Banyak orang kurang memahami tentang gejala penyakit pada ternak ayam kampung. Pada dasarnya penyakit pada ayam kampung sama saja dengan penyakit pada ayam ras pedaging atau broiler. 

Cara penanganan penyakit pada ayam kampung terbaik adalah dengan proteksi sistem perkandangan. setiap apapun yang masuk dan keluar dari kandang harus segera di sterilkan dengan cairan disinfektan. penerapan kandang 1 pintu dan lain sebagainya.

Ketiak ada ternak yang sakit maka segera pisahkan dari ternak ayam kampung yang sehat. hal ini dilakukan untuk menghindari penularan dari satu ternak ke ternak lain dalam satu kandang.

Pengobatan penyakit pada ayam kampung harus sesuai dengan jenis penyakitnya. Banyak diantara penyakit ayam kampung yang belum ada obatnya. Untuk itu peternak harus memahami gejala dan ciri dari setiap penyakit yang ada. Hal ini dapat mengurangi resiko kerugian besar pada budidaya ayam kampung.

sumber: https://kesehatan-ternak.blogspot.com
  • Penyakit pada ternak ayam kampung
  • JoinedMay 10, 2016



Story by Dokter Ternak
Memahami masalah perkandangan pada sapi potong by 555-order-actoplus
Memahami masalah perkandangan pada sapi potong Science Fiction
Sapi potong memiliki karakteristik yang berbeda dengan sapi perah. Sapi potong cenderung lebih agresif dibandingakan dengan sapi pedaging. Oleh karena itu perlu dipahami struktur kandang yang tepat untuk sapi poton...