CARA MENCARI SAHABAT

1.1K 63 0
                                    

CARA MENCARI SAHABAT

Rangkuman pesan singkat Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf

-Bersahabatlah dengan seseorang yang memiliki 5 sifat ini :

1.العقل ، فلا خير في صحبة الأحمق :
Bersahabatlah dengan orang yang pintar karena tidak ada manfa’at kita berteman dengan orang yang bodoh, yang akhirnya akan menyebabkan pertentangan dan perdebatan,
العدو العاقل خير من الصادق الجاهل
Musuh yang pintar lebih baik dari pada teman yang bodoh, karena jika kita bertemu dengan orang yang pandai walaupun dia musuh kita akan mendapatkan manfa’at dari kepandaiannya. Tetapi jika kita berteman dengan orang bodoh kita akan terpeleset karena kebodohannya.

2.الصلاح ، فلا تصحب فاسقا
Bersahabatlah dengan orang yang soleh, jangan berteman dengan orang yang suka berbuat dosa, karena seseorang yang tidak takut kepada Allah tidak akan dapat dipercaya sebagaimana Allah SWT mengingatkan kepada Nabi Muhammad SAW

وَلاَ تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

dan janganlah kamu mengikuti (berteman) orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya. Dan keadaannya itu melampaui batas.

Sering melihat orang fasiq atau orang yang suka melakukan maksiat dapat membuat diri kita meremehkan perkara maksiat, walaupun kita tidak melakukannya, contoh kita melihat bintang film yang suka membuka aurat maka kita akan meremehkan membuka aurat padalah itu adalah maksiat.

3.الأخلاق الكريمة
Bersahabatlah dengan orang yang memiliki akhlaq yang baik, karena akhlaq adalah hal paling penting dalam ajaran agama, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَق

Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia

Dan Allah SWT tidak memuji Nabi Muhammad karena ilmu maupun ketampanannya tetapi Allah SWT memuji Nabi Muhammad SAW karena kemulian akhlaknya, Allah SWT berfirman :

وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sunnguh engkau wahai muhammad di atas akhlak yang mulia”

Adapun kriteria orang yang memiliki akhlak diantaranya:

الذين ملك نفسه عند الغضب
yang dapat menahan dirinya ketika marah
و ملك نفسه عند الشهوة
dan dapat menahan dirinya ketika syahwat

4. ألا يكون حريصا على الدنيا
Bersahabatlah dengan orang yang tidak cinta terhadap dunia karena orang yang cinta dunia ibarat racun, ia akan menjatuhkan siapapun yang menghalanginya demi ambisinya terhadap dunia. Bersahabat dengan orang yang tamak dan cinta dunia membuat seseorang itu ikut cinta terhadap dunia

5 .الصدق ، فلا تصحب كاذبا
Bersahabatlah dengan orang jujur, jangan bersahabat dengan pembohong, karena pembohong itu seperti fatamorgana  yang menipumu.
يقرب منك البعيد، ويبعد منك القريب
yang terlihat jauh semakin mendekat padamu ketika dekat semakin jauh meninggalkanmu.

Masih  Ada  Lantai  untuk  BersujudWhere stories live. Discover now