Benci

812 13 0
                                    

"aku bakal buktiin ga akan ninggalin dia, ga kaya papa yang ninggalin mama" Ucap hana lirih saat papa tutup pintu kamar

6 tahun yang lalu....

Sebagian anak mungkin masa kecilnya menyenangkan begitupun hana, sangat menyenangkan dan bahagia hidup di tengah-tengah keluarga yang harmonis dan memiliki keluarga besar yang sangat peduli dan menyenangkan, di tambah teman-teman sebaya yang asik, namun hal menyenangkan begitu saja hilang dan saat itu pula pertama kali hana merasakan sakit hati dan kehilangan.

"Hana silahkan kamu boleh pulang" Ucap wali kelas yang merangkap jadi guru semua mata pelajaran di kelas 5

Hana kecil yang masih bingung entah ada apa karena bukan cuman Hana yang pulang, adiknya yang masih kelas 2pun ikut pulang, sesampainya di rumah eyang dan semua keluarga besar dari nyokap dan bokap ada disana, hana bingung dan masih belum bisa cerna semuanya. Bokap, ia mencari papanya yang tak terlihat ada di sini, nyokap cepet-cepet lari ke atas dan jujur Hana kecil saat itu semakin bingung.

"Papa kemana tan? Kok mama keatas ga ajak aku?" Tanya hana

Bukan jawaban yang dia dapat malah pelukan yang hana sendiri tak mengerti pelukan apa itu, suasana di rumah itu bener-bener hening cuman ada suara isak tangis tante-tantenya, hana yang baru menginjak umur 10 tahun tak bisa mencerna apa yang terjadi, begitupun adiknya yang masih 7 tahun dia cuman menangis entah karena apa.

"Sabar ya ka, mama kaka kuat kok kaka harus sabar .... " Tante terus meluk dan dia nangis  tanpa lanjutin ucapannya

Hana kecil ikut nangis tanpa tau apa yang sebenernya yang terjadi saat ini tapi jantung tak bisa dibohongi ada rasa nyeri saat menerima peluk tante, setelah beberapa lama mama turun dengan raut muka habis menangis, ada kekecewaan yang mendalam di sorot matanya. Disusul dengan papa ada dan penyesalan yang terukir sempurna di mukanya, bentar, lalu siapa wanita yang menyusul papa? Wanita itu asing dan bukan dari bagian keluarga ini, hana tak bisa melihat jelas siapa wanita itu karena matanya yang langsung di halang tubuh tante.

"Kamu nginep di sini yah ka, sama Danial juga" Mama senyum tapi hana tau ada ke sakitan yang dia tutupin di depan Hana dan Danial

"Iya gapapa biar mereka tidur disini malem ini" Jawab tante

Hana dia menangis sejadi-jadinya walaupun dia tak mengerti ada apa sebenernya, apa yang udah dia lewatin tapi rasanya jantungnya sakit, apa mamanya merasakan? Atau bahkan lebih?.

***

"Yang,  tante asing waktu itu yang turun dari lantai atas siapa?" Tanya hana sama eyang putri

"Kamu udah makan ka? Eyang masakin kesukaan kamu yah"

Eyang putri mengalihkan topik, hana tak menjawab pertanyaan eyang, dia lari kekamar diem gamau keluar sama sekali, yang dia mau cuman ketemu nyokap bokap karena udah 2 malem ga ketemu mereka, hana tak mau melakukan aktivitas apapun bahkan rasanya berangkat kesekolahpun enggan, setelah hampir 5 hari nginep di rumah eyang akhirnya hana kembali ke rumahnya.

"Papa mana ma?" Tanya hana

"Selama di rumah eyang kita ga liat papa" Tambah Danial

"Papa lagi banyak kerjaan sayang,mungkin besok baru bisa pulang"  Jawab mama dan mencoba meyakinkan, tapi besok-besoknya pun dia ga ngeliat bokap dan pertanyaan hana selalu di jawab dengan hal yang sama.

2minggu berlalu hana sama sekali gatau bokap dimana, dan dia selalu coba telfon papa tapi nihil selalu dengan jawaban yang ga dia harapkan, persis kaya kali ini saat menelfon papa

"Papa lagi dimana?"
"Papa lagi kerja sayang"
"Dimana pa? Kaka pengen ketemu pengen jalan-jalan"
"Iya nanti yah sayang, papa lagi sibuk ntar papa telfon lagi"

TUTUUTTTTUUUTT sambungan terputus gitu aja, apa yang hana mau bokap selalu kasih tapi ga secara langsung dia nyuruh anak buahnya buat kirim barang-barang itu, di saat hana sedang diam, mama menghampiri masuk kamar

"Ka mama mau kasih tau kamu satu hal, yang mungkin Danial belum paham" Hana langsung duduk bergeser ke samping mama tanpa sepatah kata

"Jadi gini sebenernya papa selingkuh di belakang mama, papa nikah diem-diem di belakang mama"

Cukup ma,hana sakit,kondisinya yang sehat bugar mendengar kejujuran seperti itu langsung down, apalagi kondisi mama yang sedang hamil. Hana tak habis pikir papa sekejam itu, dia kira papa ga akan nyakitin mama dan dia kira papa satu-satunya cowo yang ga akan nyakitin dirinya, tapi dia salah, kenyataan selalu menyakitkan.

"Untuk beberapa saat ini mama pisah sama papa dulu, ya mungkin kalo masih jodoh bakal balik lagi"

Lanjut mama dengan suara yang bergetar, ada kesakitan yang lebih di bandingkan dengan apapun bagaimana tidak, kepercayaan, kasih sayang, cinta, jiwa bahkan raga yang selama ini dia kasih di khianati di balas dengan kebohongan yang sangat fatal.

Hana langsung memeluk mamanya, rasanya sakit sampe dia ga bisa ngomong apapun cuman bisa meluk mama, dan akhirnya mereka berdua menangis, bukan semangatin mama tapi hana malah ikut rapuh, kehilangan memang menyakitkan, maaf ma dulu aku terlalu kecil dan rapuh untuk menjadi sandaran.

2bulan berlalu hana mulai terbiasa tanpa adanya papa di rumah, setiap hari pulang sekolah dia selalu dateng ke rumah eyang biar ketemu papa, karena sekarang papa tinggal di rumah eyang yang mewah namun menyedihkan. Bagaimana tidak menyedihkan setelah perceraiannya dengan mama, papa benar-benar terpuruk, semua pekerjaannya kacau tak terkendali, bahkan kondisi papa seperti tidak terurus, batin hana sakit saat melihat kondisi bokap, apa cinta menyakitkan? Apa sebuah komitmen menyusahkan?

Gue selalu ngeluangin waktu buat seharian sama papa bahkan gue sering menginap di tempat papa, lihat kondisi mama yang jauh lebih baik sedikit melegakan, bagaimana tidak mama berfikir dia tak boleh bergantung sama papa, mama coba ngasih gue dan Danial jajan dengan hasil keringatnya sendiri. Gue tau kalo sekarang mama suka jalan sama papa diem-diem, gue seneng kalo akhirnya mereka bakal balik lagi, gue udah biasa papa cuman ngasih gue paket dan uang lewat orang suruhannya, sebenernya bukan itu yang gue butuh, yang gue butuh adalah kasih sayang papa yang dulu, yang belum terbagi untuk orang lain.

***
1 tahun kemudian....

Gue seneng akhirnya gue punya ade baru cewek dan selain itu gue seneng akhirnya nyokap dan bokap balik lagi, ya kadang selalu aja ada permasalahan kecil yang mengungkit masa lalu, tahun ini gue kelas 6 dan tahun ini gue bakal lulus, tahun ini berasa kalo dewi fortuna berpihak sama gue, saat gue pertama liat mama nangis karena papa, gue benci bokap gue sendiri, sulit rasanya membeci orang yang penting di hidup gue ini, rasanya ga adil kalo gue benci bokap gue sendiri tapi rasanya lebih menyakitkan melihat mama yang diam-diam menangis.

memang hampir benar jika ada yang bilang anak broken home kurang kasih sayang dan memang benar anak broken home mempunyai hal yang tak orang banyak tau, bahkan orang terdekatnya, hal itu adalah dia harus merasakan korban dari ke dua orang tuanya yang bahkan diapun diam-diam menyimpan benci untuk orang yang ia cintai, orang tuanya sendiri. dan itu yang gue rasa buat bokap,Benci.


SAME PEOPLEWhere stories live. Discover now