Previous Page of 2Next Page

TEBAK NO HP DENGAN MATEMATIKA

spinner.gif

Matematika,menurut pandangan saya sebagai awam, sepertinya mata pelajaran yang satu ini kurang begitu diminati oleh banyak orang,kalangan pelajar khususnya. Dengan alasan rumit,sulit ataupun pelik, banyak pelajar yang menjadi enggan untuk mempelajarinya lebih dalam.

Namun sebenarnya,dibalik sedemikian pelik dan rumitnya dalam menguak rahasia pada angka-angka dalam ilmu matematika, ternyata ada juga hal-hal yang dapat membuat kita jadi tertarik.

Pada suatu kesempatan waktu sedang mondar-mandir di toko buku,saya melihat sebuah buku dengan judul SULAP MATEMATIKA. Karena saya tertarik,maka saya sempatkan untuk membaca buku tersebut dengan harapan mudah-mudahan isinya bukan rumus-rumus yang njrimet.

Dari banyaknya trik dan tips pada buku tersebut, ada satu yang saya dapatkan adalah TEBAK ULANG TAHUN.Yaitu,dimana kita akan dapat menebak hari ultah seseorang hanya dengan memberikan beberapa instruksi untuk dilakukan dan satu buah pertanyaan untuk dijawab oleh target (orang yang akan kita tebak hari ultahnya).

Sebelum terlalu banyak blablabla..., langsung saja kita ke TKP.

Sebagai contoh,kita akan menebak hari ultah yang jatuh pada 19 Juni =>1906.

Berikut ini adalah langkah-langkanya:

Berikan sebuah kalkulator kepada si target,atau bisa juga menggunakan kalkulator ponsel.

Instruksikan kepada si target.

<Tanggal lahir> dikali 5(lima).

19 x 5,hasilnya adalah 95

Hasil <a> ditambah 7(tujuh).

95 + 7,hasilnya adalah 102

Hasil dikali 4(empat)

102 x 4,hasilnya 408

Hasil <c> ditambah 13(tiga belas).

408 + 13,hasilnya adalah 421

Hasil <d> dikali 5(lima).

421 x 5,hasilnya adalah 2105

Hasil <e> ditambah <bulan lahir> Juni => 06.

2105 + 6,hasilnya adalah 2111

Tanyakan hasilnya kepada si target.

2111

.

Tebaklah hari ultahnya. Caranya ialah, hitung hasil dari jumlah total tersebut dikurangi 205 (2111 - 205). Maka hasilnya adalah,wooouw... 1906.

Perincianya pada bilangan1906 tersebut adalah,dua angka pertama yaitu 19(sembilanbelas) dinyatakan sebagai tanggal,dan dua angka terakhir yaitu 06(enam) sebagai bulan (juni).

Lalu,bagaimana menentukan tanggal dan bulan,jika hasil yang didapatkan hanya terdiri dari 3 angka saja? Seperti misalnya,101. Maka,yang kita ambil adalah 2 angka terakhir (01) sebagai bulan. Yaitu bulan ke satu (Januari).

Namun demikian,kita juga dapat mengatur untuk menentukan tanggal-bulan atau bulan-tanggal. Yaitu dengan cara menukar posisi step 2a dengan 2f. Jika pada 2a kita gunakan untuk tanggal,maka hasilnya adalah tanggal-bulan, dan sebaliknya jika 2akita gunakan untuk bulan,maka hasilnya bulan-tanggal.

Kesimpulanya,jika dirumuskan mungkin adalah begini:

(X x 5 + 7 x 4 + 13 x 5) -205

X=Tanggal/Bulan

Y=Bulan/Tanggal

205= Angka kunci yang harus kita pegang.

Berapapun hasilnya selama instruksi dijalankan dengan benar, jika kemudian kita kurangi dengan 205,maka tebakan kita dijamin tidak akan meleset.

Previous Page of 2Next Page

Comments & Reviews

Login or Facebook Sign in with Twitter
library_icon_grey.png Add share_icon_grey.png Share

Who's Reading

Recommended