CAKEP |VKOOK

By Tomorrow_Kafka

68.6K 8.8K 1.6K

ini Jakarta bukan Seoul. ini Indonesia bukan Korea... Ini tentang Jungkook Rajakala yang heran kenapa abangn... More

Jungkook Rajakala Jentara
Taehyung Radeleo Jentara
Episode 1 : Segelas Susu
Episode 2 : Bohong
Episode 3 : challenge
Episode 4 : Ansos
Episode 5 : Obrolan martabak.
Episode 6 : Ayam goreng
Episode 7 : Polusi udara
Episode 8 : keluarga Mingyu
Episode 9 : Drama picisan
Episode 10 : Jajan
Episode 11 : Bunda
Episode 12 : Nyesel mampus
Episode 13 : Berita menyebar.
Episode 14 : Temen tidak mesra
Episode 15 : Jungbo
Episode 16 : MPASI
Episode 17: Hanya perasaan
Episode 18: Keadilan sosial
Episode 19: Jangan lupa pulang.
Pre-order
Episode 21: Konspirasi kerusakan [PDF]
Episode 22 : Sebuah Jarak. [PDF]
Episode 23 : Sebuah titik balik? [PDF]
Mau ngomong sebentar
Episode 24; Pembuangan akhir [Pdf]
Episode 25: Bukan pilihan ( PDF)
Episode 26: Agresi (PDF)
Episode 27: Titik awal (PDF)
Episode 28: Panorama berbeda(PDF)
Episode 29: Musuh dari masa lalu(PDF)
Episode 30: Sebuah batas kesabaran(PDF)
Episode 32: Sebuah Titik terang(PDF)
Episode 33: penipu ulung (PDF)
Episode 34: Jebakan (PDF)
Episode 35: Sebuah akhir yang pantas (PDF)
Episode 36: Chat
(Open Ready stok PDF Cakep)
Episode 37: culture shock
Episode 38: Need distraksi

Episode 20 : Retak

1.3K 239 67
By Tomorrow_Kafka

Acara perpisahan sekolah di ujung mata dan masa akhir jabatan juga di ujung jalan. Jungkook ngerasa keseimbangan yang bagus karena semuanya berjalan dengan lancar. Hari ini ada rapat sekolah yang kesekian, karena udah tinggal menghitung hari menuju acara.

Jungkook inget pas acara juga tepat seminggu abangnya ijin buat sibuk ngerjain album otomatis pas acara dia bisa ketemu si abang. Dia bener-bener kangen Taehyung, sampe sadar sepenting itu sosok abangnya. Padahal ini baru 3 hari, tapi untuk pertama kalinya setelah ratusan kali di tinggal Taehyung untuk kerja, dia ngerasa berat banget. Omongan abangnya soal komunikasi yang bakal susah bener adanya, selama 3 hari ini Taehyung belum nelfon, chatnya juga baru di bales satu kali, dan selebihnya Taehyung nggak ada kabar. Nanya Jimin juga percuma, soalnya kali ini Jimin di tugasin buat ngurus Jungkook jadi sama-sama jarang ketemu Taehyung.

Untungnya stok kesabaran dia masih banyak. Hari yang berjalan dengan baik mungkin jadi faktor pendukung yang bisa bikin dia jadi lebih sabar. Sayangnya siang ini setelah dia ngerasa semuanya berjalan baik banget, dia malah ketemu entitas manusia tepat pas mau masuk ruang OSIS buat rapat. Dari arah berlawanan, muka ganteng tapi sok abis bikin dahi Jungkook kernyit keheranan. Pikirnya mungkin numpang lewat atau apa tapi pas bener-bener udah saling deket pintu masuk mereka sama-sama berhenti di situ. Saling pandang, saling picing mata. Jungkook udah mau bodo amat, masih mikir numpang lewat, dia juga nggak mau nyiptain masalah baru jadi mutusin buat ambil langkah duluan buat masuk. Tapi, eh..tapi sama dong, sosok ganteng itu mau ikut masuk bikin Jungkook tahan langkah, terus natep sengit.

"Ngapain lo?!"

"Dih, nggak usah sokap."Eunwoo--manusia yang terakhir kali adu jambak sama dia di rumah sakit bales nggak kalah sengit."Minggir gue mau masuk."

Jungkook bingung dong. Ini manusia satu kan bukan anak OSIS terus ngapain masuk ke ruang OSIS.

"Ngapain gue bilang?"

Suara Jungkook di pintu ngambil atensi anak-anak yang udah ada di dalem. Mingyu yang udah dateng langsung samperin mereka.

"Ngapain pada di pintu gini?" Tanya Mingyu, "Masuk cepet."

Jungkook picingin mata, "Dia ngapain ikut masuk?"

Tatapannya jelas nggak suka sambil tunjuk ke si Eunwoo. Di tunjuk gitu, si Eunwoo cuek aja, dasarnya dia punya satu tingkat kesabar lebih dari pada Jungkook jadi di judesin gitu dia masih bisa nahan diri.

"Oh, iya gue lupa bilang. Si Eunwoo ntar ngisi posisi MC di acara."

Aduh, shock dong Jungkook. Ekspresi mukanya keliatan jelas banget bikin Eunwoo nahan ketawa, dalem hati mampus-mampusin.

"Bukanya baru mau di bicarian? Kok bisa ambil orang gue nggak tau?" Suaranya keras, ketara banget Jungkook jengkel.

Ya, gimana nggak jengkel kalo yang di rekrut itu musuhnya. Hal ini juga bikin Jungkook jadi kayak flashback keinget dulu-dulu dia nggak pernah ikut andil buat di mintain pertimbangan. Jungkook pikir mereka udah nggak kaya gitu lagi sejak hubungan mereka baik, tapi kayaknya Jungkook salah sangka. Ngeliat muka kecewa si Jungkook, Mingyu langsung paham arah pikiran si sohib. Cepet-cepet lah dia klarifikasi takut salah paham, kan.

"Bentar, Jak. Lo jangan mikir macem-macem." Jeda bentar, "Kita belum mutusin apapun asli. Eunwoo tuh rekomendasi Pak Yoongi. Dia kan juara lomba pidato, udah sering bicara di depan umum katanya cocok buat jadi MC."

Jungkook decak. Kalo gini urusannya sih susah buat di protes. Mau nuntut juga males banget berurusan sama Yoongi. Sumpah demi apapun itu manusia satu lebih rese dari apapun. Ngeliat Jungkook nggak berkutik sama sekali bikin Eunwoo ketawa, ngerasa menang banget.

"Nggak usah mancing-mancing ya, Lo." Jungkook natep nggak terima.

"Dih, mancing mah di kolam. Mancingin lo mah nggak ada ikannya."

Nggak lucu anjing. Udah mau maju nih kemakan emosi. Asli muka Eunwoo nyebelin banget jadi pengen garukin, bodo amat sama janji ke diri sendiri buat nggak bikin masalah. Kesabaran Jungkook yang setipis keripik kaca, di tambah tingkah Eunwoo yang kayak abu jahal hampir tuh bikin perkara adu jotos lagi di ruang OSIS kalo Yoongi nggak dateng.

Si tersangka utama yang hampir bikin huru-hara malah dateng santai banget, "Pada ngapain di pintu?"

"Itu pak, nggak boleh masuk sama Jungkook." Adu si Eunwoo

Yoongi alih tatep si Jungkook.  Murid paling luar biasa tingkahnya itu lagi kasih tatapan kesel.  Yoongi udah hampir lempar tanya nih, tapi kalah cepet.

"Bapak ngapain nyuruh Eunwoo jadi MC?"

Di tanya tiba-tiba gitu bikin Yoongi kernyit dahi, "Lah, kenapa?"

"Nggak bisa gitu dong, Pak!" Protes Jungkook. "Nggak bisa lah bapak mutusin gitu tanpa ngomong dulu ke kita."

Bentar-bentar, ini dia lagi di omelin?

"Bisa," Yoongi jawab sekenanya, "Bapak nyalonin kamu jadi ketua OSIS aja bisa, apalagi ngajuin Eunwoo buat jadi MC. Gampang mah, bapak kan pembina OSIS." Santai banget.

"Nggak bisa gitu!" Jungkook makin nggak terima,"Kenapa sih bapak mau dia jadi MC kayak nggak ada orang lain aja."

Wah, bener nih dia lagi di omelin sama Jungkook. Yoongi pasang ekspresi mikir sebelum Jawab.

"Dia ganteng."

Eunwoo ngangguk, "Tuh, ganteng."

"Dia jago public speaking."

"Jago public speaking." Timpal Eunwoo bangga

"Pinter."

"Tuh, gue pinter." Kata Eunwoo sambil ngangguk-ngangguk setuju.

"Dia famous."

"Tuh, gue--"

"Ngomong lagi gue cekek lo!" Potong
Jungkook

Mingyu misahin sambil ketawa. Emosi Jungkook malah di tangkap lucu sama dia, belum lagi Eunwoo yang makin jadi buat mancing-mancing, udah persis kayak liat bocah SD lagi berantem rebutan layangan putus.

"Udah, sih berantem mulu. Lama-lama jadi bestie forever entar." Canda Mingyu

Tapi candaan itu di respon kompak sama keduanya yang langsung pasang muka jijik.

"Najis."

"Amit-amit."

Yang langsung bikin Mingyu tambah ketawa ngakak. Yoongi yang belum paham banget ada apa sama si Jungkook dan Eunwoo cuma geleng-geleng kepala sebelum nyuruh mereka buat masuk buat mulai rapat. Agaknya tuh sisa hari yang penuh kelancaran ini bakal jadi hari berat karena dia bakal sering-sering liat muka si Eunwoo.

Jungkook lemes, jadi males. Cuma bisa pasrah, bikin moodnya rusak parah sampe rumah. Padahal abis rapat dia mampir dulu ke kafe sama Mingyu buat nongkrong berdua. Pikirnya sih ngelepas lelah, gundah stres juga abis dapet tekanan mental harus kerja sama sama Eunwoo, eh tapi sejam di sana pun nggak ngilangin keselnya sama sekali. Alhasil di bawa ke rumah dong. Di tambah pelaku utama yang bikin dia kesel ada di rumah.

Yoongi Suwaryo lagi-lagi kebingungan dapet tatapan mata kesel dari Jungkook. Dia lagi duduk anteng di depan TV pas itu anak pulang. Dia bahkan baru mau nyapa terus niatnya mau ngajakin itu anak jajan cireng. Tapi berhubung yang mau di ajak keliatan kayak induk singa mau lahiran jadi ajakan Yoongi cuma sampe di tenggorokan. Ganti haluan mau nanya ke Jungkook sebenernya dia salah apa, tapi baru aja mangap, si Jungkook udah ngomong ketus duluan.

"Mas Yoongi nggak usah ngomong sama aku sampe besok!"

Terus buang muka lanjutin jalan, nggak lupa langkahnya sengaja di hentakin biar vibes jengkelnya makin kerasa.

"Mas salah apa?" Tanya Yoongi polos aja

Makin naik pitam dong. Enak aja, dia udah susah-susah marah dari di sekolah sampe sekarang. Moodnya bahkan rusak parah, eh tapi yang bikin keadaanya kayak gini malah nggak nyadar, kan mubazir banget marahnya.

"Mas Yoongi nggak tau salahnya apa?!"

Mendelik, asli Jungkook mendelik. Udah mirip kaya cewek-cewek PMS yang lagi marah karena cowoknya gagal nebak-nebak isi hati. Yah, gimana mau nebak kan bukan dukun. Yoongi di tanya begitu ngangguk polos. Dia emang nggak tau salahnya apa sampe di judesin, makanya dia nanya kan sekarang.

"Emang, ya orang kalo udah tua makin nggak peka."

Aduh, jleb. Ini kalo lagi nggak mengemban misi perdamaian dunia nah baku hantam di katain tua. Berhubung dia masih inget yang lagi misuh-misuh itu bocah yang kudu dia jaga, si Yoongi sabar-sabarin. Berabe juga kan kalo dia ikut naik pitam, berantem terus Jungkook kabur, duh..duh..

"Apa, sih ribut banget?"

Jimin dateng dari dapur. Dia abis masak bakmie Jawa buat makan malem, pas banget masakannya mateng si Jungkook balik. Nggak baca situasi banget, Jimin udah kepalang ngerasa ini pas banget buat mulai makan malem jadi nggak nyadar lagi ada huru-hara malah ngajakin makan.

"Nah, pas banget udah balik. Makan dulu deh, baru ganti baju sama mandinya. Tanggung udah malem juga. Udah laper nih abang."

Si Yoongi nyambut dengan baik, "Alhamdulillah, akhirnya makan."

Terus ngacir ke ruang makan bikin Jungkook makin gedeg karena ngerasa di cuekin.

"Heh, ayo makan." Ajak Jimin lagi

"Males."

Waduh, kenapa nih? Jimin ngebatin. Baru nyadar muka Jungkook kusut banget. dia udah mau ngomong lagi nih buat nanya, eh tapi si Jungkook malah balik badan buat naik ke atas.

"Makan dulu!"

"Nggak mau!"

"Heh!"

Jadilah si Jimin ikut naik ke atas, ikut masuk ke kamar. Yang seharusnya dia bisa langsung makan malah punya sesi pembicaraan di sana. Dengerin Jungkook marah-marah sampe sempet mau pulang, bahkan mau nelfon Taehyung, sampe akhirnya bisa di bujuk terus cerita kenapa dia hari ini kesel. Berakhir itu anak bisa di tenangin, mau di suruh mandi sama makan syaratnya makan di kamar.

Lima belas menit tuh, lama sampe bikin bakmie di meja makan dingin. Dia balik ke sana malah ikutan kesel liat Yoongi udah selese makan. Enak banget tu orang kenyang sendiri.

"Bisa nggak, mas nggak usah nyari perkara. Udah tau anaknya ngambekan."

Yoongi yang lagi buangin sisa makanan di gigi kaget dateng-dateng di marahin. Salah gue apa lagi? Batinnya nelangsa.

"Salah mulu perasaan." Hela napas." Lagian kenapa sih Jungkook?"

Terus Jimin decak, "Itu yang Mas jadiin MC tuh musuh Jungkook. Kemaren di rumah sakit mereka sampe jambak-jambakan."

Owalah karena itu ternyata. Lah dia mana tau, kan. Emang sih pernah denger kalau Eunwoo sama Jungkook itu saingan soal peringkat, nggak tau tuh sampe musuhan. Apalagi kemaren kan mereka kena kasus berdua tuh, Jungkook nolongin Eunwoo ya dia kira hubungan mereka baik makanya Jungkook mau nolong.

"Mas mana tau." Yoongi mringis, "Terus sekarang masih ngambek nggak? Nanti Mas bujuk deh."

"Nggak usah. Udah aku bujuk tadi." Pijet kepalanya yang ngedadak pening. "Puyeng banget lama-lama ngurusin anak satu."

Yang paling tua ngakak kenceng. Jimin itu selalu punya sikap yang keliatan lebih dewasa karena pembawaannya yang cerewet. Beda sama dia yang anteng dan santai, Jimin cenderung bakal uring-uringan sama masalah kecil.

"Sabar. Tinggal beberapa hari lagi." Hibur Yoongi, "Eh, si Taehyung udah ada kabar?"

Nah, Jimin jadi inget. Dia udah chat bahkan nelfon Taehyung tapi belum di baca sama sekali. Udah mau 4 hari, chat Jungkook bahkan baru di bales sekali.

"Belum di bales."

Jujur aja ada perasaan nggak suka ngeliat Taehyung ngilang begini. Maksudnya apa harus sebegininya? Seenggak sempetnya sampe chat aja susah. Apa bunda mantau sampe 24 jam?

Dari awal dia udah nggak setuju, udah ngerasa bad feeling aja sama rencana Taehyung dan bener, ini bahkan baru beberapa hari tapi tu anak udah susah di hubungi.

Setelah ngambil makan malem buat Jungkook, dia sempetin buat ngechat Taehyung lagi.

Tapi tetep nggak ada fast respon dari Taehyung. Chat beberapa hari yang lalu aja belum di baca sama sekali. Jadi dia mutusin buat ngerampungin beberapa kerjaan dia, sampe hampir tengah malem dia balik buka Hp nya dengan harapan chat nya udah di bales. Tapi tetep sama sekali belum di baca, jadi iseng-iseng di buka bagian status. Jarang banget dia update status atau bukain status orang. Tapi malem ini nggak tau kenapa dia jadi iseng.

Nggak tau kebetulan atau gimana tuh, pas banget dia ngeliat status Tante Aera. Dia emang ngesave nomer wanita itu. Agak heran juga karena Tante Aera tuh tipikal yang kayaknya nggak akan update apapun di WA, tapi kalo ini update status.


Oke. Jimin nyoba buat biasa aja liat dua status itu. Tapi niat awalnya buat biasa aja jadi buayar pas ada status Taehyung muncul di sana juga.


Kaget lah, kaget banget. Taehyung update status pake foto bundanya. Langsung dong dia bales itu status, dan kebetulan lagi Taehyung lagi online.



Fuck

Fuck

Fuck

Jimin refleks banting Hp nya ke lantai. Emosinya muncak banget. Nggak peduli lagi nasib itu Hp yang untungnya bagian lantai kamar yang lagi dia injek tuh ada karpet bulunya.

Ini bukan lagi sekedar prasangka sama khawatir lagi. Jimin udah curiga bakal ada yang nggak beres. Bukan maksudnya nggak percaya. Asli dia percaya banget sama Taehyung, tapi dia nggak percaya sama Tante Aera.

*****

Tiga hari menjelang hari H. Ada gladi resik acara biar sehari sebelum acara jadi ajang buat lebih nenangin diri sama ngecek-cek aja. Jadi nggak bikin suasana jadi hectic banget nantinya. Panggung juga udah mulai di pasangi makanya nanti beberapa anak OSIS termasuk Jungkook bakal nginep di sekolahan buat mantau. Hari ini bakal jadi sibuk-sibuknya buat nyiapin biar acara berjalan dengan lancar.

Nggak cuma anak-anak OSIS aja yang malem ini bakal nginep di sini, beberapa guru juga ada yang ikut nginep kayak Pak Yoongi. Setelah solat magrib mereka ngobrol santai di deket panggung sambil ngopi sama ngemil kacang. Pas lagi  asik-asiknya tuh, tiba-tiba Mingyu yang tadi solatnya paling akhir pun dateng, tapi nggak cuma sekedar dateng nih soalnya dia ngabarin soal chat di grup dari Nora yang belum di bales siapapun. Mungkin karena mereka asik ngobrol sampe nggak liat chat Nora di grup.

Itu cewek ngabarin kalau ada satu panti asuhan yang belum di kabarin soal tanggal acara. Udah coba di hubungin tapi nomer telfon nya nggak aktif. Mereka nggak punya kontak lain jadi mau nggak mau kudu dateng buat ngabarin. Untungnya tempatnya nggak jauh.

"Kemaren saya sama Soobin yang survei ke sana. Nggak jauh sih dari sini." Jelas Jungkook

"Sekarang aja di datengin, mumpung inget. Kalo nunggu besok takut lupa. Naik mobil aja, yang bawa mobil bisa ke sana bareng sama Jungkook." Kata Yoongi

Sayangnya anak-anak OSIS yang kesisa di sana nggak ada yang bawa mobil, bahkan kayaknya rata-rata pada nggak punya mobil.

"Pake mobil bapak aja, Soobin bisa bawa mobil?"

Soobin nyengir, "Ngak bisa, Pak."

"Duh, siapa dong yang bisa?"

"Saya aja pak yang nyetir." Itu Jungkook yang ngomong. Tapi jelas langsung nggak di tanggepin sama Yoongi karena dia tau Jungkook di larang buat nyetir.

"Nu, iya kamu kan bawa mobil kan?" Yoongi tunjuk itu anak yang dari tadi milih diem aja. "Kamu ini, kenapa dari tadi nggak ngomong."

"Lah, Pak saya kan bukan anak OSIS." Eunwoo dengus nggak terima. Posisinya di sini kan ikut sebagai pengisi acara bukan panitia. Dia ketahan di sini juga karena nungguin revisian susunan acara yang terus di ubah-ubah sama Pak Yoongi

"Yaudah, tuh kamu sama Jungkook kesana sekarang, mumpung masih jam segini."

Di suruh bareng Eunwoo Jungkook jelas protes. Yoongi kayak lupa kalo Jungkook nggak suka ama Eunwoo jadi nggak ngeh asal suruh aja.

"Saya nyetir sendiri aja Pak."

"Tuh, nggak mau anaknya Pak."

"Udah bisa nggak sih kalo di suruh tuh langsung siap grak, nggak usah ini itu."

Setengah hati banget keduanya setuju. Posisi udah pada capek seharian, laper juga nunggu makan malem nggak dateng-dateng, jadi nggak enak hati menciptakan keributan. Eunwoo jalan lebih dulu ke parkiran, di belakangnya Jungkook ngikutin ogah-ogahan. Sampenya di sana yang punya mobil langsung masuk buat nyalain mobil lebih dulu, terus nggak lama Jungkook nyusul masuk ke dalam mobil. Perkiraan waktu jalan ke panti asuhan tujuan itu sekitar 20 menit, dan waktu 20 menit itu jelas nggak mungkin di isi sama obrolan basa-basi. Mereka nggak akrab, entah di depan banyak orang atau dalam keadaan berdua gini. Eunwoo fokus nyetir, Jungkook fokus mainan Hp. Dua-duanya sama-sama nahan buat nggak saling lempar kata, soalnya paham nanti ujung-ujungnya bakal adu mulut.

Sampe di sana mereka di sambut anak-anak sama pemilik panti. Muka dingin mereka di perjalanan tadi sementara di simpen dulu soalnya di sana mereka full senyum dan ramah. Setelah urusan di sana selesai mereka juga langsung pamit pulang. Perjalanan pulang yang hampir sama hening dan lancar, udah bagus tuh tanpa ada huru-hara apapun kaya pas berangkat tadi, kalo aja..

"Bentar. Kok kesini?"

Sefokus-fokusnya Jungkook main Hp nyatanya dia cuma ngalihin aja biar keliatan sibuk, nyatanya buka Hp pun dia cuma scroll -scroll Twitter gak jelas. Makanya ngeh tuh pas jalan yang lagi mereka lewatin tuh kayak ada yang beda.

"Ke resto dulu gue mau makan." Terang si empunya mobil

"Nggak bisa, gue masih banyak kerjaan. Lagian ntar juga dapet nasi."

Eunwoo mendadak budeg. Bodo amat lah, dia udah kelaperan banget, nunggu makan dari sekolah juga mentok nasi kotak isi ayam bakar. Lagian dia udah sampe di depan Resto tinggal ambil parkir aja.

"Yaudah, kalo lo nggak mau bisa balik sendiri." Kata Eunwoo sebelum turun dari mobil.

Jungkook narik napas, nyoba tahan-tahan amarah yang udah mau meledak. Kesabarannya Yang setipis keripik kaca di uji lagi sekarang. Sialnya lagi dia nggak bawa dompet, nggak bisa lah dia bayar taksi, jadi mau nggak mau ikut turun. Lupa tuh dia bisa naik taksi bayar di sekolah sangkin udah mumetnya ngadepin Eunwoo.

"Bayarin dulu, ntar gue ganti."

"Dih, udah banyak protes ngutang lagi."

"Lo bisa nggak sih nggak usah mancing-mancing kesabaran gue?"

Eunwoo cuma angkat bahu cuek, "Nggak bisa." Terus masuk ke dalem.

"Siluman anjing." Umpat Jungkook

Malam ini suasana resto nggak terlalu rame. Cuma ada sekitar 4 meja yang di isi di lantai bawah, nggak tau kalo lantai atas. Eunwoo yang masuk duluan naik kelantai atas, sedangkan Jungkook melipir buat ke kamar mandi di lantai bawah. Dia butuh cuci muka biar emosinya ikut ke kebawa air. Selesai ama urusan di kamar mandi tujuan utamanya jelas ke lantai atas buat nyamperin Eunwoo. Tapi baru juga ambil beberapa langkah keluar dari sana, matanya malah nangkap pemandangan yang nggak asing di kasir.

Jantung Jungkook naik detaknya. Dia jelas nggak salah ngenalin walaupun hampir dua tahun nggak liat sosok itu. Dengan tubuh yang sama tingginya, rambut panjang dan suara yang masih sama ketangkep di telinga. Di sana, Aera--bundanya lagi ketawa bahagia, bercengkraman begitu hangat sama sosok laki-laki. Otaknya lantas nyiptain tanya; Sejak kapan bunda pulang? Kenapa dia baru tau? Kenapa bunda nggak bilang?

Lintasan pertanyaan-pertanyaan itu nyiptain langkah ragu-ragu buat deketin sosok wanita yang selalu dia rindu itu. Jungkook bahkan sampe nggak sadar matanya udah berkaca-kaca, juga sampe lupa banyaknya sakit yang dia rasa selama ini karena nggak pernah sekalipun di kasih kabar. Semuanya ilang, hanyut cuma karena sosok itu di depan mata.

Rasanya pingin banget lari buat meluk, utarain ribuan kata rindu sama sayang, nggak peduli nanti di tolak pun, egoisnya bilang hal yang udah lama dia tahan harus nyampe ke wanita itu. Tapi sebesar apapun rasa itu, Jungkook tetep jatuh sama langkah berat dan ragu-ragu sampe waktu pun rasanya nggak sabar buat temuin mereka berdua. Suara tawa yang semakin masuk ke rungu semakin membuat jantungnya bertalu. Ada goresan senyum hampir merekah bersama bibir yang entah bisa di bilang terbata hampir memanggil, tapi gagal pas rungunya nangkep sesuatu yang bikin buncahan itu hilang sekejap.

"Ada di Jaksel Bang. Tapi kita ke sananya besok aja gimana? Seharian udah jalan-jalan, nanti abang kecapean." Tuturnya lembut dan penuh sayang

Atensi Jungkook beralih pada sosok di samping sang bunda. Sosok yang tadinya tak begitu menarik perhatian karena seluruhnya jelas tertuju pada wanita itu tadi. Jelas doi nggak salah denger pas bunda manggil 'bang',  bahkan suara tawa yang kemudian keluar dari cowok berjaket item dengan masker serupa itu ternyata familiar. Dengan tangan gemeter dia ambil Hp di saku celananya buat mastiin kebenaran.

Mata yang masih lekat tertuju ke sana. Panorama tawa, penuh hangat dua manusia nggak luput sama sekali bebarengan sama sambungan telfon yang mulai memanggil. Jantung Jungkook rasanya hampir meledak pas cowok berjaket hitam di sana bergerak nyamping munggungin Bunda buat ngecek Hp nya yang mendadak getar. Masker di buka, ekspresi muka yang ketara kesel, juga rijekan panggilan itu bener-bener ngebuat seluruh sel-sel di badan dia kayak putus.

Samar, Jungkook geleng kecil. Denial sama keadaan sampe dia mutusin buat nelfon lagi. Dan hal yang dia dapetin sama lagi, ekspresi kesel sama rijekan panggilan. Di sana, Taehyung bahkan sedikit ambil jarak, munggungin Bunda yang otomatis ngadep Jungkook langsung. Sibuk mengetik sampai kemudian Hp Jungkook geter, ada chat masuk dari nama si Abang.

Di depan sana, Taehyung hampir mau masukin Hpnya lagi setelah kirim chat ke Jungkook, tepat angkat kepala matanya langsung bulat dapetin Jungkook lagi ngeliatin dia. Hp di tangan refleks jatuh sampe bikin Bunda yang lagi nunggu pembayaran otomatis nengok dapetin si anak kesayangan diem sambil natep intens ke depan, bikin dia juga refleks ikut ke arah mana Taehyung lempar dan..

Hening.

Jelas ada keterkejutan yang bikin hati mereka sama-sama saling porak-poranda. Aera, wanita itu nggak nyangka bisa ketemu sama anak bungsunya walaupun pertemuan itu juga masuk dalam rencana. Tapi tidak sekarang, tidak dalam keadaan dia lagi sangat bahagia bareng Taehyung. Tapi kalo di pikir-pikir, dia ngerasa Tuhan lagi ngasih jalan lebih cepet sampe bikin kepercayaan wanita itu meningkat  karena ngerasa Tuhan ada di pihaknya. Lain cerita sama Taehyung yang kini lagi ngerasa dunia menyempit sampe bikin dadanya sesek cuma karena ngeliat sorot mata kosong adeknya.

Jungkook di sana udah total kosong mlompong setelah denialnya di hajar habis-habisan pas jelas liat dua muka manusia yang paling dia sayang nyata di depan sana. Tapi walaupun begitu dia jadi pihak paling sadar buat gerakin keterkejutan ini dengan kasih senyum tipis. Langkahnya yang tadi kaku, terus di paksa buat jalan ngehampirin keduanya. Nggak peduli sama denyut di dada bahkan kepala. Dia ngeberaniin diri buat ngadepin walaupun rasa pingin teriak udah sampai di tenggorokan.

"Bunda," tapi Jungkook bisa bawa dirinya buat nyapa, ngambil jemari Aera buat di cium. "Bunda kapan pulang ke Indonesia?"

Dengan kepercayaan diri Aera, tetap aja ada sudut di hati wanita itu yang goyah saat rungunya nangkep suara Jungkook hingga bikin kinerja jantungnya meningkat. Kepala wanita itu sempat kaku buat di gerakin saat temu mata begitu dekat. Ada perasaan nggak di kenal yang menganggu sampe bikin dia narik napas sebelum ngejawab.

"Udah lama. Mungkin setengah bulan."

Jungkook ngangguk. Selalu kebingungan untuk membangun obrolan apapun dengan sang bunda.

"Kok bunda nggak ngabarin? Kenapa nggak pulang ke apartemen?"

"Bunda ada apartemen sendiri di Jakarta."

"Kalian mau makan atau udah selesai? Kalo belum, kita bisa makan bertiga kebetulan aku baru mau--"

"Jungkook, kita udah selesai makan. Kita mau pulang." Potong Aera

Taehyung mendelik. Kaku dan diamnya tadi dia banyak mempersiapkan diri setelah isi kepalanya amburadul.

"Kalian mau pulang? Pulang bareng? K-kemana?" Jungkook nyoba mastiin

"Kita--"

Badan Taehyung maju terus pegang pundak adeknya, "Kamu tunggu di rumah. Nanti abang pulang."

"Nggak bisa!" Protes Aera. Perasaan asing yang sempet ngeganggu pun lenyap, "Kamu udah janji nemenin Bunda seminggu Taehyung."

"Bunda!" Taehyung natep wanita itu marah.

Ada tawa yang di ciptain paksa. Jungkook di sana ketawa bikin dua orang di sana lantas diem. "Kok berantem, sih." Terus geleng-gelem kepala. "Nggak papa lanjutin aja. Have fun, aku balik duluan."

Masih setengah ketawa, tanpa nunggu jawaban apapun Jungkook balik badan. Semuanya bener-bener terasa lucu, menggelitik sakit sampe rasanya nangis pun malah kerasa aneh di lakuin, jadi dia ketawa, bahkan sampe perutnya sakit melilit, entah karena tekanan karena terbahak-bahak atau karena dia belum masukin apapun buat makan malam.

"Sumpah lucu." Gumamnya sambil ambil langkah ngejauh. Tapi baru beberapa langkah badannya di tarik total dapetin Taehyung di sana.

Jungkook diem, cuma natep Taehyung, tapi walaupun gitu Taehyung bisa nangkep seluruh emosi adeknya, jadi lekas dia tarik terus peluk erat.

"Maaf." Jungkook bisa denger suara abangnya yang gemeter penuh penyesalan bikin kecewanya membumbung tinggi sampe bikin dia ketawa lagi di pelukan. "Maaf..maaf.."

Di bales pelukan itu tak kalah erat. Dengan tawa yang masih berlanjut, juga hati yang berantakan karena kecewa. Totalitas penuh luka itu jelas bikin Taehyung hampir mati karena rasa bersalahnya. Pun gimana yang di lakukan Jungkook berikutnya, berbisik sakit di sela tawa bener-bener bikin dia ngerasa paling hina."Bang bohongin aku."

Taehyung kaku, nggak berkutik bahkan setelah si adek lepas pelukan terus berbalik pergi. Langkahnya menolak ngejar, entah teramat malu yang jelas udah hancur segala isi pikirannya. Cuma bisa ngeliat si adek jalan cepet keluar Resto.

Masih dengan tawa kecil. Jungkook udah kayak orang ilang akal di sepanjang jalan, nggak tau mau kemana pokoknya cuma pingin ngejauh dari ruang menyesakkan tadi. Total lupa makan malam, lupa dia pergi sama orang lain, lupa dia harus nginep di sekolah. Dia lupa semuanya karena ngerasa hidupnya lagi di puncak komedi, bikin dia nggak bisa berhenti ketawa, malah semakin menjadi.

"Gila, lucu banget."

Ketawa lagi, gumam lagi, katawa lagi. Napasnya sampai sesak bikin dia ambil napas panjang, dan pas di hembusin entah kenapa badanya malah lemes hampir ngegelosor ke tahan kalo nggak di pegang sama seseorang.

"Lo bisa jalan?"

Eunwoo. Cowok itu langsung tarik tangan Jungkook buat ngebawa itu anak berdiri. Jungkook sempet diem ngerasa pusing, ngerasa pandangannya berkunang-kunang. Ngeliat Jungkook cuma diem, Eunwoo langsung inisiatif geret itu bocah ke mobil.

"Jungkook?"

Dia nyoba manggil, tapi respon Jungkook malah cengengesan, terus ketawa. Bikin Eunwoo yang ngeliat jadi khawatir. Entah kenapa, ikut sedih ngeliat orang yang biasa adu mulut sama dia keadaannya kayak gini. Dia liat semuanya, liat gimana Jungkook hancur walaupun nggak tau jelas pastinya. Dia yang nunggu itu anak nggak dateng-dateng langsung inisiatif turun, niatnya mau ngajak berantem, tapi malah dapetin panorama nyakitin.

Dia nggak pernah ngadepin hal kayak gini, lebih-lebih hubungannya sama Jungkook jauh dari kata deket. Dia juga kebingungan kenapa ikut panik ngejar Jungkook, dan sekarang nambah panik  liat itu anak udah kaya orang gila di mobil.

"Anjing udah!" Dia sampe cengkram kerah jaket Jungkook marah. Kesel, sedih jadi satu, "Jangan ketawa anjing!"

Badan Jungkook di tarik sampe duduk tegak, terus pipinya di tampar walaupun nggak keras-keras banget. Tapi Jungkook masih ketawa kaya orang gila. Akhirnya Eunwoo ambil botol, terus siram itu muka sambil di tamparin lagi itu pipi.

"Istighfar.. istighfar."

Tawa Jungkook total ilang. Pandangannya berubah kosong bikin Eunwoo hembusin napas frustasi. Situasinya bikin perasaanya kebawa-bawa. Sekeras dan sebencinapapun dia sama Jungkook, nyatanya liat itu anak hancur lebur di depannya jelas bikin hatinya ikut sakit.

"Gue telfon Mingyu, ya?" Intonasinya lembut.

Mata Jungkook gerak, ngeraih sadar. Dia natep Eunwoo di depannya nanar. Telen ludah terus geleng, "Anterin gue balik bisa?"

"Iya, tapi gue telfon Mingyu dulu."

Jungkook geleng terus nunduk, "Jangan plis. Anterin balik aja, terus Lo tutup mulut. Lupain sama apa yang Lo liat tadi."

Final. Eunwoo nggak bisa maksa, dia ngehargain keputusan Jungkook jadi setelahnya dia bener-bener nganterin Jungkook pulang.

*****

Bohong dan bikin kecewa adiknya jelas awalnya bukan ini rencananya. Dia nggak tau kenapa rencananya meleset. Dia kecewa, marah sama dirinya sendiri. Dalam situasi ini dia baru paham sama pesan Jimin buat nggak lupa pulang.

Harusnya jangan, harusnya hal ini nggak pernah ada hanya karna rasa bersalah sesaatnya. Harusnya dia tahu jika bunda tetap pada sisi egoisnya, dan sialnya dia terlena. Entah hari keberapa, tanpa sadar dirinya mulai tertarik pada kenyamanan baru yang ngingetin dia pada masa lalu. Bunda yang dia liat saat bangun tidur, memasakan makanan favoritnya, jalan-jalan. Dia akui itu nggak lagi menjadi bentuk keterpaksaan kayak yang dia rasain saat baru akan datang pada wanita itu.

Taehyung menikmatinya, total lupa eksistensi yang di tinggalkan. Pola pikirnya rancu, sikap hangat bunda yang mengingatkannya pada masa lalu setiap hari berbisik jika dia pantas dapetin lebih. Atas terlenanya itu, sekarang berakhir mengutuk diri. Nggak peduli gimana Bunda teriak nggak terima pas dia sadar dari kebodohan, lari menuju mobil buat ngejar adeknya.

Dia berharap Jungkook bener-bener pulang ke rumah, mau dengerin penjelasannya lalu dia di maafkan. Tapi tentu aja itu cuma angan-angan. Dapetin sosok ayah ada di depan pintu apartemen aja udah jadi pasti kalo semuanya bakal jadi rumit dan lebih berantakan. Lupa gimana ratusan pesan juga panggilan yang nggak pernah dia gubris sejak lupa memasukan nama sang ayah dalam daftar private update nya di WA. Lelaki itu jelas mempertanyakan apa maksud putra sulungnya meng-upload foto dengan caption begitu hangat bersama Aera mantan istrinya setelah dia itu nangis-nangis di meja makan curhat soal sang bunda yang begitu menyiksanya.

Sejoon, laki-laki itu natep putranya dingin. Datang dari Bandung dengan perasaan gemuruh kesal nggak dapet jawaban apapun atas rasa penasaran yang menjengkelkan. Baru mau ngajak Taehyung masuk buat minta penjelasan tapi matanya nangkep sosok lain yang muncul di belakang.

"Ngapain kamu di sini?" Geram Sejoon

Sempet Taehyung pikir itu buat dia kalo nggak nyadar yang ayahnya tatap itu tepat di belakangnya. Sampai suara yang nggak kalah dingin masuk rungunya.

"Harusnya aku yang nanya kenapa kamu di sini, Mas!"

Aera maju, ngehadang langsung sosok mantan suaminya. Ini mungkin jadi pertemuan pertama setelah mereka bercerai. Selama ini komunikasi mereka sekedar chat untuk saling ngelempar marah atas sikap masing-masing dan sekarang kayak jadi kesempatan Taehyung ngebawa mereka berdua untuk adu mulut secara langsung.

"Kalian masuk dulu, jangan di luar. Malu kalo di denger orang."

Taehyung langsung masukin password pintu apartemennya. Total lupa tujuannya pulang itu untuk apa jadi pas bener-bener dapetin Jungkook ada di sana kayak nyambut dia pulang dengan tatapan yang udah nggak bisa Taehyung tebak lagi bikin Taehyung ngumpat dalem hati.

Fuck

"Penjelasan apa mas? Aku ke sini ya mau ketemu anak aku."

"Anak kamu? Anak kamu yang mana, hah?"

Mereka saling lempar suara di depan pintu, nggak peduli lagi sama Taehyung yang udah ngajak mereka masuk. Pintu yang udah di buka lebar jelas bikin suara keras mereka sampai ke rungu Jungkook bikin itu anak ambil langkah ragu ngehampirin.

"Jelas Taehyung."

Sejoon ketawa, "Udah gila ya kamu. Inget Anak kamu nggak cuma Taehyung."

"Maksud kamu apa?!" Aera teriak marah

"Pantesnya aku yang bilang kalo aku ke sini buat ketemu Taehyung soalnya anak aku cuma Taehyung, kalo anakmu kan dua, Jungkook sama Taehyung. Bisa-bisanya--"

Suara tamparan bikin suasana jadi hening. Napas Aera naik turun natep mantan suaminya marah. Penekanan fakta itu bener-bener bikin akal sehatnya ilang. "Sialan kamu!"

"Maksudnya a-aku bukan anak ayah?"

Keduanya total noleh. Taehyung yang udah kayak pasrah sedangkan Jungkook masih nyoca memproses apa yang baru aja dia denger.

"Kalian pergi." Napas Taehyung naik turun. Dari awal pulang udah ancur lebur sampe nggak kuat lagi buat nengahin adu mulut orangtuanya. "Kalian pergi aja, biar aku yang jelasin ke adek."

Tapi Jungkook di sana geleng kenceng. Dia udah nggak percaya siapapun bahkan Taehyung sekali pun. Abangnya baru aja bohong dan sekarang dia denger hal yang lebih nyakitin dari pada kebohongan abangnya.

"Jelasin ke aku sekarang." Tegasnya. Nggak peduli lagi seluruh badan bahkan isinya bisa di bilang udah remuk, "Kalian, kalian semua jelasin!"

Taehyung ambil langkah cepet ke Jungkook, "Biar Abang jelasin. Abang janji nggak ada yang bakal di tutupi, yang penting Abang yang jelasin ke kamu, oke."

"ENGGAK!" Teriak Jungkook marah

Teriakan Jungkook mancing Aera buat bgrjariin ini kesempatan walaupun melencengnya kejauhan dari rencana. Ekspresi nya nggak nunjukin penyesalan sama sekali.

"Iya."

"Bunda." Taehyung kasih peringatan

Senyumnya miring,"Kamu bukan anak ayah kamu."

"Bunda!"

Aera di tarik sama Sejoon, "Gila kamu!"

"Biar dia tau! Kalian kenapa sih ngelindungin anak ini terus?! Liat, dia jadi manja! Yang harus di lindungin itu aku! Aku korban di sini, aku yang paling banyak nanggung beban di sini."

Sejoon dorong bahu wanita itu. Amarahnya memuncak denger omong kosong mantan istrinya. Untungnya dia masih cukup waras cuma dorong Aera walaupun rasa pingin nampar juga gede banget.

"Korban?!" Sejoon ketawa. "Otak kamu emang nggak waras ya Aera. Pantes ngedrama mulu kerjaan kamu.  Sibuk manipulasi otak Taehyung biar di kasihani. Kamu pikir yang menderita cuma kamu? Nggak inget aku yang udah kamu khianati, nggak inget kamu sama anak-anak yang udah jadi korban. Kita loh, kita sibuk benahin diri, kok kamu malah sibuk cari masalah."

"Aku nggak khinatin kamu! Kamu yang selingkuh sama Anne!"

"Aku yang selingkuh? Liat sekarang? Apa aku nikah sama Anne? Dia temen kamu loh, kamu tuduh aku sama orang lain buat nutupin ketakutan kalo kamu udah tidur sama orang lain sampe hamil."

Wajah Aera merah nahan marah, mungkin juga malu segala kelakuannya di umbar di depan anak-anaknya. "Kamu tau itu nggak sengaja tapi kamu ungkit lagi?! Yang bikin aku kaya gini itu kamu, Mas! Kalo sikapmu nggak brengsek, kalo kamu bisa jadi suami yang baik, nggak akan ada Jungkook di sini. Nggak akan ada anak sialan itu di sini!"

"Anak sialan yang kamu bilang itu anak kamu gila!"

"Kalo kamu ungkit-ungkit ini lagi kenapa nggak biarin aku gugurin aja dulu. Kenapa? Oh, aku tau kamu sengaja maksa aku pertahanan Jungkook buat hari ini, buat kamu jadi bahan biar aku malu di depan mereka? Ini bentuk bales dendam kamu?!"

"Sialan! Gila kamu Aera. Kamu nuduh aku macem-macem."

"Aku nggak nuduh, ini fakta kamu benci liat Jungkook tapi kamu mau aku pertahanan dia."

Sejoon usap wajah ya kasar. Sakit masa lalunya kembali jadi nyata. Menjadi suami gagal, ayah yang buruk bener-bener menghujam ulu hatinya. Dia nggak pernah nunjukin ini sama siapapun. Itulah kenapa dia selalu keras, dia selalu dingin menyikapi masalah keluarganya dari dulu. Kalau dia ngikutin emosinya mungkin dia bisa nangis darah dapetin Istrinya hamil sama orang lain, sampe bikin keluarga mereka berantakan.

"Berat, aku akuin berat buat liat Jungkook. Tapi aku nggak segila kamu buat gugurin."

"Kalo aja aku nggak dengerin kamu hidup aku nggak begini, mas. Dan sekarang kamu salahin aku? Kamu yang minta pertahanan tapi kamu juga yang nggak kuat. Harusnya kamu urus anak itu! Harusnya anak sialan itu tanggung jawab kamu!"

Teriakan Aera beradu sama bantingan vas bunga di lantai. Taehyung si pelaku, lempar tatapan nggak habis pikir sama orangtuanya. Hitungan menit  di isi adu mulut yang nggak bisa dia tembus sama sekali sampai fakta menyakitkan itu tersampaikan di telinga adiknya dengan cara yang begitu kotor. Hamil dengan orang lain, anak yang yang hampir di gugurin, anak sialan dan banyak lagi, total bikin dunia Jungkook runtuh seruntuh-runtuhnya. Mulutnya kaku bahkan buat sekedar narik napas. Kejutan ini bikin dia di kuasai rasa sakit juga bingung. Sibuk diem nunduk natep kosong lantai.

Anggukannya samar tercipta  bersama menit-menit yang terbuang di isi hening setelah riuh bantingan vas yang sekarang berceceran di lantai.

"Aku jadi paham sekarang." Suaranya gemetar. Beraniin diri angkat kepala buat natep tiga sosok yang lagi diem di sana. Nyoba nunjukin jika penjelasan itu lebih dari cukup untuk semua jawaban atas segala pertanyaannya selama ini.

Pantas, dia merasa pantas di bedakan. Dia anak yang lahir atas dasar kesalahan, bermodal benci dan nggak di inginkan. Tapi dari semua rasa pantasnya dia merasa nggak terima kalau dia di perlakukan sejahat ini. Bertahun-tahun kayak orang bodoh yang nggak tau apapun. Prasangkanya buruk sama diri sendiri. Dia yang yang nggak sepinter Taehyung, dia yang nakal, dia yang suka cari masalah sampai harinya cuma di isi sama pikiran gimana dia bisa lebih dari si Abang yang nyatanya tetap sia-sia.

Dulu dia pikir setelah rangking satu dia akan di sayang, setelah menjadi penurut dia akan di perhatikan. Bahkan setelah nggak dapetin itu semua dia masih terus nyalahin dirinya sendiri atas ketidak mampuannya menarik rasa sayang kedua orangtuanya. Dan sekarang setelah mengerti lucunya dia ngerasa berkecil hati, ngerasa nggak berharga, ngerasa lahirnya cuma untuk jadi bukti sebuah kisah kotor yang perlu di maki-maki.

Perasaan Taehyung sama berantakannya. Diam natep adeknya lara. Tangisnya pun di rasa udah nggak ada arti apa-apa buat ngendaliin keadaan. Yang ada di benaknya cuma keinginan peluk si adek terus utarakan hal baik sebagai upaya mendistraksi, tapi lagi-lagi dia merasa nggak pantes, merasa begitu terlambat. Pun gimana Jungkook bahkan mundur waktu di dekati, Taehyung tau adiknya bener-bener terlanjur sakit hati.

"Puas kamu!" Sejoon mulai lagi. Nggak peduli dua anaknya yang lagi nyoba ngusain situasi. Dia natep Aera, narik wanita itu buat di bawa keluar, "Pergi kalo udah puas!"

"Nggak bisa gini! Taehyung harus pulang sama aku! Mas, lepasin!"

Jeritannya tenggelam bersama pintu yang tertutup rapat. Taehyung mungkin bakal sedikit berterimakasi sama ayah atas aksinya tadi. Kini atensinya penuh ke sang adik yang kini berbalik ambil langkah ke kamarnya sendiri.

"Jungkook." Dia nyusul, "Dengerin Abang."

"Jungkook." Dia nyusul, "Dengerin Abang."

Tanpa air mata, wajah pasrah itu ngangguk mempersilahkan, "Aku dengerin."

Bertahun- tahun Taehyung banyak menyusun kalimat untuk hari ini. Gimana caranya menjelaskan tanpa bikin adeknya sakit hati, namun dia jelas kalah langkah karena Jungkook udah berantakan. Semuanya jadi buyar, pun gimana adeknya tanpa banyak emosi mempersilahkan dia buat jelasin nyatanya malah bikin dia jadi kaku buat ngambil kata.

"I'm so sorry."

Denger itu bikin Jungkook ketawa."Itu penjelasannya? Setelah bikin aku kaya orang goblok di sini?"

Taehyung gelengin kepala cepet. Tertohok atas kalimat adeknya sendiri. Tapi dia nggak nemu kata-kata yang pas buat mulai ngejelasin.

"Setiap hari bang! Setiap hari aku nanya sama diri aku sendiri. Apa yang salah? Apa yang kurang. Selalu nempatin semua keburukan ke diri aku sendiri. Mungkin aku kurang usaha, kurang jadi anak yang baik. Bahkan Abang bilang bunda nggak begitu, ayah nggak begini, mereka sayang aku,, mereka punya cara sendiri buat sayang sama aku."

Jeda. Nanar natep sang Abang yang memaku di depannya.

"Posisinya abang tau! Abang tau tapi setiap hari jejelin omongkosong ke aku. Bikin aku berharap, bikin aku yakin kalo aku masih ada banyak kesempatan kalo aku mau usaha lebih keras."

"Nggak gitu, dek."

Jungkook geleng, "Aku udah tau dari lama." Mata Taehyung membulat. Dia nggak paham konteks yang di maksud. "Aku tahan diri aku buat nggak marah waktu aku tau Abang bohong soal nggak pernah di hubungin bunda. Abang bodoh-bodohin pun aku terima. Aku diem, aku nunggu mungkin Abang bakal jujur ke aku."

"Abang cuma mau lindungin kamu!" Taehyung nyoba jelasin. "Abang tau kamu bakal sakit, Abang tau kamu bakal kecewa kalo tau kenyataannya!"

"Tapi sekarang pun aku tetep sakit kan!?" Jerit Jungkook. "Nggak cuma kenyataan kalo aku bukan anak ayah, tapi sikap Abang yang udah bohongin aku juga bikin aku sakit. Jadi ngelindungin yang Abang maksud itu apa?"

Taehyung pernah beberapakali ngerasa gagal jadi seorang Abang, tapi gagalnya kali ini beda. Kalo dulu cuma sekedar asumsinya sekarang di pampang begitu nyata sama si adek. Dia nggak bisa ngasih jawaban apapun lagi. Cuma bisa natep Jungkook seolah minta di ampuni, tapi yang dia dapat tetap raut sakit Jungkook sampe anak itu milih buat masuk ke kamar.

Hal berikutnya Taehyung  di buat kelabakan ngeliat si adek ambil tas buat masukin baju-bajunya ke sana.

"Ngapain, kamu ngapain Jungkook."  Dia halangin usaha Jungkook buat beresin bajunya walaupun di tepis berkali-kali, "Kamu ngapain!"

"Aku mau pergi!"

Taehyung nolak, bawa jemari Jungkook buat di tahan, "Jangan pergi. Abang minta maaf, kasih Abang kesempatan." Mohon Taehyung.

"Abang ngarepin apalagi? Rasa percaya?"  Dia natep sendu di mata si Abang. Kalimat selanjutnya di rasa berat buat di utarain, "Nggak ada. Aku nggak percaya siapapun lagi, bahkan ke Abang."

Taehyung nangis kejer, "Dengerin Abang.  Kamu marah, kamu kecewa Abang terima. Bahkan kalau kamu nggak mau maafin Abang, fine. Lapang dada Abang nyoba nerima itu. Abang nggak mau cari pembenaran atas sikap Abang. Tapi yang perlu kamu tau, Abang ngelakuin ini buat kamu, ngelindungin kamu terlepas akhirnya nyakitin kamu sumpah demi Tuhan nggak ada niatan ke situ. Kamu itu berharga buat Abang."

Ambil napas, usap sepanjang lengan adiknya.

"Sejak kamu lahir, pinter ngerangkak, jalan sampe Segede ini pun perasaaan bersyukur Abang masih sama. Abang marah kamu kepikiran mau pergi."

Taehyung dan Jungkook saling bertukar tatap. Taehyung nangkep raut kecewa Jungkook dan dia tahu banget kalau semuanya udah gak bisa diperbaiki. Apa yang berusaha dia pertahanin selama ini hancur lebur.

Jungkook memang tidak salah. Tapi, ngeliat gimana Jungkook merespon semua dengan sebuah kepergian tentu nggak adil buat dia.

"Jungkook, Abang tau kamu marah. Sekali lagi Abang gak berharap kamu mau maafin Abang, tapi bisa gak kamu gak pergi tinggalin Abang?" tanya Taehyung menatap sendu pada adiknya. "Abang gak mau ditinggal kayak gini. Seenggaknya bisa gak kamu liat sedikiit aja usaha Abang selama ini? Abang mohon…."

"Abang gak ngerti…." Jungkook menunduk. Ia tak bisa lagi natap abangnya.

Rasa sakitnya sudah tak bisa ditoleransi. Kecewanya udah membuncah, gak bisa lagi ditahan. Taehyung akhirnya maju. Dia dengan cepat meraih jemari adiknya. Ia genggam erat lengan itu dengan kedua tangannya.

"Abang…Abang gak bisa kalo gak sama kamu, tolong…tolong jangan pergi," pinta Taehyung. "Abang mohon … Abang gak bisa– Abang bakal lakuin apa aja buat kamu, apa aja Jungkook, tapi jangan tinggalin Abang. Bisa gak liat sekali aja usaha Abang selama ini, Abang minta tolong …."

Jungkook terpaku dengerin permohonan Abangnya. Suara lirih laki-laki itu berhasil membuat rasa bersalahnya muncul. Terlepas dari apa yang terjadi sekarang, Jungkook tentu tidak buta atas apa yang sudah kakaknya lakukan selama ini. Taehyung akan selalu melakukan segalanya untuk Jungkook, apapun itu.

Lantas melihat bagaimana ia merespon semua luka seperti sekarang, apakah ia juga harus menyakiti perasaan kakaknya? Apakah yang ia lakukan ini benar?

"Jungkook, tolong…"

"Sorry bang."

Enggak bisa. Sakit hatinya sudah berada di puncak. Sulit sekali untuk mengabaikan luka yang pelan-pelan melebar. Jungkook tetep sama pendiriannya, sedangkan Taehyung udah hilang cara buat memohon.

"OKE FINE! FINE!" Teriakan Taehyung lantang. Tas di tangan Jungkook dia rebut lalu di banting. "Terserah kamu."

Dia angkat tangan tanda nyerah. Napasnya naik turun. Natep Jungkook yang terpaku. Jungkook bisa liat wajah merah abangnya, bisa liat mata yang biasa natep dia penuh hangat sekarang penuh sama air mata.

"Bertahun-tahun Jungkook." Ungkapnya sakit,"Abang udah kasih semuanya ke kamu biar kamu bahagia, biar kamu nggak kekurangan apapun. Tapi karena satu hal, kamu buang itu semua seolah-olah yang Abang kasih nggak ada artinya. Kalau kamu maunya gini Abang bisa apa? A-abang nggak sepenting itu, jadi Abang hargai keputusan kamu."

Taehyung gigit bibirnya kuat. Nyoba natep Jungkook sok tegar. "Abang yang pergi kalo kamu nggak bisa liat Abang di sini. Abang harap kita cuma butuh waktu buat nenangin diri. Kamu jangan lupa jaga kesehatan. Sekali lagi Abang minta maaf."

Pamit, Taehyung bener-bener pamit. Bahkan nggak mau nunggu balasan dari si adek. Kalimat panjang itu jadi akhir dari usahanya meminta maaf.  Dia mutusin pergi bawa rasa bersalah, juga kecewa. Ninggalin adeknya bersama ruang kosong yang sekarang malah berbalik mencekik. Badannya jatuh kelantai bersama tangis keras, meraung seolah ngelampiasin segala hal yang sekarang jadi berantakan. Ketakutannya bukan lagi sekedar firasat. Dia yang takut kehilangan Taehyung akhir-akhir ini nyatanya memang di tinggalkan.

Dia sendirian sekarang. Tapi bukanya ini yang dia mau?[]




























Catatan kafka : gila ini 7k kata aloh😭 maap kalo banyak tipo. Mata aku sampe sepet ngedit sama nulisnya.

Akhirnya ketahuan kan gaes. Nah nanti bakal ada penjelasannya di pdf. Banyak hal yang nanti bakal keungkap. Chapter 20 jadi chapter full yang aku update di wattpad ya.

Jangan lupa yang belum ikut Pre-order segera ya. Pre- order sampe tanggal 31 Juli💜

Continue Reading

You'll Also Like

7K 988 23
Kana, seorang detektif muda yang punya ambisi kuat ingin memecahkan kasus 20 tahun yang lalu. Namun saat menjalankan misi, ia harus terjebak dengan p...
915K 40.2K 97
Highrank 🥇 #1 Literasi (24 November 2023) #1 Literasi (30 Januari 2024) #3 Artis (31 Januari 2024) #1 Literasi (14 Februari 2024) #3 Artis (14 Fe...
186K 28.8K 52
Jennie Ruby Jane, dia memutuskan untuk mengadopsi seorang anak di usia nya yang baru genap berumur 24 tahun dan sang anak yang masih berumur 10 bulan...