Si 'Korban Pelecehan' di Cinta Masa Lalu - Nima Mumtaz

4.2K 51 5
                                    

"CINTA MASA LALU - NIMA MUMTAZ

Judul cerita: Cinta Masa Lalu

Penulis: Nima Mumtaz

Tebal: 312 halaman (versi paperback)

Genre: Roman

Penerbit: Terbitan pertama oleh Wattpad/ Terbitan selanjutnya Elex Media Komputindo.

Baca selengkapnya di: http://www.wattpad.com/story/5515572-cinta-masa-lalu (Sayangnya di-Wattpad udah di-delete) Jadi silakan baca dengan membeli paperback bukunya XD

Sinopsis

Mimpi apa yang paling buruk bagi seorang gadis? Diperkosa dan mengandung pada umur 18 tahun tentu merupakan pengalaman paling buruk. Apalagi pelakunya adalah kekasih sepupumu. Dan itulah terjadi pada Viona.

Resensi:

Bercerita tentang seorang gadis yang bernama Viona. Yang merupakan korban dari tindak 'pelecehan seksual' oleh seorang David atau yang akrab disapa Dave, pacar sepupunya sekaligus pria yang berusia 12 tahun lebih tua darinya. Viona remaja sangat memimpikan untuk hidup seperti remaja normal. Masuk universitas pilihannya. Namun sayangnya harapan itu pupus sudah! Dave merusak segalanya.

Dave seorang pria yang sangat terobsesi dengan Viona remaja. Mengabaikan segala logika yang ada dan memilih melakukan tindakan tercela itu. Dan lebih parahnya ia masih berstatus pacar sepupunya. WTF?! Dan Viona pun terpuruk saat ia harus menerima kenyataan ia mengandung benih dari seseorang yang telah memperkosanya!

Walaupun keluarganya selalu berada untuk mendukungnya. Tapi perasaan benci Viona terhadap Dave itu terlalu dalam. Sampai merembes pada keluarganya yang diasingkan karena sepupunya, Ghea (kekasih Dave). Mereka menuduh Vio telah merebut Dave dari Ghea!

Viona sangat-sangat terpuruk. Dikondisinya yang benar-benar down. Dan hampir membuat nyawanya dan bayinya melayang. Dave tergugah hatinya untuk bertanggung jawab. Tapi tentu saja Vio menolaknya mentah-mentah! Alih-alih melindungi status bayi yang sedang dikandung Vio. Mereka pun menikah.

Waktu berlalu sampai 7 tahun kemudian. Saat Vio kembali dari menuntut ilmu. Dan menemukan sesosok gadis kecil yang adalah anaknya Daiva. Anak yang dibencinya dan anak yang bukan terlahir atas cinta. Bahkan sosok Dave yang tiba-tiba berubah dari yang terakhir dilihatnya....

Mampukah Vio menerima kenyataan? Mampukah ia mencintai Daiva layaknya 'anaknya' sendiri? Mampukah Dave meluluhkan hati Vio?

Baca selengkapnya dalam Cinta Masa Lalu.

*

Membaca ini kira-kira saat di Wattpad jadi silent reader. Dan melihat cerita di Wattpad ini tiba-tiba menjadi sosok 'buku'. Saya tertarik. Oke, dan inilah tanggapan saya:

Ide Cerita:

Ide cerita sangat nendang banget-lah. Nggak mainstream. Saya sangat menyukai ide dasar dari cerita tersebut. Tentang seseorang yang cinta setengah mati dan menempuh jalan pendek agar yang dicintainya itu menjadi miliknya 'seutuhnya'. Diantara cerita-cerita Wattpad yang mainstream dengan tema perjodohan (dan saya rasa nggak hanya di WP tapi di novel juga, karena ketika sebuah penerbit mengadakan lomba 80% naskah yang masuk bertema perjodohan #oopsss) cerita ini membawa nafas yang berbeda dari biasanya. Dan itu sangat-sangat baik.

Teknik menulis:

Oke, nggak apa-apa ketika waktu di Wattpad, mungkin sebagai cerita debut jadi teknik menulisnya kurang baik. Baik itu dari segi EYD maupun narasi dalam ceritanya. Bertuturnya masih sangat-sangat butuh pemolesan. Tapi masih bisa dimaklumi. Karena mungkin tanpa editor. Dan penulis akan lebih leluasa menulis cerita menjadi dirinya sendiri tanpa harus memikirkan teknik penulisan. TAPI! Kenapa dalam bentuk fisik bukunya berasa hanya di copy-paste dari Wattpad tanpa ada perubahan yang signifikan. Haduh! Sayang sekali! Padahal jika dipoles lagi ini bisa menjadi sesuatu yang WOW.

Sudut pandang:

Yang saya paling tidak sukai adalah ketika sudut pandang berganti-ganti. Apalagi tidak hanya kedua tokoh utama Viona dan Dave. Tapi ada Arjuna juga. Jujur (masalah selera) saya lebih suka kalau mau memakai sudut pandang orang pertama, saya lebih menyukai bila tetap pada satu titik tokoh yang merupakan hero/heroine ceritanya. Misalnya diawal Viona yah... Viona aja sampai akhir. Jangan diganti-ganti. Soalnya sering membuat pembaca kehilangan emosional yang sudah ia temukan dari awal karena ganti sudut pandang. Atau minimal 2 tokoh saja-lah. Ini sih cuma selera pribadi.

Cek Logika:

Sepertinya pada beberapa bagian harus diadakan cek logika. Agar supaya logis. Misalnya, menurut prakiraan saya Vio kuliah usia 19 ke 20 tahun dan selesai pada usia 25 itu berarti 5 tahun lebih? Kan membuat sebuah realistic fiction harus memikirkan logika-logika agar tidak melenceng.

Tokoh:

Menurut saya, mungkin tokoh Dave lebih berhasil dari Viona. Bagaimana penyesalah Dave dan saat-saat penuh mengharukan saat Dave berusaha membayar kesalahannya pada Vio dan Daiva. Dia benar-benar terlihat seperti ayah yang penuh kasih sayang. Berbeda dengan Vio yang kadang bisa membuat saya empati dan kadang bisa membuat saya mengernyit heran karena ia kadang lebih lugu dari anak SMP diusianya yang sudah tidak lagi SMP.

Isi cerita:

Well, untung saja isi ceritanya sangat menguras emosi. Membawa pembaca larut dalam kegalauan Viona untuk menyadari bahwa ia juga menyayangi Iva. Dan bagaimana Dave berusaha untuk menjadi suami yang baik untuk Vio dan menebus kesalahannya. Bahkan terkadang berurai airmata karena kegigihan Dave. Isi ceritanya memang padat dan sarat akan makna. Dan diramu dengan cukup baik. Membuat cerita ini menjadi cerita debut yang cukup baik.

3.5 of 5 stars for this story ;)

----

Rekomendasi buat pembaca yang suka membaca sebuah kisah yang bisa mencucurkan airmata dan menguras emosi.

----

Sore menjelang malam yang cukup dingin.

5:51PM

N.b: Rekomendasi cerita bagus dong buat di-review XD

Resensi WattyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang