Ravian, Jani, dan Awan

33.9K 1.6K 72
                                    


Ravian : Sesuatu itu apa?

Liburan semester kali ini gue habiskan buat ke rumah Eyang di Semarang. Lebaran lalu gue nggak ikut mudik, karena Backpackeran ke Phuket bareng sama temen-temen. Jadi gue janji liburan semester kali ini gue bakalan liburan di Semarang. Biasanya saat lebaran di Semarang, ramainya udah ngalahin arisan ibu-ibu PKK. Kami berasal dari keluarga besar. Papi adalah putra ke 3 dari 10 bersaudara. Gue sendiri putra kedua dari 5 bersaudara. Belum lagi anak dari Om, Tante, Pakdhe, Budhe, yang jumlahnya mungkin bisa ngalahin jumlah teman-teman sekelas. Di keluarga besar kami adalah hal biasa beranak banyak dan menikah muda. Untung saja para generasi muda sekarang ini mengenal KB, jadi beberapa Om dan Tante hanya memiliki satu atau dua anak. Yang menikah muda juga sudah jarang, terakhir adalah Lita anaknya...ehm... agak panjang silsilahnya, daripada bingung lebih baik nggak perlu gue sebutin. Intinya Lita itu masih sodaraan sama gue dan menikah di usia 20 tahun, tahun lalu.

Gue sendiri antara menikmati dan nggak menikmati liburan di sini. Kadang-kadang, gue sama Nakula, salah satu sepupu gue yang seumuran gue cuma jalan-jalan nggak jelas mengelilingi kota Semarang. Dari ujung timur sampai ke barat, dari ujung utara sampai ujung selatan. Bukan buat nyari kitab suci, gue juga nggak tahu mau cari apaan, Gue sendiri ngerasa ada sesuatu yang janggal. Tapi gue nggak tahu apaan yang janggal. Gue ngerasa linglung, tapi gue nggak tahu kenapa gue linglung. Kadang gue takut kalau gue kesambet. Ah, tapi gue yakin gue masih sadar kok.

Sejak pagi, Eyang kakung sudah berceloteh sambil mengurusi burung-burungnya.

"Ndak ada sejarahnya, lelaki di keluarga kita ini susah punya anak. Sekali tembak, Langsung jadi, Nang," ujar Eyang kakung kemudian terkekeh sendiri.

"Makanya kamu itu harus hati-hati. Kalau sudah ndak kuat, mending nikah. Kalau ikut-ikutan anak zaman sekarang, nanti anakmu di mana-mana."

Bah! Horror amat si Eyang. E tapi iya juga sih, Mami juga bener-bener wanti-wanti masalah ini. Biar gue nggak sembarangan tebar benih kemana-mana.

Mami yang udah kenal KB aja, ternyata masih bisa kebobolan sampai lahirnya di Radit, adik bungsu gue yang baru kelas 5 SD tahun ini. Padahal tadinya Mami sama Papi cuma berencana beranak tiga, eh kebobolan dua. Emang canggih senjata Papi. Dan itu disinyalir nurun juga ke gue.

Ah, tapi gue mah nggak pernah macem-macem. Pacaran mentok juga grepe-grepe, itupun kalau ceweknya nantangin. Tapi gue udah 2 bulan jomblo. Aduh nasib-nasib. Gue berasa jadi orang paling menderita sedunia. Si Doni sampai ngajakin gue ikut ke acara malam keakraban anak-anak pecinta alam. Yah, katanya kasian jomblo malam minggu daripada menuh-menuhin jalanan bikin macet, mending gue diboyong ke puncak ikutan acara makrab.

Yasudahlah, gue juga mendadak ngenes kalau malam minggu di rumah, direcokin sama Rafika, Rasya, sama Radit. Mereka adalah tuyul-tuyul berisik yang siap menganggu malam minggu gue kalau sampai gue ada di rumah.

Ngomong-ngomong soal makrab di puncak, kok rasa ganjel di hati gue mendadak makin ganjel gini, ya? Kayak ada sesuatu di puncak, tapi apa?

***

Jani : Demi kamu, iya, kamu!

Setelah 3 minggu liburan, kini aku kembali ke kampus dengan berstatus sebagai seorang mahasiswi yang sudah menikah, dan ehm... sudah benar-benar menjadi istri dalam artian yang sebenarnya. Yihaaaa, iya akhirnya hari itu, aku dan Kak Awan bisa pippo-pippo juga. Sebodo amat sama yang namanya urat malu, toh dari awal suka sama Kak Awan, itu yang namanya urat malu udah putus. Kalau tahu itu acara harus aku duluan yang minta, dari dulu-dulu deh aku mintanya. Eh, maksudnya dari hari pertama kami menikah.

Baby Maybe [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang