Jurusan HMTK The WWG

Od theWWG

24.9K 2.3K 399

HMTK The WWG adalah jurusan dari grup menulis The WWG. Jurusan ini didirikan bagi para pencinta genre horor... Více

Introduction
HMTK Ranger
Jenis-jenis Cerita Misteri
Macam-macam Plot Twist
Kelas Umum: Teknik Menulis Misteri
Tips Menyusun Premis Cerita Misteri
Kelas Umum: Teknik Menulis Cerita Horor
INFO KELAS UMUM!
WANTED!!!
GIVEAWAY TIME
[Cerpen] Something, I Don't Know oleh Fairyhope
[Cerpen] Gift oleh Oktaehyun
[Cerpen] The Boy Next Door oleh R. Wahyu
[Cerpen] White Li(lie)s oleh HygeaGalenica
[Cerpen] Melisa oleh Nyayu Silvia
[Cerpen] Istri Akang Daniel oleh Andi Ardianti
Event Online Mentoring & Lomba Review Novel
REVIEW FILM: SCARY STORIES TO TELL IN THE DARK
Misteri Pemenggalan Kepala, Fakta atau Mitos?
Review Novel: Death Note, Another Note: The Los Angeles BB Murder Cases
Ted Bundy, Si Pembunuh Kharismatik
Review Film Siccin
Mitos Pantai Selatan
Review Inhuman Kiss (17+)
Sleep Paralysis, Mitos atau fakta?
Review Anime Another
Mitos Parakang
Tanya jawab Festival HMT
Q and A Festival HMT [2]
Kelas Event HMT: Sistem On Going di Dreame dan Q&A
Q and A Festival HMT [3]
Materi: Menggali ide dengan metode ATM & sekilas riset tentang forensik
Materi: Sekilas tentang ilmu forensik
Tanya Jawab Seputar Wattys
Milwaukee Cannibal/Milwaukee Monster
The Clearing
Mitos dan Fakta Daun Kelor

Kelas Umum: Genre Misteri dan Thriller

1K 114 3
Od theWWG

Kelas Umum HMT The WWG
Jumat, 12 April 2019

Pemateri: andhyrama
Pembahasan : Genre Misteri dan Thriller

° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° °

A. Perkenalan Pemateri

Selamat malam untuk saya sendiri!
Saya Andhyrama, biasa dipanggil Sayang.
Umur pernah 14, sekarang sedang duduk. Terima kasih.

B. Materi

1. Apa itu Misteri dan Apa itu Thriller?

Misteri adalah sebuah genre yang mana pembaca sudah diberikan sebuah kasus seperti pembunuhan, penculikan, dan lainnya. Sepanjang cerita, kalian akan dibawa untuk menemukan jawaban dari kasus itu, siapa pembunuhnya atau siapa penculiknya, kenapa kejadian itu bisa terjadi?

Sedangkan Thriller adalah suatu genre yang mana pembaca akan digiring untuk menuju ke sebuah "bencana" besar.

Perbedaan mendasar dari dua genre ini adalah tentang peletakan kasus. Namun, sekarang kedua genre itu hampir disamakan karena sebuah cerita Misteri pasti memiliki Thriller begitu juga sebaliknya.

Bencana besar yang dimaksud juga bisa berarti pembunuhan, atau bisa juga pengeboman. Intinya kalau cerita Thriller kita akan dibuat tegang karena kita tahu akan ada bencana yang mengintai para tokoh-tokohnya.

Peletakan Thriller pada Misteri biasanya saat terjadi pembunuhan pertama, orang-orang mulai was-was siapa tahu ada pembunuhan kedua.

Peletakan Misteri dalam Thriller misalnya kasusnya udah terjadi di tengah-tengah, para tokoh tinggal mencari pelakunya atau mencari kenapa bencana itu bisa terjadi. Jadi itu kenapa dua genre itu sulit dipisahkan.

Kita lanjut ke pemaparan kedua yaitu hal-hal paling esensial di cerita Misteri dan Thriller.

2. Hal-hal Paling Esensial di Cerita Misteri dan Thriller

Ada lima hal yang harus diperhatikan ketika kita menulis cerita bergenre Misteri ataupun Thriller

*Characters
Karakter dalam cerita misteri haruslah unik, karena pembaca harus bisa membedakan setiap karakter entah itu based on personality-nya, kebiasaanya, atau look-nya. Ini sangat penting, karena sebuah cerita misteri akan menebarkan clue, dan clue itu pasti akan merujuk pada karakter kita.

*Setting
Ya, tempat dan waktu adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari penulisan cerita misteri. Karena jika hal-hal semacam ini tidak penulis ketahui secara detail, akan memunculkan kemungkinan adanya plot hole.

*Plot
Plot yang sistematis sangat diperlukan, kita tidak bisa menulis cerita misteri dengan plot yang asal-asalan. Karena saat kita melempar clue, kita harus sadar plot kita. Apakah clue ini sudah pantas diturunkan sekarang, atau di bagian berikutnya?

*Problem
Cerita Misteri dan Thriller itu biasanya rumit? Why? Karena jawabannya singkat. Misal pembaca hanya disuruh menebak siapa pembunuhnya, dan itu cuma satu. It's simple. Mereka asal tebak aja kemungkinan benar. But, when we reveal new problem to distract them, mereka akan mulai berpikir kembali atas tebakan mereka.

*Solution
Ya, ini adalah hal penting terakhir yang perlu diperhatikan. Solusi dari segala masalah yang sudah kita buat harus sudah disediakan.

3. Elemen yang Dibutuhkan untuk Penulisan Cerita Misteri dan Thriller Agar Bisa Disebut Sebagai Cerita yang Berhasil

*Strong Hook
Kalian tahu kait pancing? Kait pancing yang kuat akan menarik ikan lebih besar, lebih banyak, dan lebih baik tentu saja. Saat kalian tulis cerita misteri, kalian harus tunjukkan hal menarik dari awal. Bahkan dari baris pertama harus sudah dapat menarik pembaca. Why? Karena pembaca hanya butuh 8 detik agar bisa menilai cerita kita menarik atau tidak.

*Active Reader Involvement in Piecing Together Information
Pancing reader agar aktif untuk mengumpulkan informasi. Jangan memberikan informasi yang terlalu tell, sembunyikan clues kalian di tempat yang sulit digapai agar pembaca bisa menemukannya sendiri. Jika pembaca aktif mencari-cari informasi di cerita kita, itu artinya dia sudah menikmati "misteri" yang kita suguhkan.

*Red Herring
It's the one of most important things. Red Herring bisa dibilang adalah pengacau atau hal yang bisa mengganggu pembaca mengumpulkan clue. Dalam artian dia adalah hal-hal yang menyesatkan. Misal karena pembunuhnya adalah B, kita buat Red Herring agar seolah-olah pembunuhnya adalah A.

*Suspenseful Dialogue
Dialog yang menegangkan. Ya, dalam penulisan dialog harus membuat pembaca semakin tegang atau semakin penasaran. Misal nih, kita buat dialog pendapat para karakter yang saling curiga atau saling menuduh. Atau ketakutan-ketakutan mereka. Dialog-dialog macam itu akan membuat pembaca semakin hanyut dalam misteri yang kita suguhkan.

*Effective, Descriptive Mood, and Language
Dalam penggunaan kalimat, kita harus membiasakan pemakaian yang efektif. Deskripsi suasana juga sangat penting.

*Well-structured Chapters
Cerita misteri haruslah punya bagian yang terstruktur, setiap bagian harus punya sesuatu yang membuat pembaca semakin dan semakin penasaran. Trick-nya bisa dengan memberikan cliffhanger pada akhir setiap bab.

*A Satisfying Conclusion
Sudah pasti konklusi yang memuaskan adalah hal yang wajib agar cerita misteri kita dinyatakan berhasil. Pembaca menuntut cerita misteri sulit ditebak, bisa menjelaskan semua kejadian, dan memberikan efek kejut. Twist? Apakah sebuah keharusan? Ya kalau kalian ada ide twist, but kalau kalian punya cara lain misal konklusi yang emosional atau bittersweet bisa dimasukan asal segala hal bisa terjawab.

C. Sesi Tanya jawab

1.
Tanya: Kak, bagaimana caranya membuat cerita misteri yang kita tulis itu nggak mudah ditebak?

Jawab: Red Herring harus bisa dimakan pembaca. Nggak perlu banyak, asal efektif. 1 pun nggak masalah. Intiny Red Herring harus dimakan pembaca. Mereka harus mempercayai Red Herring daripada yang clue aslinya.

2.
Tanya: Tadi dijelaskan bahwa cerita misteri, 'kasus' sudah muncul di awal sedangkan thriller di akhir. Jadi gimana kalau saya buat cerita misteri tentang pembunuhan tapi alurnya maju mundur? Di mana pembunuhannya terjadi di akhir? Apakah termasuk misteri atau thriller?

Jawab: Both. Karena seperti yang saya bilang kalau dua genre ini sudah nggak bisa dijelasin.

3.
Tanya: Untuk bagian Solution, apakah penyelesaiannya harus dijabarkan dengan jelas atau boleh membuat pembaca membuat spekulasi sendiri? Jadi cerita berakhir dan masih meninggalkan rasa penasaran bagi pembaca

Jawab: Kamu harus pikirkan apakah riskan atau tidak saat sebuah pertanyaan belum terjawab? Lebih tepatnya kita bisa berikan solution yang implisit biar pembaca mengartikan sendiri karena dalam sebuah cerita misteri semua problem harus ada solution-nya.

Tanya: Ah iya, maksudku seperti itu kak. Cuma ada clue bagaimana pelaku menjalankan aksinya, misalnya. Tidak dijelaskan detail bagaimana cara pelaku melalukannya. Pembaca yang memperkiran  sendiri. Bolehkah?

Jawab: No problem sih. Intinya semua masalah udah ada jawabannya itu aja sih. Terserah kita mau bagaimana menyampaikannya. Tapi pikirkan kembali "sensasi kepuasaan" yang diinginkan pembaca.

4.
Tanya: Ketakutan-ketakutan itu bisa diperlihatkan seperti apa? Dan, tentang dialog yang menegangkan, apakah harus menggunakan dialog panjang?

Jawab:
Contoh :
"Pembunuhnya masih di rumah ini."
"Kau yakin?"
"Iya, masih di antara kita."
"Pak Tua itu, kan? Aku selalu melihat dia seperti seorang berdarah dingin."
"Kita tidak tahu, semua orang masih tidak bisa membuktikan alibinya!"

Nggak harus panjang, simple kayak gitu juga nggak apa-apa.

Tanya: Ada warning ketika menulis MT? Mungkin dilarang mencampurnya dengan aroma romance atau apa gitu, Bang?

Jawab: Nope sih asal sadar porsi.

D. Penutup

Sepertinya sudah cukup ya. Kalian yang masih pengin tanya bisa tanyakan mengenai ini lewat DM IG, atau inbox Wattpad juga bisa.

Terima kasih ya atas kesempatannya buat berbagi pemahaman. Semoga apa yang ku-share bisa berguna buat kalian.

Ayo tulis cerita Misteri dan Thriller kalian!

Pokračovat ve čtení

Mohlo by se ti líbit

MAS BULE ~ BL Od July

Nezařaditelné

1.2M 97.7K 103
"You do not speak English?" (Kamu tidak bisa bahasa Inggris?) Tanya pria bule itu. "Ini dia bilang apa lagi??" Batin Ruby. "I...i...i...love you" uca...
94.1K 3.3K 32
menceritakan tentang perjodohan antara laki laki cantik dan seorang CEO tampan namun kasar, tegas, dan pemarah #bxb #homo jika salah lapak langsung...
nana harem Od ajel

Nezařaditelné

330K 5.1K 13
suka suka saya.
Davendra Od anggunnn

Nezařaditelné

2M 101K 43
•Obsession Series• Dave tidak bisa lepas dari Kana-nya Dave tidak bisa tanpa Kanara Dave bisa gila tanpa Kanara Dave tidak suka jika Kana-nya pergi ...