8. Mengintip Kebahagiaan Rumah Tangga Rasulullah Saw

2.8K 61 0
                                    

Kebahagiaan adalah impian semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Kebahagiaan juga menjadi pokok utama dalam membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kebahagiaan menjadi tujuan seorang yang telah menikah, yaitu hidup bahagia, tetapi tidak sedikit diantaranya gagal membangun rumah tangga yang kandas ditengah jalan, lantaran tidak saling memahami, hilangnya rasa kasih sayang, masalah ekonomi, perselingkuhan, dan masih banyak lagi.

Disini, saya mengajak untuk sama-sama mengintip rumah tangga Rasulullah Saw, yang sukses membangun, membentuk sebuah rumah tangga yang didalamnya terdapat ketenangan, kesejukkan, kenyamanan, keindahan, kemesraan, kebahagiaan. Sebuah rumah tangga yang didalamnya penuh kasih sayang. "BAITI JANNATI, RUMAHKU ADALAH SURGAKU" inilah sebaris kalimat yang didalamnya terkandung makna atau sebuah resep kebahagiaan, agar rumah tangga yang baru saja dibangun dalam sebuah pernikahan dengan berjuta impian yang dibawah ketika kedua mempelai duduk bersanding diatas mahligai yang indah dan tentunya dalam pikiran mereka terbayang kehidupan bahagia dimasa-masa yang akan mereka lalui. Tidak terbayang dihati mereka akan kegelisahan yang akan mereka hadapi. Demi mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Rasulullah saw, telah banyak mengajarkan kepada kita, bagaimana membangun sebuah rumah tangga yang didalamnya penuh kasih sayang. Dibawah ini ada beberapa tips yang diambil dari hadist-hadist yang menggambarkan kehidupan rumah tangga Rasulullah yang penuh dengan kemesraan dan kebahagiaan bersama istrinya.

1. Mencium Istri Ketika Hendak Berangkat Kerja.

Betapa indah dan romantisnya jika hal diatas kita lakukan setiap hari, mencium istri sebelum berangkat kerja dan menebarkan aroma kebahagiaan di hati sang istri, begitu juga seorang istri mencium tangan suami penuh kecintaan yang tersebar melalui senyuman indah dan menawan. Dengan cara ini, Insya Allah. Dapatlah akan kita rasakan kebahagiaan yang pertama dalam membangun rumah tangga. "Litaskunuu ilaiha."

Keromantisan yang bisa menimbulkan

rasa kasih sayang jika kita bisa

membiasakan mencium istri/

suami ketika hendak bepergian

atau baru pulang.

Dari 'Aisyah ra,

bahwa Nabi saw biasa mencium

istrinya setelah wudhu',

kemudian beliau shalat dan tidak

mengulangi wudhu'nya."(HR

'Abdurrazaq)

Dari Hadist diatas, bahwa Rasulullah saw. mencium istrinya dalam keadaan wudhu lalu beliau shalat. Hal itu hanya berlaku kepada Rasulullah, karena ketika beliau mencium istrinya, tidak dengan nafsu sehingga wudhunya tidak batal. Sedangkan kita batal wudhu, dikarenakan sedikit banyaknya ada nafsu syahwat ketika mencium istri.

Inilah tips yang pertama dalam membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Untuk tips berikutnya akan saya muat pada halaman berikutnya.

Untuk mendapatkan artikel Islami lainya, silakan kunjungi.

http://andimuhammadaliblogs.blogspot.com

BERBAGI CERITA DAN KISAH DALAM KHAZANAH ISLAM

Khazanah Islam™Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang