SAYA, KAMU DAN MANHAJ SALAF #2

43 0 0
                                    

             Saya, sepenggal kata yang mempunyai banyak cerita yang dimana saya adalah salah satu orang yang sangat telat begitu kenal dengan yang namanya salaf. Bagi orang apasih salaf ini? Nama orang kah? organisasi kah? Atau apa? Na'am, salaf yang saya kutip dari berbagai website maupun buku-buku yang saya punya ialah.
"Manhaj Salaf adalah sifat yang khusus dimutlakkan untuk para sahabat."

            Memang apasih salaf/salafi itu? Kenapa harus kita pahami dan ikuti?
Ini yang saya tahu dan pahami, koreksi kalau bila saya salah.
Bahwa memahaminya ajaran manhaj salaf itu satu-satunya manhaj yang diakui kebenarannya oleh Allah ta'ala dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam, karena manhaj ini mengajarkan pemahaman dan pengamalan islam secara lengkap dan menyeluruh, dengan tetap menitikberatkan kepada masalah tauhid dan pokok-pokok keimanan sesuai dengan perintah Allah ta'ala dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam.
Jadi tidak ada alasan buat saya untuk lebih mengenal siapa itu manhaj salafi dan apa itu salafi. Semoga saya Istiqomah akan belajar dan tetap tegar diatas manhaj salaf ini untuk diterapkan di kehidupan.

Aamiin Allahuma Aamiin.

            Kamu, iya kenapa ada "kamu" di judul saya? Ya karena kamu yang membuat saya sadar bahwa memahami agama dan mengenal agama yang benar dan wajib kita ikutin maupun wajib kita harus hindari.
Kamu mungkin memang belum paham sekali tapi kamu lah yang membuat saya kagum atas Istiqomah nya kamu untuk memahaminya manhaj salaf dalam kehidupan. Misalnya kamu membuat postingan di media sosial kamu tentang video potongan tentang manhaj salaf itu yang membuat saya tertarik untuk belajar agama lebih paham. Walaupun saya tahu jika kita pelajari itu memang ada yang harus kita perhatikan bahwa mengikuti dan memahami manhaj salaf ini ada yang selalu tidak suka. Bahkan meng-cap kami dengan sebutan "Sesat , Wahabi dll." Apalagi jika itu dilakukan dari pihak keluarga sendiri
Saya belajar juga dari kamu, jangan pernah balas dalil jika orang tua mu selalu meng-cap kamu yang saya sebutkan tadi. Itu adalah menurut saya cobaaan awal jika kita ingin belajar manhaj salaf. In Syaa Allah kedepannya orang tua kita akan terbiasa bahkan mendukung keputusan kita.
Dari kamu ini lah yang membuat saya lebih baik lagi. Tetapi ada yang sangat lebih dari "Kamu."
Ya, itu Allah Azza Wa Jalla.
Dialah yang membuat saya takut akan fitnah kejam nya di dunia ini ya walaupun saya tahu juga bahwa fitnah dunia untuk lelaki itu ya wanita.
Jangan marah ya wanita, Itu udah jelas hehehe.

              Tetapi ada nya kamu membuat saya ingin lebih mengenalmu dan belajar denganmu sama-sama, mencari ilmu untuk kehidupan di dalam manhaj salaf dan yang terpenting itu beribadah yang lebih lama dengan "Kamu".

In syaa Allah.

              Manhaj salaf, seperti yang diatas saya jelaskan manhaj salaf bukan hanya kita berpakaian, penampilan yang harus diikuti tetapi yang lebih terpenting ialah iman kita bagaimana kita beristiqomah belajar dimanhaj salaf ini. Dan juga ketika kita mengikuti kajian-kajian ustadz sunnah, ilmu yang kita dapat bukan hanya di tulis dibuku tetapi kita terapkan juga di kehidupan kita dan juga kita harus tau mana haq (yang wajib kita ikuti) dan mana juga bathil (yang wajib kita hindari).
              Saya yakin, ketika kita sudah memahami dan belajar tentang manhaj salaf kita akan menjadi haus akan ilmu seperti saya mencari kajian-kajian entah itu rutin maupun tabligh akbar. Dan juga banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan entah itu dari media sosial, bisa dari YouTube, Instagram atau lain-lain.
Bahkan saya pun sudah dan bahkan jarang mengikuti acara tv dirumah, yang saya ikuti hanyalah tv seperti Rodja tv walaupun dirumah tv juga ada yang masih menonton acara-acara hanya untuk kesenangan sementara.

Doa dari saya untuk kalian,
Selalu istiqamah dalam belajar, tidak ada paksaan untuk belajar .
Tetap tegar diatas manhaj salaf,
Walaupun tahu mungkin tidak ada yang suka dengan hal itu, kita cukup doakan yang baik-baik dan semoga Allah menjaga nya.

Saya bukan ustadz bahkan saya tidak lebih baik dari kalian, saya hanyalah penuntut ilmu yang akan haus ilmu.
Tulisan ini hanya murni untuk pribadi.
Maafkan jika ada salah, baik di media sosial maupun di kehidupan asli.

Dan diakhir kata semoga
Saya dan kamu selalu bersama diatas manhaj salaf.



Salam dari  "Saya."

आप प्रकाशित भागों के अंत तक पहुँच चुके हैं।

⏰ पिछला अद्यतन: Jul 25, 2019 ⏰

नए भागों की सूचना पाने के लिए इस कहानी को अपनी लाइब्रेरी में जोड़ें!

SAYA, KAMU DAN MANHAJ SALAFजहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें