True Fanfic Indonesia

By WattpadFanficID

25.3K 2.1K 869

Selamat datang di Profile Fanfic Indonesia yang berada di bawah Ambassador Indonesia Lihat Profile More

Sekapur Sirih
Kriteria Yang Dicari
FAQ, Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan
Jurnal Januari 2019
Jurnal Februari 2019
Jurnal Maret 2019
Jurnal April 2019
Jurnal Februari 2021

Jurnal Februari 2022

319 31 6
By WattpadFanficID

Hola, Fanfic Lovers!

Gimana nih, kabarnya? Sehat-sehat semua, kan? Kami segenap Tim WattpadFanficID alhamdulillah sehat semua. Semoga kalian juga. ^^

Yuk, presensi dulu yang sehat jasmani dan rohani. Yang lagi sakit semoga sakitnya segera diangkat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari lagi dengan baik. ^^

Tahun ini ketemu lagi sama “Jurnal Februari 2022” bersama WattpadFanficID. Kami akan bahas isu-isu umum kenapa cerita kalian tdiak masuk reading list bulan ini yang mungkin sebagian banyak sudah tahu, tapi entah bagaimana dilupakan. Padahal kami selalu rutin memberitahu pada jurnal-jurnal sebelumnya dan kami harap jurnal kali ini dapat meningkatkan kepercayaan diri teman-teman jika ingin berpartisipasi dalam kampanye “True Fanfic Indonesia” untuk reading list WattpadFanficID.

Berikut adalah alasan-alasan mengapa banyak cerita dari kalian yang gagal masuk reading list:

1. Tidak ada stiker dan hastag #TrueFanficId dan #WattpadFanficID

Nah, lho? Tertulis bahwa stiker dan hastag hukumnya wajib disertakan, bagian dari syarat dalam kampanye “True Fanfic Indonesia”. Lantas mengapa masih banyak puluhan bahkan ratusan cerita masuk tanpa stiker di kover dan hastag? Antara lupa atau kalian tidak membaca dengan baik syarat-syarat yang ditulis.

Apakah sebelumnya kalian asal-asalan mendaftar tanpa mengubah kover dengan memasang stiker dan mencantumkan hastag di cerita? Hanya menyita beberapa menit waktu kalian untuk memasang stiker di kover dan menambahkan hastag cerita sebagai syarat wajib mengikuti kampanye "True Fanfic Indonesia”. Sayangnya, lebih dari 100 entri gagal berkat ini.

2. Nama tokoh diganti

Hai, profil ini masih WattpadFanficID yang hanya menerima fiksi penggemar bukan original fiction, ya. Jika nama tokoh diubah lokal atau nama buatan lain, kami tentu tidak bisa menerimanya sehingga cerita tersebut gagal dalam sekali penjurian walaupun kover disertai stiker dan hastag.

Mengingatkan kembali fanfiction atau fiksi penggemar merupakan sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter, atau latar yang sudah ada. Fanfiksi berlaku untuk idol, film, komik, novel, anime, artis, game, nama orang-orang terkenal dan yang lainnya sehingga fan bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka.

Kami hanya menerima fiksi penggemar yang nama tokohnya tetaplah sama, seperti Kambe Daisuke adalah Kambe Daisuke bukan menjadi Daniel. Zendaya adalah Zendaya bukan jadi Anya. Atau untuk kasus idol Ryujin adalah Ryujin bukan Raya.

Jika nama-nama tokoh diubah dalam ceritanya, cerita kalian bukan lagi fiksi penggemar melainkan original fiction. Yang membuat beberapa cerita langsung gagal diterima. Semoga berikutnya teman-teman bisa lebih mawas diri lagi dan bisa membedakan antara fiksi penggemar dan original fiction.

3. PUEBI

Sebagai catatan, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia juga pengaruh penting dalam juri menilai ratusan entri yang masuk. Mungkin masih banyak di antara kalian belum tahu atau belum mempelajari tentang PUEBI. Bahwasannya kerapian tulisan seperti dialog tag, tanda baca, kata ganti, kata depan, kapitalisasi dll jadi tolak ukur juri menilai sebuah cerita demi menemukan karya terbaik untuk masuk reading list di antara ratusan entries masuk.

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami segenap Tim WattpadFanficID menghargai setulus-tulusnya usaha kalian telah ikut meramaikan kampanye “True Fanfic Indonesia”. Kami sarankan supaya mulai mempelajari PUEBI demi kerapian tulisan karena hal ini amatlah penting bagi sebuah cerita. Teman-teman bisa menjumpai di beberapa website umum tentang PUEBI dan blog yang dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan kalian.

4. Plot dan eksekusi

Cerita rapi sesuai PUEBI, stiker ada di kover, hastag ditulis semua, dan nama tokoh tidak diubah. Kami sudah memberitahukan sebelumnya bahkan di jurnal-jurnal tahun kemarin sering menyinggung bahwa plot dan eksekusi cerita juga punya nilai sendiri sebagai alasan mengapa cerita kalian lolos dan tidak.

Yup, demi mendapatkan karya terbaik untuk reading list kami juga menilai cerita berdasarkan plot dan eksekusinya.

Nah, alasan-alasan tersebutlah mengapa cerita kalian belum bisa kami terima sebagai cerita terpilih pada reading list. Kami harap kalian bisa lebih berhati-hati lagi sebelum mendaftarkan cerita, terutama stiker dan hastag yang seringkali dilupakan.

Sekali lagi, mohon dicek terlebih dulu kelengkapan syarat pendaftaran sebelum isi form, apakah stiker dan hastag sudah terpasang dengan baik atau belum. Jika belum segera cantumkan, jangan sampai lupa! Cukup disayangkan bila teman-teman mengabaikan dua syarat tersebut, padahal banyak dijumpai cerita bagus tanpa stiker dan hastag.

Oke, cukup sekian jurnal dari kami semoga dapat membantu. Sampai berjumpa lagi di jurnal tahun depan.

Bye, Fanfic Lovers!

Tetap semangat dan jangan pantang menyerah, ya!

Salam hangat,
Tim WattpadFanficID ❤️

Continue Reading

You'll Also Like

662K 34.4K 36
Zelina anatasya gadis cantik, pintar, baik, sedikit barbar, periang dan berprestasi, namun keluarganya tak pernah melihat itu semua, gadis yang ada n...
7.2M 366K 42
⚠️FOLLOW DULU SEBELUM BACA! ⚠️Rawan Typo! ⚠️Mengandung adegan romans✅ ⚠️Ringan tapi bikin naik darah✅ Neandra Adsila gadis cantik yang berasal dari d...
446K 17K 45
Takdir yang membawa gadis cantik selalu kena hukuman setiap harinya dari kakak lelaki nya sendiri, karena kenakalan nya dan memiliki sahabat yang sam...
1M 13.2K 38
Contains adult elements!!!