EYD yang bikin pusing

EYD yang bikin pusing

23.2K Reads 2.2K Votes 5 Part Story
christina tirta By ChristinaTirta Updated Apr 22

Sejak aktif di wattpad kurang lebih sebulan lalu, aku menerima inbox dari beberapa teman yang menanyakan caranya menembus penerbit major.
Hm, sejujurnya, sampai saat ini pun setiap naskahku masih harus berjuang menembus proses seleksi penerbit kok. :):) 
Pengolahan dan pendalaman cerita, alur, plot, karakter, semua itu proses yang harus dialami penulis. Bisa menjadi lebih matang dengan banyak membaca karya berkualitas, banyak menulis (jangan banyak menunda :)), dan mau belajar.
Ditolak sekali? Coba 10 kali :) :). Jangan gampang ngambek (pundungan kata orang Sunda mah:)). Naskah itu kadang punya peruntungannya sendiri-sendiri. Sesuaikan genre dan tipe ceritanya dengan karakteristik penerbit yang ingin kamu taklukkan. Ada baiknya baca buku terbitan mereka sebelum mencoba. 
Tips lain yang nggak kalah penting adalah masalah teknis. Tata bahasa dan EYD. 
Sebenarnya, duluuuu teknis dan EYD-ku sangat memalukan. #tutupmuka
Aku banyak belajar dari penulis lain (salah satu yang banyak berjasa adalah @lexie xu) dan editor di Gramedia Pustaka Utama.
Karena itu, aku juga ingin berbagi dengan rekan penulis lainnya.
Ingin profesional menulis? Jangan anggap remeh EYD ya. Hargai bahasa Indonesia :):) 
Tips EYD ini bukan maksud menggurui. Hanya saling berbagi ilmu. Apabila ada yang salah atau ada tambahan, silakan dikoreksi atau ditambahkan.
Oya, tips teknis menulis bisa juga dibaca di akun @shireishou
Yuk, kita sama-sama belajar dan membudayakan penggunaan kosa kata sesuai EYD.

Andhea Andhea Apr 26
Kak, kok bisa dari populer jadi popularitas? Reguler jadi regularitas?
novilianakt novilianakt Jun 12
dari SD sampai sekarang 'ibu_kota' selalu digabung kak. emang bener kalau dipisah? kalau memang dipisah kenapa guru bhs.Indonesia saya tdk menegur ya?
Etje_83 Etje_83 Oct 28
Mbak!! Numpang tanya: dari kata-kata di bawah ini mana yang sesuai EYD; jikalau atau kalau?? Karna atau karena??? M
                              Tolong dijelasin. Terima-kasih
thisubox thisubox Sep 09
Waaa ini berguna banget buat aku yg salah kaprah kak chirs :') terima kasih :) kadang aku suka males buka kbbi (padahal udah ada app nya)
Tyaswuri Tyaswuri Nov 16
Aku berarti sering salah, ternyata dipisah hihi 😂😂
                              Terima kasih mbak ilmunya 😊
kafuu-chino kafuu-chino Mar 21
Setelah aku cek di KBBI hape, dua-duanya ada arti masing-masing. '-'