Douze

973 148 43
                                    

"Tae, gue bakal nyeritain soal Jieun ke lo. Tapi lo jangan bilang ke dia, ya? Anggap aja lo ngga pernah denger soal ini dari gue, ok?"

"Oke, bang."

"Umm- lo tau kan kalo orangtuanya Jieun cerai?" tanya Hoseok hati-hati.

Taehyung mengangguk.

"Jadi waktu kita masih kecil, bokapnya Jieun ketauan selingkuh. Ya abis itu you know lah, all hell broke loose. Om sama tante jadi sering berantem dirumah. Secara kan gue tetanggaan sama mereka udah dari orok, kadang ributnya mereka nyampe kedengeran kesini."

Taehyung tertegun. Dia emang baru denger ini, tapi perihal perselingkuhan? Nope.

"Jadi kalo orangtuanya berantem, kadang Jieun suka dateng ke rumah gue. Kapanpun. Nyokap bokap gue juga udah biasa, kok. Ya karna emang nyokap gue sih yang nyuruh Jieun. Katanya 'kalo mami sama papi lagi berantem gitu Jieun main aja ke rumah Hoseok, jam berapapun pasti tante bukain pintu, kok'.

Om sama tante itu kalo lagi berantem emang ngga tau tempat dan waktu. Kalo ketemu kerjaannya ya berantem mulu. Dampaknya om jadi jarang banget pulang kerumah. Dan lo tau kan kalo Jieun itu anak tunggal? Kesian ngga punya temen dirumah."

Hoseok diam memperhatikan ekspresi Taehyung. Sahabatnya itu kelihatan shock.

"Nyokap gue kesian, Tae, sama Jieun. Dia masih kecil. Enam tahun. Ngga seharusnya dia ngalamin hal kaya gitu. Untungnya waktu itu ngga ada yang berubah sama Jieun. Masih tetap sama. Entah dia ngga ngerti atau ngga peduli. Kata nyokap gue sih Jieun ini agak ajaib. Tapi nyokap gue bersyukur juga karena Jieun ngga terpengaruh. Karena dari hasil gue nguping, bokapnya Jieun itu kalo berantem kadang main fisik."

Taehyung menatap Hoseok terkejut. Takut kalau-kalau Jieunnya yang mungil itu pernah dipukul ayahnya juga.

"Karena seringnya dia main dirumah gue, kita jadi udah kaya sodara. Apalagi kak Jiwoo, dia seneng banget. Kaya punya adek cewe! Gue sering ditinggal main barbie. Bokap gue juga kadang ngajak kita jalan bareng.

Tapi lama kelamaan nyokapnya Jieun makin sibuk. Sering lembur. Makin jarang pulang. Alhasil mereka milih pindah rumah ke rumah neneknya Jieun. Biar Jieun ada yang jaga katanya. Well, waktu itu juga kita udah mau mulai sekolah.

Gue sedih banget yastaga! Gue sama Jieun sempat nangis kejer pas pindahan. Kak Jiwoo juga. Mana ngga bisa satu sekolah, lagi! Soalnya rumah neneknya Jieun agak jauh dan ngga mungkin kan nganterin Jieun sekolah jauh-jauh. Alhasil TK sampe SD kita kepisah. Gue juga jadi jarang banget ketemu Jieun. Paling telpon-telponan doang. Atau ketemu pas lagi libur panjang." cerita Hiseok panjang lebar.

"Bentar gue minum dulu. Capek juga ternyata" Hoseok menenggak air mineralnya, kemudian melanjutkan ceritanya tanpa disuruh.

"Lama ngga ketemu, sikap Jieun bener-bener berubah menurut gue. Dia yang tadinya anaknya manis, cute, dan happy-go-lucky itu mendadak berubah jadi pendiem. Diem banget. Feminimnya pergi. Yang ada malah sengak jutek gitu.

Sumpah, selama SMP itu Jieun bener-bener beda banget. Gue ngerasa kehilangan Jieun gue yang dulu. Mungkin karena dia cuman tinggal bareng nyokap sama neneknya dan ngga punya temen main yang akrab kaya gue, dia jadi nutup diri. Temen disekolah juga cuman ada beberapa doang. Soalnya dia ngga approachable banget dengan mukanya yang jutek itu. Selama masa itu gue berusaha banget ngembaliin Jieun ke dia yang dulu, yang punya semangat, ceria dan terbuka. Gue berusaha jadi happy virusnya dia.

Later gue tau kalo dia sama nyokapnya itu ngga kaya gue sama nyokap gue. Kalo kita kan sama keluarga akrab ya, sering cerita, skinship biasa. Tapi kalo dia? Boro. Dia jadi awkward gitu sama nyokapnya sendiri. Dan lo tau? Dia ternyata ngga pernah curhat sama nyokapnya. Kata Jieun, tante lebih mentingin kerjanya ketimbang anaknya sendiri. Sedih gue waktu dia ngomong gitu. Tapi gue ngerti sih, ini juga berat buat tante. Mungkin tante perlu pengalihan juga dari masalahnya, makanya tante lebih milih nyibukin diri.

bomat!Where stories live. Discover now