program unggul dan Asrama, dilanjutkan dengan sambutan pengurus komite madrasah yang disampaikan oleh Ibu Marlenavia, S.Sos. Dalam sambutannya Ibu Marlenavia menyampaikan bahwa MTsN 1 Bandar Lampung memiliki daya saing akademik maupun non-akademik. Madrasah sekarang menjadi prioritas utama orang tua siswa untuk menyekolahkan putra putrinya dibandingkan melanjutkan ke sekolah umum.

Acara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Ustadz Herman Edy. Selanjutnya panitia PPDB mengalahkan peserta rapat menuju ke ruangan yang disediakan untuk melakukan registrasi bagi putra-putrinya. (

=========MTsN 1 Bandar Lampung; Dhuha, Dzikir dan Shalawat menyambut Ramadhan17 Maret 2023 oleh

Pukul 07:15 bel berbunyi, setelah berwudhu siswa-siswi bergegas menuju ke aula dengan beralaskan sajadah masing-masing. Guna mengurangi antrian sebagian siswa sudah berwudhu.
Shalat Dhuha empat rakaat diimami oleh Bapak ustadz Sapar, M.Pd.I.

Selanjutnya adalah lantunan sholawat Nurul Musthofa dan sholawat kahfi yang tampilkan oleh grup Hadrah MTsN 1 Bandar Lampung.

Acara berikutnya adalah dzikir dan doa dipandu oleh Bapak Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal yang diawali dengan istighfar, acara berakhir pada pukul 8:30 WIB.

======MTsN 1 Bandar Lampung Dukung Kampanye Mandatori Halal 202318 Maret 2023  

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – Sertifikasi produk halal merupakan program kementerian agama RI. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung secara aktif menggalakkan program tersebut dengan target 1 juta pembuatan sertifikat halal gratis. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung bekerja sama dengan pemerintah kota Bandar Lampung memberikan layanan pembuatan setifikat halal bagi Pengusaha UMKM, Sabtu (18/03/23).

Acara tersebut dihadiri oleh kepala kantor wilayah kementerian Agama Provinsi Lampung dan Walikota Bandar Lampung beserta jajarannya yang diikuti oleh Sekda kota Bandar Lampung. Tampak beberapa kepala madrasah yang ada di kota turut hadir dalam acara tersebut salah satunya Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal.

Acara Kampanye Mandatori Halal 2023 dilaksanakan di lokasi bazar UMKM kota Bandar Lampung tepatnya di Tugu Soekarno, jalan Gatot Subroto Pahoman Bandar Lampung.

Dalam sambutannya mewakili wali kota Bandar Lampung.. Sekda Lampung menyampaikan bahwa pemerintah kota Bandar Lampung mendukung sepenuhnya program ini dan menghimbau kepada para pelaku usaha menyambut baik dan mendaftarkan produknya agar mendapatkan sertifikat halal.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal sangat mendukung Program Kampanye Mandatori Halal 2023. Bahkan kantin yang berada di MTsN 1 Bandar Lampung sudah memiliki sertifikat halal. Imbuhnya.

Dengan kepemilikan sertifikat halal yang oleh pelaku usaha, membuat konsumen tidak khawatir dan ragu untuk membeli dan mengkonsumsi produk dari usaha tersebut. 

==========


MTsN 1 Bandar Lampung Ikuti Perjusami Songsong Ramadhan 1444 H

20 Maret 2023  

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) –

Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) KKM MTs 1 dan MTs 2 Bandar Lampung dilaksanakan pada tanggal 17 -19 Maret 2023. Perjusami dilaksanakan sekaligus dalam rangka songsong Ramadhan 1444 H.

Registrasi dan pengambilan nomer kapling tenda dimulai hari Jumat, dilanjutkan dengan pendirian tenda, dan sholawat dan zikir bersama setelah menunaikan sholat magrib berjamaah. Dzikir dan shalawat dipimpin secara langsung oleh kepala madrasah MTsN 1Bandar Lampung, Drs. H. M Iqbal. Acara Dilanjutkan dengan pentas seni oleh beberapa pangkalan untuk sesi pertama.

Pembukaan Perjusami dilaksanakan Sabtu, 18 Maret 2023 pukul 08.00 WIB yang dibuka secara resmi oleh Kasi Penmad Kemenag Kota Bandar Lampung H. Said Karimin, S. Ag., M. Kom. Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan laporan dari ketua pelaksana. Ketua pelaksana menyampaikan bahwa Kemah Perjusami KKM MTsN 1 dan MTsN 2 Bandar Lampung diikuti oleh 16 pangkalan. Pelaksanaan Perjusami KKM MTsN 1 dan MTsN 2 Bandar Lampung ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung Drs. H. Makmur, M. Ag. Sabtu, 19 Maret 2023 pukul 13.00 WIB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pesan agar adik-adik selain menjalin silahturahmi dan persahabatan antara peserta kemah diharapkan setelah mengikuti perkemahan ini dapat memetik dan mengambil pembelajaran dari perkemahan untuk menjadi siswa yang berkualitas dan cerdas. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yang dilaksanakan di semua cabang perlombaan.

========MTsN 1 Bandar Lampung; Gebyar Ramadhan 1444H20 Maret 2023  

Gebyar Ramadhan
MTsN 1 Bandar Lampung bersiap untuk melaksanakan Gebyar Ramadhan 1444H. Kepala MTsN 1 Bandar Lampung Drs. H. M.Iqbal telah menerbitkan SK tentang panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Selama berlangsungnya ibadah puasa ramadhan 1444H, panitia telah mempersiapkan berbagai kegiatan untuk meningkatkan ibadah antara lain tadarus khataman dan pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh.

========


MTsN 1 Bandar Lampung; Ekskavator Robohkan Bangunan untuk Persiapan Pembangunan Gedung SBSN

22 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Pembangunan gedung ruang kelas belajar SBSN MTSN 1 Bandar Lampung telah dimulai setelah beberapa hari sebelumnya dilaksanakan pekerjaan persiapan berupa pemagaran lingkungan kerja dan melepaskan berbagai komponen bangunan.

Pada hari ini Selasa 21 Maret 2023 telah berlangsung perubahan dinding bangunan.

Pada sekitar pukul 10.00 pagi, tampak sebuah alat berat memasuki area proyek. Tak lama kemudian ekskavator berwarna kuning telah menderu-deru merobohkan dinding-dinding bangunan yang ada. Tak jarang suara dentuman keras terdengar dan debu mengepul ke udara saat satu persatu dinding bangunan roboh. Beruntung menjelang sore hujan turun cukup deras sehingga dapat meredam debu yang berterbangan ke seluruh penjuru lingkungan MTsN 1 Bandar Lampung.

Menjelang pukul 04.00 sore seluruh dinding bangunan sudah berhasil dirobohkan. Tampak excavator terparkir di atas puing-puing tersebut, pekerjaan berikutnya adalah membuang puing-puing bangunan.

Eksavator akan kembali bekerja untuk memasukkan puing-puing bangunan ke truk pengangkut.

=======


MTsN 1 Bandar Lampung; Ramaikan Kegiatan Festival BAZNAS Propinsi Lampung22 Maret 2023  

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal, pagi ini Rabu, 22 Maret 2023 memimpin rapat persiapan bazar dalam rangka Kegiatan Festival Baznas Propinsi Lampung. Kepala MTsN 1 Bandar Lampung telah menerbitkan SK untuk mensukseskan kegiatan tersebut;

dalam rangka pelaksanaan kegiatan festival ramadhan BAZNAS tahun 2023 maka berikut ini adalah panitia dalam kegiatan tersebut:
Penanggung jawab :

Drs. M. Iqbal
Pengarah :

Turyadi Aswadi, M. Pd. I
Drs. H Herman Edy
Drs. H Agus wodiyanto

Ketua :

Sri Hidayati
Sekretaris :

Siti Romlah

Bendahara :

Munawarah, S. Ag
Nasrullah, S. Pd

Anggota
Dwi Romdhona
Pusporini
Desi Herawati
Tunah
Astimala
Isnaila
Rosida
Misna
Susi Anita
Muhaimin Muhammad
Winarno
Tugiyo
Jeksen saripudin
Herwansyah
Robiansyah

Rapat dimulai pada pukul 9:00, hadir dalam rapat panitia yang sudah ditetapkan oleh Kepala MTsN 1 Bandar Lampung. Rapat membahas persiapan teknis pelaksanan BAZAR BAZNAS Propinsi Lampung 1444H.

Hasil rapat memutuskan MTsN 1 Bandar Lampung membagi kepanitiaan dalam beberapa tim, (1) tim dokumentasi yang akan menampilkan profil MTsN 1 Bandar Lampung, kegiatan kelas unggul, kegiatan asrama, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan lomba-lomba yang pernah diikuti sswa MTsN 1 Bandar Lampung, (2) tim UMKM yang akan menampilkan semua potensi yang ada di MTsN 1 Bandar Lampung baik potensi guru maupun siswa. 

======


MTsN 1 Bandar Lampung; Persiapan Festival BAZNAS Propinsi Lampung; Bazar Ramadhan 1444H

23 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Usai rapat kemarin Panitia langsung meninjau lokasi yang berada di alamat islamic center Rajabasa.

Pihak panitia penyelenggara telah menyediakan tenda yang telah dilengkapi dengan lampu dan instalasi listrik.

Panitia menggelar karpet hijau yang telah disiapkan sebelumnya serta menata beberapa meja sebagai sarana display produk halal dan karya siswa.

Hari ini beberapa panitia hadir di lokasi guna menyusun display produk yang akan disajikan pada pengunjung bazar. Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M.Iqbal tampak hadir memantau kegiatan ini.

Selain produk UMKM stand MTsN 1 Bandar Lampung juga menampilkan materi tayangan video, hasil karya siswa selama pembelajaran; antara lain sulam kain tapis, kreasi sandal, aneka boneka berbahan dakron, lukisan, kreasi merangkai bunga plastik, kreasi lukis diatas tas tangan.

Setelah waktu Ashar pengunjung mulai tampak berdatangan, sebagian besar mereka adalah calon peserta bazar yang mengajak anggota keluarga untuk meninjau lokasi juga masyarakat.

==========


MTsN 1 Bandar Lampung; Hari Pertama Festival Ramadhan BAZNAS Provinsi Lampung 202324 Maret 2023 oleh

Bandar Lampung, MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) -Tim MTsN 1 Bandar Lampung yang bertugas menjadi panitia dalam festival Ramadhan yang dilaksanakan oleh BAZNAS Provinsi Lampung kembali bekerja menata tempat yang dijadikan sebagai stand untuk menata hasil karya guru dan siswa MTsN 1 Bandar Lampung, Kamis (23/03/23).

Berbagai macam makanan yang telah memiliki sertifikat UMKM Kantin Halal MTsN 1 Bandar Lampung juga tersedia di stand Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Lampung, seperti: kue-kue, keripik, serta aneka takjil lainnya juga. Selain itu dipajang pula hasil karya siswa seperti: selendang tapis, sendal dengan aneka motif, lukisan, dan rangkaian bunga yang mampu menarik pengunjung untuk menyambangi stand Kanwil Kementeria Provinsi Lampung yang dikelola MTsN 1 Bandar Lampung.

Selain itu tersedia juga alat pendukung tayangan video MTsN 1 Bandar Lampung berupa LCD Proyektor, mini-pc, modem dan perangkat audio sebagai media untuk menampilkan profil MTsN 1 Bandar Lampung, serta serba serbi yang ada di MTsN 1 Bandar Lampung. 

=======

MTsN 1 Bandar Lampung Kunjungi Rumah Siswa Korban Kebakaran.

25 Maret 2023 oleh Puspo Rini

MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – Sebagai wujud kepedulian terhadap keluarga siswa korban kebakaran, MTsN 1 Bandar Lampung berkunjung ke rumah Afriza siswa kelas 7C korban kebakaran yang rumahnya terletak di Jalan Imam Bonjol Bandar Lampung. Sabtu (25/03/23).

MTsN 1 Bandar Lampung diwakilkan oleh wakil kepala madrasah bidang Humas, Drs. H. Herman Edy Abdullah, didampingi Pembina OSIS, Tunah, S. E, wali kelas 7C, Puspo rini, S. Pd., dan perwakilan siswa kelas 7C (Abdan, Surya, Putri, dan Aisyara).

Dana yang terkumpul berasal dari donasi keluarga MTsN 1 Bandar Lampung. Kemudian disampaikan langsung oleh Bpk Drs. H. Herman Edy ke orang tua siswa yang langsung diterima oleh Ibunda Afriza. Semoga bantuan yang diberikan pihak MTsN 1 Bandar Lampung bermanfaat dan dapat meringankan beban keluarga. Imbuhnya

MTsN 1 Bandar Lampung masih membuka kembali donasi kepada seluruh keluarga MTsN 1 Bandar Lampung apabila masih ada yang ingin berdonasi. Madrasah akan menyalurkan langsung bantuan kepada keluarga korban bencana kebakaran. (Rini)

==============

MTsN 1 Bandar Lampung Gelar Gebyar Ramadhan 1444 H27 Maret 2023 

MTSN 1 Bandar Lampung (Humas) – Dalam rangka meningkatkan imtaq dan menyemarakkan bulan Ramadhan 1444 H, MTsN 1 Bandar Lampung menyelenggarakan Gebyar Ramadhan 1444 Hijriyah. Gebyar Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 23 Maret 2023 s. d. 19 April 2023.

Adapun rangkaian acara dalam Gebyar Ramadhan MTsN 1 Bandar Lampung adalah: tadarus Al Quran, Khataman Al Quran, Penyaluran Infaq, dan Shadaqah, Penerimaan, dan penyaluran zakat, serta Taklim Ramadhan Siswa dan Taklim Ramadhan Guru. Seluruh kegiatan berpusat di mimbar Al-Qiram Aula MTSN 1 Bandar Lampung.

Setiap hari ada puluhan siswa yang melaksanakan tadarus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tadarus dilakukan oleh guru dan siswa. Kegiatan ini dibuat secara terjadwal, dan setiap kelompok didampingi oleh satu/ dua guru pendamping ditambah siswa yang bertugas pada hari itu.

Dalam kegiatan Gebyar Ramadhan 1444 H MTsN 1 Bandar Lampung akan berlangsung taklim yang akan diadakan di seluruh kelas. Para guru pengisi telah dibuatkan jadwal, sedangkan untuk siswa diberikan buku atau jurnal Ramadhan. Siswa diberikan tugas membuat resume dar kegiatan taklim di kelasnya.

Ketika mendekati hari raya Idhul Fitri, MTsN 1 Bandar Lampung siap menerima dan menyalurkan zakat, infak, dan shadaqoh untuk diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

MTsN 1 Bandar Lampung; Kunjungan ke rumah duka siswi kelas 8A

27 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

Beberapa papan bunga bertuliskan ungkapan duka masih terpajang di beberapa titik di sekitar rumah duka.

Rombongan wali kelas dan perwakilan siswa MTsN 1 Bandar Lampung turun dari kendaraan, lalu memasuki rumah duka.

Tumpukan kursi pelayat dan beberapa dus air mineral tampak menghiasi halaman rumah.

Tak lama berselang rombongan duduk di ruang tamu rumah duka. Do'a dilantunkan oleh ketua rombongan Bapak Herman Edy, juga tampak wali kelas 8A, Ibu Sri Lestari Nurhayati dan perwakilan guru, Ibu Yr. Widiyati.

Usai berdoa, rombongan mohon diri untuk kembali ke madrasah.

=======

OSIS MTsN 1 Bandar Lampung Galang Bantuan Untuk Siswa Korban Kebakaran

27 Maret 2023 oleh Winarno Abdullah

MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – OSIS MTsN 1 Bandar Lampung kembali sampaikan donasi kepada korban kebakaran di jln. Imam Bonjol, Bandar Lampung.

Rombongan terdiri dari Pembina OSIS, Tunah dan perwakilan Guru, Yr. Widiyati dan Ibu Sri Lestari Nurhayati, dan perwakilan siswa, menyerahkan bantuan kepada pihak korban. Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah) selain itu juga telah diserahkan bantuan berupa seragam sekolah, pakaian layak pakai dan perlengkapan sekolah lainnya seperti tas dan alat tulis pada hari Sabtu (25/03/23).

AFRIZA AGIS NOVRIANDY adalah salah seorang siswa MTsN 1 Bandar Lampung yang tinggal di rumah yang habis dilalap api beberapa hari yang lalu. Penyebab kebakaran diduga percikan api kompor yang menyambar sebuah kios bensin.

Bahkan pemilik rumah, Edi Amin, harus dilarikan ke rumah sakit akibat luka bakar yang dideritanya.

Selain membakar rumah, lanjut dia api juga membakar tiga unit kendaraan roda dua.

Seluruh bangunan rumah terbakar, ada tiga unit kendaraan roda dua juga habis terbakar.

=========


MTsN 1 Bandar Lampung Adakan Tadarus Al Quran Dalam Rangka Gebyar Ramadhan 1444 H28 Maret 2023 oleh

MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – MTsN 1 Bandar Lampung adakan tadarus Al Quran yang diiikuti oleh guru dan siswa. Bagi guru yang tidak ada jam mengajar dapat mengikuti tadarus, sedangkan siswa yang ikut tadarus Al Quran sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh panitia. Kegiatan tadarus dilaksanakan di halaman mimbar Al Qirom MTsN 1 Bandar Lampung, Selasa (28/03/23).

Kegiatan tadarus merupakan rangkaian kegiatan Gebyar Ramadhan 1444 H MTsN 1 Bandar Lampung. Tadarus dilaksanakan setiap hari selama bulan Ramadhan. Hal ini selain menyemarakkan bulan sucinya umat Islam juga dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan seluruh civitas akademika MTsN 1 Bandar Lampung.

Pada kegiatan tadarus ditunjuk ustadz atau ustadzah yang akan mendampingi guru dan siswa dalam kegiatan tadarus. Hal ini untuk menuntun dan memperbaiki apabila terdapat bacaan- bacaan yang tidak tepat dan tidak sesuai makhrojnya.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M. Iqbal sangat antusias dan memberikan dukungan dengan diadakannya kegiatan Gebyar Ramadhan 1444 H. Beliaupun memberikan apresiasi yang luar biasa dengan kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan serupa dapat tetap dilaksanakan meskipun tidak di bulan Ramadhan. Imbuhnya.

Kegiatan Gebyar Ramadhan 1444 H akan berjalan lancar apabila seluruh warga MTsN 1 Bandar Lampung saling bersinergi dan bekerja sama dengan baik. Sehingga tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Continue Reading

You'll Also Like

331K 6.2K 76
Rogue is the Avenger's newest recruit. A girl with no memories and mind-control powers who can electrocute everything in sight seems like a liability...
2.7M 19.9K 196
BTS preferences Started:04/08/2019 Some 🔞
19.9K 2.9K 11
āļ†āļ¯āļģāˇš āļšāļģāļąāˇŠāļą āļąāˇœāļ¯āļąāˇŠāļą āˇ„āˇ’āļ­āļšāļ§ āļ†āļ¯āļģāˇš āļšāļģāļąāˇŠāļą āļšāˇ’āļēāļŊāˇ āļ¯āˇ”āļąāˇŠāļąāˇ” āļ‘āļēāˇ āļ’ āļ†āļ¯āļģāˇš āļ…āļ¸āļ­āļš āļšāļģāļą āˇ€āˇ’āļ¯āˇ’āˇ„ āļšāˇ’āļēāļŊāˇ āļ¯āˇ”āļąāˇŠāļąāˇš āļąāˇāļ­āˇŠāļ­āļąāˇŠ...? ° nonfiction °
132K 14.1K 74
TaeKook Non Fanfiction #1 roses #1 marshmallows #1 nonfic #1 nonfanfiction #1 nonff #1 nonfanfic 2023.12.09 2024.