378 Hari Bersama Bapak Drs. H...

By Winarno20

376 0 0

Mengenang kebersamaan dengan Bapak Drs. H. M. Iqbal selama beliau menjabat sebagai Kepala MTsN 1 Bandar Lampu... More

Part 1. Agustus 2021
Part 2. September 2021
Part 3. Oktober 2021
Part 4. Nopember 2021
Januari 2022
Part 7. Februari 2022
Part 8. Maret 2022
Part 9. April 2022
Part 10. Mei 2022
Part 11. Juni 2022
Part 19. Februari 2023
Part 20. Maret 2023
Part 21. April 2023
Part 22. Mei 2023
Part 23. Juni 2023
Part 24. Juli 2023
Part 25. Agustus 2023
Part 26. Kenangan Indah Bersama 8E
Part 27. Kenangan Indah Bersama 7E
Part 28. Kenangan Indah Bersama 8D
Part 29. Catatan Alumni
Part 37. Kenangan Indah Bersama 8I

Part 5. Desember 2021

10 0 0
By Winarno20

66. Penilaian dan Pelaporan PIGPM

Bandar Lampung, 2 Desember 2021, Kegiatan di MTsN 1 Bandar Lampung, di bawah koordinasi kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. M. Iqbal dan Pengawas Pembina MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. Yenny Diahastaty.

Program ini merupakan kegiatan pendampingan guru pemula yang ada di MTsN 1 Bandar Lampung, mereka adalah Ibu Dwi Romdona, Yunia, Deta dan Shinta.

Para peserta mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai bukti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran yang mereka laksanakan selama beberapa bulan terakhir.

67. Madrasah Award

Bandar Lampung, 2 Desember 2021, MTsN 1 Bandar Lampung membuat video dukungan atas terselenggaranya kegiatan madrasah award 2021. Bentuk dukungan disampaikan dalam video berdurasi singkat (30 detik). Video dukungan disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. M. Iqbal, Sri Hidayati, S.Ag. dan Supiyani, S.Pd.I, selaku alumni MTsN 1 Bandar Lampung.

Behind the scene (di balik layar) pembuatan video ucapan selamat atas terselenggaranya program madrasah award 2021

Pembuatan video terhambat kekurang lengkapan fasilitas yang dimiliki oleh MTsN 1 Bandar Lampung. Namun hal tersebut tidak membuat tim kreatif MTsN 1 Bandar Lampung kehabisan ide untuk mengkreasikan kemampuannya dalam memproduksi video dukungan apresiasi atas dilaksanakannya madrasah awards 2021.

Penggarapan video selesai pukul 14.30 kemudian video dikirim langsung ke humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.

68. Evaluasi Kegiatan PAS

Bandar Lampung, 4 Desember 2021, Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. M. Iqbal, melakukan evaluasi pelaksanaan Kegiatan Penilaian Akhir Semester. Kegiatan PAS baru akan berakhir nanti tanggal 7 Desember 2021.

Kegiatan evaluasi membahas berbagai kendala yang dihadapi oleh siswa dalam mengikuti kegiatan PAS. Sebagian besar kendala siswa dalam menghadapi adalah jaringan.

Jaringan yang kurang memadai membuat siswa terputus dengan server, sehingga keluar dari aplikasi dan mendapatkan nilai 0, untuk itu pihaknya menghimbau kepada panitia untuk dapat memantau dan segera mereset jika ada siswa yang mengalami kendala.

Kepala Madrasah tak bosan-bosan terus mengingatkan agar penyelenggaraan PAS di masa PTM senantiasa mematuhi protokol yang berlaku mulai dari kedatangan siswa, selama berada di madrasah dan saat kepulangan siswa.

69. Pelatihan Calon Fasilitator

Bandar Lampung, 6 Desember 2021, Sebanyak 2 guru MTsN 1 Bandar Lampung yang telah mengikuti seleksi Fasilitator PKB Guru Madrasah yang diselenggarakan GTK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama project REP-MEQR , terpilih menjadi Fasilitator Provinsi (PASPROV), pada program PKB guru madrasah tahun 2021 ini.

Setelah melihat pengumuman Drs. M. Iqbal, Kepala MTsN 1 Bandar Lampung menyampaikan, bahwa demi suksesnya program Pengembangan PKB guru madrasah ini, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama yang bulan maret lalu, telah membuka Seleksi Instruktur Nasional, Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah tahun 2021 ini, seleksi dibuka untuk 21 Provinsi di Indonesia.

Alhamdulillah, usai diumumkan sebanyak 2 guru kami, dari MTsN 1 Bandar Lampung hari ini, telah berhasil terpilih menjadi Fasilitator Provinsi (PASPROV), Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, guru-guru tersebut antara lain, Winarno, S.Pd – Fasilitator Provinsi Bhs Inggris dan Laskmi Kholifah, M.Pd, – Fasilitator Provinsi Bhs Indonesia", jelas Kamad, Drs. M. Iqbal.

Pengumuman kelulusan seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator PKB Guru Madrasah dapat dilihat melalui akun masing-masing. silahkan login kedalam aplikasi dengan cara klik :

https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb/

Bersama peserta dari Lampung Selatan dan Tanggamus

"Mereka ber-2, bersama 10 orang peserta lainnya dari provinsi Lampung hari ini mengikuti pelatihan calon fasilitator provinsi yang akan berlangsung di Hotel FM7, Kota Tangerang, Banten mulai dari tanggal 6 s.d 10 Desember 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 112 orang peserta dari provinsi se Sumatera, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten dan DKI", pungkasnya.

70. Pembukaan MT2QM Provinsi

Bandar Lampung, 8 Desember 2021, MTsN 1 Bandar Lampung mengikuti acara pembukaan Musabaqah Tilawah dan Tartil Qur'an (MT2Q) madrasah Tingkat Provinsi Lampung. Acara pembukaan diikuti seluruh keluarga MTsN 1 Bandar Lampung yang diikuti melalui link yang dibagikan di grup.

Sebelum mengikuti acara pembukaan MT2QM tingkat Provinsi Lampung, siswa peserta MT2QM yang berasal dari MTsN 1 Bandar Lampung atas nama Sahira (9D) dan Maulidia Arla (7C) melakukan registrasi di ruang Pendidikan Madrasah (PENMAD) Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung. Setelah semua peserta melakukan registrasi dilanjutkan dengan sesi foto bersama KASI PENMAD, H. Said Karimin, S. Ag., M. Kom. dan seluruh kafilah yang berasal dari Kota Bandar Lampung.

Acara Pembukaan MT2QM tingkat Provinsi Lampung dipandu oleh Solihin sebagai pembawa acara. Dan bertugas sebagai pembaca ayat suci Al Quran, Mumtaz. Acara dilanjutkan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M. H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan MT2QM ini baru pertama kali dilaksanakan. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini sesuai dengan tema Kegiatan MT2QM "Menuju Lumbung Qori dan Hafidz Madrasah 2023". Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan Qori/Qoriah serta Hafidz/ Hafidzah yang mampu mengharumkan nama Lampung sesuai dengan harapan Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi.

Acara ditutup dengan doa yang diimami oleh Arimbi. Salah satu yang akan bertindak sebagai juri dalam kegiatan MT2QM tingkat Provinsi Lampung.

71.Beraksi di Ajang MT2QM Provinsi

Bandar Lampung, 9 Desember 2021, Dalam rangka menuju lumbung qori dan hafidz 2023 Kementerian Agama Provinsi Lampung mengadakan perhelatan Musabaqah Tilawah dan Tahfidz MT2QM ke-1 tingkat Provinsi Lampung. Acara MT2QM tingkat Provinsi Lampung digelar di Gedung Islamic Center, Bandar Lampung. Acara diadakan selama 2 hari yaitu hari Kamis dan Jumat (9-10/12/21). Untuk hari Kamis MT2QM yang diperlombakan adalah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (Mi), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sedangkan untuk Jumat lomba MT2QM tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Siswa MTsN 1 Bandar Lampung yang mengikuti lomba MT2QM ke-1 tingkat Provinsi Lampung adalah: Maulidia Arla (kelas VII-C) dan Syahira Alya Putri Anandita (kelas IX-D). Lidia, panggilan akrab Maulidia Arla, mengikuti cabang lomba tilawah sedangkan Sahira mengikuti cabang lomba tahfidz tilawah. Cabang tilawah, Lidia mendapat nomor urut tampil 091. Sedangkan cabang tahfidz tilawah Sahira memperoleh nomor urut tampil 151.

Keikutsertaan Lidia dan Syahira dalam ajang MT2QM tingkat Provinsi Lampung merupakan wujud nyata bahwa MTsN 1 Bandar Lampung merupakan salah satu madrasah di Bandar Lampung yang memiliki siswa-siswa yang berpotensi khususnya dalam bidang tilawah dan tahfidz tilawah.

Pengumuman pemenang lomba MT2QM tingkat Provinsi Lampung 2021 akan dilaksanakan Jumat sore (10/12/21) pukul 15.30 WIB secara luring di aula Arafah Asrama Haji Rajabasa. Semoga siswa MTsN 1 Bandar Lampung dapat memperoleh juara dan dapat mengharumkan Kafilah Kota Bandar Lampung.

72. Siswa Mendulang Prestasi

Bandar Lampung, 26 Desember 2021, MTsN 1 Bandar Lampung kembali mendulang prestasi. Salah satu siswa terbaiknya, Rayva Shaba Ardian berhasil meraih berbagai prestasi dalam cabang perlombaan yang diikutinya secara online.

Kondisi pandemi yang dialami di Indonesia bukan menjadi hambatan dan halangan bagi siswa untuk berprestasi. Hal ini telah dibuktikan oleh Rayva Shaba Ardian. Rayva tetap bisa berprestasi meskipun hanya belajar di rumah saja.

Prestasi yang berhasil Raya raih antara lain: meraih 1 medali emas dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, meraih 5 medali perak mata pelajaran Bahasa Inggris dan 1 medali perak mata pelajaran matematika. Jadi total medali yang telah diperoleh Rayva adalah 7 medali.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. M Iqbal menyampaikan ucapan selamat kepada Rayva atas prestasi yang telah ia raih. Beliau pun berpesan kepada Rayva harus tetap rendah hati dan jangan mudah merasa puas dengan prestasi yang telah ia raih. Sebaliknya Rayva harus terus belajar, belajar, dan belajar agar prestasinya dapat ditingkatkan lagi dan memperoleh hasil yang lebih maksimal. Imbuhnya.

Semoga hal ini dapat menjadi contoh bagi siswa- siswa MTsN 1 Bandar Lampung lainnya untuk dapat mengukir prestasi meski di masa pandemi seperti sekarang ini. Dan sehingga semboyan MTsN 1 Bandar Lampung madrasahnya para juara tidak hanya menjadi isapan jempol belaka tetapi dapat dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MTsN 1 Bandar Lampung.

73. Piala Bergilir Danlanal 2021

Bandar Lampung, 31 Desember 2021, MTsN 1 Bandar Lampung kembali mendulang prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler taekwondo. Berita gembira ini disampaikan oleh Pembina Ekstrakurikuler Taekwondo, Bapak Imam Bahrodi, melalui postingannya di WA grup guru. "Alhamdulillah, piala bergilir kejuaraan taekwondo Danlanal Provinsi Lampung bisa kita pertahankan berada di MTsN 1 Bandar Lampung", tulisnya.

Postingan tersebut mengundang respon dari anggota grup, sehingga bermunculan ucapan selamat dan terimakasih atas prestasi tersebut.

Dalam ajang ini, 20 orang siswa memperoleh juara dalam berbagai mata lomba, sebanyak 11 siswa memperoleh juara 1, 2 siswa memperoleh Juara 2 dan selebihnya (7 orang siswa) memperoleh juara 3.

"Selama pandemi siswa berlatih di luar lingkungan madrasah. Hingga saat ini ekstrakurikuler Taekwondo memiliki 40 orang anggota aktif. Pada kejuaran ini MTsN 1 Bandar Lampung mengirimkan 33 orang peserta dan alhamdulillah 20 orang diantaranya memperoleh juara". tutur Bapak Imam Bahrodi.

Lebih lanjut ia menjelaskan MTsN 1 Bandar Lampung sudah 2x berturut-turut menjadi juara umum, jika dalam 2 tahun kedepan tetap juara maka piala bergilir juara umum akan menjadi piala tetap.

Continue Reading

You'll Also Like

2.3K 101 5
can you see right through me? ❪ VOL 𝙄. the archer ❫ ❪ season 1 ➯➯➯➯➯ season 8 ❫ ❪ 298 AC...
1M 27.6K 43
It was her dream to be able to join Fairy Tail, the strongest guild in all of Fiore. But now, was she really all that joyful that she joined that gui...
13.8K 39 20
This is the second instalment to my 3 Part series of Books about a Young Blonde Teen Girl who suddenly starts to loose control of her bladder and bow...
34.5K 795 5
Hiroki has recently discovered that the four women he once knew and loved, his girlfriend (Nao), sister (Koneko), best friend (Ayumu), and mom (Kaede...